Informasi penting
Malaysia: Visa - Wajib dibaca

VISA PASCA-KULIAH DI MALAYSIA

1647
Ingin bekerja di Malaysia begitu selesai kuliah? Pelajari dahulu mengenai ijin tinggal dan ketentuan visa untuk tetap tinggal di Malaysia setelah kuliah, seperti Employment Pass, Temporary Employment Pass dan Visitor Pass (Professional). Durasi masing-masing berbeda, mulai dari 6 bulan hingga 5 tahun, tergantung syarat dan ketentuan.
 
SIAPA SAJA YANG DAPAT BEKERJA DI MALAYSIA?
 
Hal ini tergantung oleh posisi kerja, gaji dan kontrak, yang kemudian akan menentukan ijin tinggal mana yang dapat diajukan.
 
LANGKAH PERTAMA?
 
Pertama-tama, mahasiswa internasional perlu menemukan pekerjaan terlebih dahulu di perusahaan di Malaysia. Tidak gampang bagi mahasiswa internasional untuk mendapatkan pekerjaan di Malaysia, karena pemerintah Malaysia memprioritaskan warga negaranya sendiri dalam memberikan pekerjaan.
 
Anda perlu menunjukkan keunggulan Anda dan meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah orang yang tepat bagi mereka. Bacalah tips dari Hotcourses mengenai tips menulis CV dan kriteria-kriteria yang dilirik oleh perusahaan.
 
Begitu diterima perusahaan, mereka akan mengajukan ijin kerja Anda.
 
EMPLOYMENT PASS
 
Merupakan ijin kerja paling umum. Ijin ini diperuntukkan bagi mereka yang mendapat kontrak kerja selama 2 tahun atau lebih di perusahaan Malaysia.
 
Persyaratan selengkapnya dapat dibaca disini.
 
TEMPORARY EMPLOYMENT PASS
 
Ijin ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kontrak dibawah 2 tahun, dalam industri, manufaktur, pertanian, layanan dan konstruksi. Ijin ini maksimal berlaku selama 5 tahun dan hanya diberikan bagi mereka yang berumur 18-45 tahun.  
 
 
VISITOR PASS (PROFESSIONAL)
 
Ijin ini diperuntukkan bagi orang asing yang memiliki keahlian dan kualifikasi professional  dan sedang bekerja di perusahaan asing atau hanya akan bekerja di Malaysia selama kurang dari 12 bulan.
 
Biasanya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja sebagai:
Dosen
Peneliti
Penasihat teknis
Maintenance expert
Auditor eksternal
 
Biaya permohonan visitor pass adalah RM 90. Pelajari lebih lanjut mengenai visa ini di situs resmi pemerintah Malaysia.
 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.