Informasi penting
Malaysia: Visa - Wajib dibaca

Visa Pelajar Malaysia

14011

 

Proses untuk mendapatkan visa pelajar di Malaysia lebih mudah jika dibandingkan negara-negara lain yang lebih ketat. Salah satunya karena pihak universitas akan membantu Anda dalam proses tersebut. Setelah permohonan Anda disetujui, Anda akan mendapatkan visa on arrival di imigrasi airport tujuan Anda.
 
Anda telah diterima masuk di Institusi Malaysia....
Institusi pilihan Anda haruslah institusi yang telah mendapatkan ijin dari Ministry of Home Affairs untuk  menerima pelajar asing. Setelah Anda diterima, pihak universitas akan mengumpulkan Student Pass Application Form ke imigrasi untuk mendapatkan Student Pass untuk Anda, dimana Anda memerlukan Student Pass ini untuk masuk sebagai pelajar ke Malaysia. Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen di bawah ini dan mengumpulkannya kepada universitas Anda untuk kepentingan memohon Student Pass (pastikan Anda mengirimkan jumlah yang tepat untuk masing-masing dokumen):
  • Pas foto ukuran paspor
  • Fotokopi paspor / dokumen perjalanan
  • Surat dari Universitas pilihan Anda yang menyatakan Anda diterima masuk
  • Surat pernyataan kesanggupan secara finansial
  • Surat keterangan sehat
 
Apa yang dimaksud dengan  "Personal Bond"
Institusi pilihan Anda juga perlu mewakili Anda untuk menanda-tangani Personal Bond (semacam surat tanggungan). Biaya surat ini bervariasi tergantung negara asal Anda. Untuk pelajar dari Indonesia akan dikenakan biaya sebesar RM500. Biaya ini akan dikembalikan kepada Anda begitu perkuliahan Anda selesai. Surat tanggungan ini berfungsi sebagai jaminan Anda memenuhi semua persyaratan keimigrasian Anda.
 
Sebagai salah satu negara tujuan kuliah yang sedang naik daun, Sistem keimigrasian di Malaysia sangatlah cepat, dan biasanya pelajar akan diberikan pemberitahuan tentang status permohonan visa mereka dalam waktu dua minggu. Setelah itu Anda dan pihak Universitas masing-masing akan diberikan surat persetujuan permohonan dan Student Pass akan diberikan kepada Anda.
 
Sebelum Anda berangkat ke Malaysia
Harus diingat bahwa aplikasi permohonan Student Pass Anda haruslah disetujui sebelum Anda tiba di Malaysia. Pelajar harus membawa dokumen yang menyatakan bahwa permohonan Student Pass telah disetujui serta  membawa surat penerimaan masuk dari universitas. Pelajar juga perlu untuk memberitahu pihak universitas jadwal keberangkatan mereka, agar pihak universitas dapat menjemput mereka.
 
Setelah Anda tiba di Malaysia
Pelajar perlu menunjukan surat yang menyatakan bahwa permohonan Student Pass telah disetujui kepada imigrasi Malaysia, dimana surat ini akan menjadi referensi supaya departemen imigrasi akan menerbitkan dan menempelkan Student Pass ini ke paspor pelajar dalam waktu beberapa minggu kedepan. Pihak universitas akan mengurus proses ini untuk Anda.
Begitu selesai, paspor Anda akan dikembalikan kepada Anda. Student Pass harus diperbaharui setiap tahunnya dan dikenakan biaya perpanjangan sebesar RM50, sementara biaya untuk Student Pass bervarias mulai dari RM15 hingga RM90 tergantung dari negara asal pelajar.
 
Jika Anda menemui kendala (seperti paspor Anda hilang atau memerlukan perpanjangan visa)
Pertama-tama Anda harus menghubungi bagian layanan untuk pelajar asing di universitas Anda, dimana mereka akan membantu Anda. Jika Anda memerlukan perpanjangan Visa, Anda perlu memberitahu dua bulan sebelum visa Anda berakhir.
 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.