Informasi penting
Malaysia: Pendaftaran Universitas

TWINNING PROGRAMME DI MALAYSIA

1458

Twinning Programme di Malaysia adalah alternatif dengan harga terjangkau bagi Anda yang ingin kuliah ke luar negeri

 

Apa itu Twinning Programme?

 

Twinning programme memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan sebagian kuliah di Malaysia, kemudian transfer ke institusi di negara lain untuk menyelesaikan perkuliahan gelar yang dipilih. Banyak institusi pendidikan tinggi di Malaysia telah bekerjasama dengan institusi-intitusi ternama di dunia untuk membentuk Twinning programme.

 

Selain itu beberapa institusi luar Malaysia juga telah membangun kampus di Malaysia, contohnya University of Nottingham. Kredit nilai yang diakumulasi mahasiswa, materi pelajaran dan keahlian yang dipelajari dapat ditransfer, sehingga mereka dapat melanjutkan dan menyelesaikan kuliah di luar negeri.

 

Twinning programme juga dikenal sebagai “2+1 programme”, yang berarti mahasiswa menjalani 2 tahun kuliah di Malaysia dan 1 tahun terakhir di luar negeri, di institusi partner universitas. Selain itu juga terdapat “2+2 programme”, yang 2 tahun pertama kuliah di Malaysia dan 2 tahun terakhir kuliah di Amerika (seringkali disebut sebagai “American Degree Programme").

 

 

Mengapa memilih Twinning Programme?

 

Yang paling menarik dari program ini adalah fleksibilitas yang ditawarkan. Malaysia telah menjadi destinasi kuliah populer berkat reputasinya yang bagus untuk pengajaran dan penelitian. Akan tetapi mereka juga ingin memberikan mahasiswa internasional kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dari destinasi kuliah premier di dunia, yaitu Amerika dan Inggris. Selain itu, dapat kuliah di lebih dari satu negara dapat membuka wawasan dan memperkaya pengalaman kuliah mahasiswa. Alasan-alasan inilah yang menyebabkan mengapa Twinning Programme dibentuk dan juga sekaligus menjadikannya pilihan yang semakin populer di antara mahasiswa internasional.

 

Satu lagi yang unggul dari program ini adalah keterjangkauan biaya kuliah. Bayangkan daripada kuliah 4 tahun di Amerika, dibandingkan dengan 2 tahun di Malaysia dan 2 tahun di Amerika, tetapi pada akhirnya mendapatkan gelar yang sama, Anda akan menghemat banyak bukan? Selain biaya kuliah, biaya hidup di Malaysia jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan di Inggris atau di Amerika. Jadi dari segi finansial pun, Twinning Programme adalah pilihan yang sangat menarik. Kuliah di 2 negara, mendapatkan gelar di Inggris atau Amerika, biaya yang terjangkau, kenapa tidak?

 

 

Penyelenggara Twinning Programme

 

Sunway University bekerjasama dengan beberapa institusi Amerika seperti Western Michigan University dan universitas-universitas Australia seperti Monash dan Victoria. Sunway juga bekerjasama dengan pendidikan transnasional seperti Canadian International Matriculation Programme, jadi mahasiswa yang lulus dari program pre-university tersebut mendapatkan kualifikasi Ontario High School Diploma, sehingga kesempatan mereka untuk diterima di pendidikan tinggi di Kanada lebih besar.

 

Insitusi-institusi dari negara ini bekerjasama dengan Malaysia untuk menawarkan Twinning Programme:

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.