Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Program Pre-University Kanada (CIMP) di Malaysia

873
Program-program pre- university bertujuan untuk mempersiapkan Anda ke program gelar bachelor (sarjana). Sebelumnya Hotcourses telah menuliskan artikel mengenai A-levels dan dua program pre-u Australia, yaitu South Australian Matriculation (SAM) dan Western Australian Matriculation (AUSMAT). Sekarang Horcourses akan menjelaskan tentang program pre-u Kanada, yaitu Canadian International Matriculation Programme (CIMP).
 
Canadian International Matriculation Programme (CIMP) telah ada sejak tahun 1990. CIMP atau dikenal juga dengan sebutan Canadian Pre-University Programme (CPU) merupakan program tahun terakhir untuk sekolah menengah di Ontario, Kanada. Kurikulumnya disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Propinsi Ontario, Kanada.
 
CIMP terdiri dari 6 bidang pelajaran, yaitu: Bisnis, Studi Komputer, Matematika, Sains, Ilmu Sosial dan Bahasa Inggris. Masing-masing bidang memiliki beberapa pilihan mata pelajaran. Misalnya untuk bidang pelajaran Matematika, terdapat pilihan mata pelajaran kalkulus, aljabar, finite math dan lain-lain.
 
Struktur penilaian adalah sebagai berikut: 70% dari penilaian sekolah (kuis, tugas, proyek, dan ulangan) dan 30% dari nilai ujian akhir.
 
Program CIMP berlangsung selama 10 bulan, dengan gelombang masuk di Bulan Januari, Maret dan Juli. Ujian akhir akan diadakan di Bulan Mei dan November. Setelah menamatkan program ini, pelajar akan menerima sertifikat yang dikeluarkan oleh Ontario Secondary School Diploma (OSSD).
 
Program CIMP berfokus pada beberapa faktor di bawah ini:
  • Mengembangkan keahlian komunikasi efektif pada pelajar, dengan menggunakan Bahasa Inggris.
  • Membiasakan pelajar untuk mandiri dalam proses pembelajaran. Selain mengikuti kelas yang disampaikan oleh guru, pelajar juga dituntut untuk belajar di ruang kelas, dengan membaca materi tambahan dari berbagai sumber untuk menyelesaikan tugas.
  • Mempersiapkan pelajar untuk mengikuti metode pembelajaran di universitas.
  • Mengembangkan kepemimpinan dan talenta yang dimiliki pelajar.
  • Mengajar pelajar untuk berpartisipasi dalam kegiatan komunitas.
 
Di Malaysia, program CIMP hanya tersedia di Sunway University. Persyaratan untuk mendaftar ke program CIMP sama dengan program pre-university lainnya, yaitu ‘O’ Levels atau setara (jika di Indonesia setara dengan SMP 1 hingga SMU 1), dengan nilai minimal C untuk setiap mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris dan Matematika/Sains. 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.