Informasi penting
Belanda: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Kuliah di Amsterdam

4444

Amsterdam merupakan ibukota Belanda dan berada di provinsi Belanda Utara (Noord Holland). Sudah umum diketahui bahwa kuliah di Amsterdam merupakan impian banyak siswa Indonesia. Seperti apakah kota Amsterdam itu? Yang pasti banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama kuliah di Amsterdam.

Ingat Belanda, ingat bunga tulip, kincir anging, keju dan sandal kayu. Di Belanda ada museum pembuatan sandal kayu atau yang biasa disebut klompen. Museum pembuatan klompen atau Klompenmakerij De Zaanse Schans terletak di pinggiran kota Amsterdam. Selain bisa melihat pembuatan klompen secara langsung, pengunjung museum juga dapat mengetahui tentang sejarah dan makna dari klompen ini. Setelah selesai, bisa melanjutkan dengan membeli benda khas Amsterdam lain yakni bunga-bunga tulip dan beragam rasa keju Wegewijs di Bloemenmarkt.

Jika ingin bersantai sambil piknik, mampir saja ke Vondelpark, ruang terbuka hijau terbesar di Amsterdam. Saat yang tepat berkunjung ke sini adalah di saat musim panas. Bisa bersepeda, jalan santai atau melakukan aktivitas olah raga lainnya. Tidak jauh dari taman ini ada Nederlands Filmmuseum yang menyajikan film-film non-komersial.

Buat yang senang berwisata kuliner, salah satu makanan unik khas Amsterdam adalah ikan Herring mentah. Selama bulan Mei dan Juli, warga Amsterdam biasa menyantap mentah-mentah ikan Herring yang baru saja ditangkap nelayan tanpa bumbu.

Salah satu tempat yang menjadi incaran para turis bisa jadi adalah Red Light District. Kawasan lokalisasi lengkap dengan museum dan toko alat bantu seks ini memang tidak pernah sepi pengunjung meski hanya sekedar cuci mata.

Bagi yang ingin berwisata serius, ada museum Anne Frank, Prinsengracht 263. Museum ini dulunya adalah tempat persembunyian Anne Frank beserta keluarga selama masa Nazi berkuasa.

Apakah Kamu Tahu?

Restoran yang menyajikan masakan Indonesia termasuk popular di Amsterdam. Ada banyak restoran khas Indonesia di kota ini, salah satunya yang ramai pengunjung bernama Tempo Doeloe yang harus memesan tempat bila ingin bersantap di restoran ini. Ada pula jenis restoran menu Indonesia lain di kota Amsterdam yang menyajikan perpaduan masakan Indonesia, Suriname dan Cina.

Dimana bisa kuliah di Amsterdam?

Beberapa universitas di Amsterdam:

Baca lebih banyak mengenai kuliah di Belanda di situs Hotcourses.

 

                                                                                                

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS