Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

Program Pre-University Australia (SAM & AUSMAT) di Malaysia

1145
Program-program pre- university bertujuan untuk mempersiapkan Anda ke program gelar bachelor (sarjana). Sebelumnya Hotcourses telah menuliskan artikel mengenai A-levels, sekarang Hotcourses akan menjelaskan dua program pre-u Australia, yaitu South Australian Matriculation (SAM) dan Western Australian Matriculation (AUSMAT). Selain diterima di universitas-universitas Australia, kualifikasi ini juga diterima di universitas-universitas di Inggris, Amerika, Selandia Baru dan negara lainnya. Sebelum mengambil program pre-u tersebut, pastikanlah terlebih dahulu dengan universitas yang Anda minati  mengenai program pre-u mana yang mereka terima.
 
South Australian Matriculation (SAM)
 
SAM merupakan program pre-u Australia yang dikenal secara internasional. Program pre-u ini disusun dan dikelola oleh Senior Secondary Assessment Board of South Australia (SSABSA), sebuah badan otoritas dari pemerintah Australia Selatan yang bertanggung jawab untuk menilai kurikulum pendidikan menengah atas di Australia Selatan. SAM juga ditawarkan bagi pelajar di luar Australia sejak tahun 1984 dan diterima secara luas di universitas-universitas Australia, Inggris, Amerika, Selandia Baru dan Asia sebagai persyaratan masuk untuk program sarjana.
 
SAM biasanya berdurasi selama satu tahun. Tergantung institusi, biasanya gelombang masuk akan diadakan di Bulan Januari dan Maret. Kurikulumnya terdiri dari 5 hingga 6 mata pelajaran dengan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib.
 
Penilaian dalam SAM terdiri dari dua bagian. 70% penilaian ditentukan oleh nilai tugas dan ulangan, dan 30% lainnya ditentukan oleh ujian akhir. Ujian akan diberikan langsung oleh South Australian Certificate of Education (SACE). Jika tidak lulus di ujian, pelajar akan diberikan kesempatan untuk mengulang kembali tanpa penalti.
 
Begitu menyelesaikan SAM, pelajar akan menerima South Australian Certificate of Education (SACE). Syarat untuk mengikuti program SAM adalah ‘O’ Levels atau setara (jika di Indonesia setara dengan SMP 1 hingga SMU 1), dengan nilai minimal C untuk setiap mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris dan Matematika/Sains.
 
Di Malaysia, institusi yang terkenal akan program SAM adalah Taylors University, Sunway University, dan INTI College.
 
 
Western Australian Matriculation (AUSMAT)
 
AUSMAT merupakan program yang ditawarkan oleh pemerintah Australia Barat sebagai program fondasi untuk memasuki perkuliahan tingkat sarjana. AUSMAT selain diakui di universitas-universitas di Australia juga diakui di Inggris, Selandia Baru, Amerika, Kanada dan Malaysia.
 
AUSMAT dikelola oleh badan kurikulum Australia Barat. Begitu menamatkan program AUSMAT, pelajar akan menerima sertifikat kelulusan danri Western Australian Certificate of Education (WACE).
 
Jumlah mata pelajaran yang wajib di dalam AUSMAT terdiri dari 5 mata pelajaran termasuk Bahasa Inggris. Penilaian dibagi menjadi dua bagian: 50% dari penilaian sekolah (tugas, ulangan, kuis) dan 50% dari ujian akhir.
 
Gelombang masuk biasanya diadakan setiap Bulan Januari, dengan durasi belajar antara 8 hingga 10 bulan. Ujian akhir biasanya dilakukan di Bulan November. Syarat untuk mengikuti program SAM adalah ‘O’ Levels atau setara (jika di Indonesia setara dengan SMP 1 hingga SMU 1), dengan nilai minimal C untuk setiap mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris dan Matematika/Sains.
 
Di Malaysia, institusi yang terkenal akan program SAM adalah KDU University College, KDU College Penang, Sunway University dan KBU International College.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.