Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Program pre-university lainnya di Malaysia

1582
Program-program pre- university bertujuan untuk mempersiapkan Anda ke program gelar bachelor (sarjana). Sebelumnya Hotcourses telah menuliskan artikel mengenai A-levels, South Australian Matriculation (SAM), Western Australian Matriculation (AUSMAT) dan Canadian International Matriculation Programme (CIMP). Sekarang Hotcourses akan menjelaskan tentang program pre-u lainnya yaitu International Baccalaureate Diploma Programme dan program pre-u internal universitas.
 
International Baccalaureate Diploma Programme
 
International Baccalaureate (IB) Diploma Programme telah ada sejak tahun 1968. Program IB dikelola oleh International  Baccalaureate Organisation (IBO) yang berkantor pusat di Geneva, Swiss. Penilaian dan penyusunan kurikulum program IB dilakukan oleh IBCA Inggris.
 
Program IB berlangsung selama 2 tahun dan terbagi menjadi 4 semester. Program ini ditujukan bagi pelajar yang berumur 16 hingga 19 tahun. Kualifikasi program ini diakui secara internasional dan diterima oleh banyak universitas ternama di Inggris, Australia, Irlandia, Selandia Baru, dan masih banyak lagi.
 
Program ini mengharuskan pelajar untuk mengambil bidang pelajaran sosial dan sains. Pelajar diwajibkan untuk memilih 6 mata pelajaran. Para pelajar bisa memilih dari pelajaran Inggris, Matematika, Sains, ilmu sosial seperti Sejarah atau Geografi dan bidang pelajaran kreatif seperti Drama atau Seni.
 
Program IB cukup digemari karena kurikulumnya yang luas dan seimbang antara ilmu pengetahuan dan kreatifitas.
 
Program pre-u internal universitas
 
Beberapa universitas, terutama uang menawarkan program gelar gabungan, juga menyusun program pre-u (fondasi) untuk para calon mahasiswa mereka. Program fondasi yang mereka susun disesuaikan dengan kurikulum dan keperluan program gelar sarjana mereka. Program pre-u mereka diakui oleh LAN, agen pengesahan kualitas pendidikan di Malaysia. Kualifikasi program pre-u internal universitas juga diakui oleh universitas-universitas partner mereka.
 
Program pre-u internal ini biasanya berdurasi selama satu tahun. Gelombang masuk biasanya diadakan setahun tiga kali. Persyaratan masuknya sama dengan program pre-u lainnya, yaitu ‘O’ Levels atau setara (jika di Indonesia setara dengan SMP 1 hingga SMU 1), dengan nilai minimal C untuk setiap mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris dan Matematika/Sains.
 
Berikut ini adalah beberapa contoh program pre-u internal di Malaysia:
·         Program Pre-University untuk Biosains/Teknik/Hukum oleh Taylors University
·         Fondasi Studi Bisnis dan Fondasi Sains oleh KDU University College
·         Sertifikat Fondasi untuk Teknik, Sains dan Teknologi oleh KBU International College
·         Fondasi Monash oleh Monash University
·         Fondasi Studi Bisnis Australia (La Trobe University) oleh Nilai International College

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.