Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Prosedur umum mendaftar kuliah ke Malaysia

1711

 

Pendidikan tinggi di Malaysia diselenggarakan oleh universitas negeri, universitas swasta, kampus cabang universitas luar negeri, dan college swasta. Berikut ini kami akan menjelaskan proseur umum untuk mendaftar kuliah di Malaysia...

 

Mahasiswa internasional bisa mendaftarkan diri secara langsung ke institusi pendidikan tinggi pilihan mereka atau melalui representasi institusi tersebut di Indonesia. Tetapi pastikanlah institusi tersebut telah mendapatkan ijin dari pihak yang berkuasa untuk menerima mahasiswa internasional.

Sebelum mendaftar, pastikanlah Anda telah memenuhi persyaratan akademis dan persyaratan berbahasa Inggris yang diajukan oleh institusi tersebut.

Biaya pendaftaran biasanya berkisar antara USD 160 hingga USD 250, tergantung institusi. Untuk mendaftar diperlukan dokumen-dokumen seperti:

  • Fotokopi transkrip nilai dan sertifikat (jika ada) yang telah dilegalisir, beserta yang telah diterjemahkan.
  • Rincian akomodasi (jika diminta)
  • Fotokopi paspor yang masih berlaku (1 buku)
  • Fotokopi kartu identitas
  • Pasfoto berwarna terbaru (4 x 6) sebanyak 6 lembar
  • Laporan kesehatan

 

Formulir pendaftaran bisa diunduh di situs institusi, atau diperoleh dari representatif institusi. Kemudian dilengkapi bersama dokumen-dokumen di atas dan dikirimkan secara langsung ke institusi, ataupun diserahkan ke representatif institusi. Jika pendaftaran diurus oleh representatif universitas, terkadang akan dikenakan biaya jasa. Pendaftaran harus diselesaikan dua bulan sebelum kuliah dimulai.

Begitu menerima aplikasi pendaftaran Anda, biasanya dibutuhkan lima hingga tujuh hari kerja untuk memproses aplikasi tersebut. Jika pendaftaran Anda diterima, maka institusi akan mengeluarkan surat berjudul ‘Offer of Place’ (surat penerimaan). Surat ini akan dikirimkan kepada Anda beserta informasi mendetil mengenai tanggal mulai kuliah, tagihan biaya kuliah, biaya lain-lain dan biaya akomodasi. Untuk akomodasi, Anda tidak wajib harus tinggal di asrama kampus. Anda bisa memilih untuk tinggal di tempat lain.

Begitu menerima surat ‘Offer of Place’, Anda perlu mengatur pelunasan biaya-biaya yang perlu dilunasi. Begitu pembayaran Anda telah diterima, pihak institusi akan mengirimkan Anda bukti pembayaran, dan berarti proses pendaftaran Anda telah berhasil.

Tahap selanjutnya adalah memohon visa pelajar, atau dikenal dengan sebutan Student Pass di Malaysia. Untuk hal ini, pihak institusi akan membantu Anda untuk mengajukan permohonan ke Departemen Imigrasi Malaysia. Proses ini memerlukan tujuh hingga empat belas hari kerja. Begitu disetujui, Anda akan diberikan surat notifikasi mengenai status Anda dan Anda tidak perlu mengajukan visa untuk memasuki Malaysia. Setelah menerima surat ini berarti pendaftaran Anda telah selesai dan Anda bisa bersiap-siap untuk berangkat kuliah ke Malaysia.

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.