Informasi penting
Belanda: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

AKOMODASI MAHASISWA DI BELANDA

6609
Sejak Belanda semakin populer menjadi negara destinasi kuliah bagi mahasiswa internasional, jumlah akomodasi mahasiswa disana juga semakin meningkat. Menurut data, persentase ketersediaan akomodasi malah meningkat 71% dari tahun 2009.
 
Berikut ini akan kami jabarkan pilihan akomodasi mahasiswa yang tersedia di Belanda.
Catatan: €1 = £0.83 = US$1.39
 
Akomodasi Dalam Kampus
 
Berbeda dengan negara-negara Eropa lainnya, di Belanda pada umumnya mahasiswa tidak tinggal di dalam asrama kampus. Bahkan ada universitas Belanda yang sama sekali tidak memiliki asrama kampus. 
 
Kebanyakan universitas akan menawarkan bantuan kepada mahasiswa internasional yang mengikuti program kuliah Sarjana atau Pascasarjana untuk mencari akomodasi. Universitas biasanya bekerjasama dengan agen properti yang mencarikan akomodasi bagi mahasiswa internasional, dan jumlah kamar yang tersedia dibatasi.
 
Secara umum, biaya akomodasi di Belanda berkisar antara €300-€600 (US$416-US$ 832) per bulan. Akan tetapi biaya hidup di Amsterdam lebih tinggi, begitu juga dengan biaya akomodasinya.
 
Beberapa universitas (yang memiliki banyak kampus), menawarkan mahasiswa untuk tinggal di asrama. Misalnya University of Twente menyediakan 300 kamar bagi mahasiswa internasional. Semua kamarnya diperuntukkan bagi satu orang, dengan fasilitas dapur dan kamar mandi bersama. Fasilitas binatu juga tersedia di setiap lantai. Biaya sewa tergantung luas kamar dan fasilitas yang disediakan. Sebuah kamar di  Acasa residence hall, di ‘Calslaan oud’ dengan fasilitas bersama yang dapat digunakan 11 orang mengenakan biaya sewa €292.10 (US$405) per bulan. Sedangkan biaya sewa kamar di ‘Calslaan 26’ dua kali lipat, yaitu €420.66 (US$ 583) per bulan. Hal ini dikarenakan kamarnya lebih luas, dan fasilitas bersama hanya dibagi bersama 7 orang.
 
Universitas lainnya, misalnya University of Leiden bekerjasama dengan agen lain untuk menyediakan perumahan dalam kampus. Mahasiswa dapat mendaftar untuk akomodasi secara online, dan membayarkan biaya sewa sebesar €350 (US$ 485) sebelum 1 Juni (untuk semester pertama di tahun yang sama) atau 15 November (untuk semester 2 di tahun berikutnya). Asrama dan perumahan mahasiswa dilengkapi dengan koneksi internet dan fasilitas bersama (dapur, kamar mandi, binatu). Minimal penyewaan adalah untuk satu semester, dan maksimal satu tahun.  
 
Jika Anda berencana untuk tinggal di Belanda selama paling sedikit empat bulan, Anda harus mendaftar ke badan pemerintahan lokal, begitu juga sewaktu Anda akan meninggalkan Belanda.
 
Baca lebih lanjut tentang prosedur registrasi.
 
Akomodasi Luar Kampus
 
Universities yang tidak memiliki asrama dalam kampus bekerjasama dengan agen luar untuk menyediakan akomodasi luar kampus. Akomodasi ini dapat berupa apartemen, atau studio.
Misalnya Utrecht University menyediakan SSH Short Stay accommodation khusus bagi mahasiswa internasional dan mahasiswa pertukaran. Mahasiswa dapat menyewa kamar single atau kamar di unit yang lebih besar, dengan koneksi internet, peralatan masak dan bersih-bersih, yang berjarak tidak jauh dari kampus.
 
Biaya sewa dibayarkan setiap bulan, dan berkisar antara €420 (US$582) untuk kamar single atau berdua. Biaya sewa untuk studio berkisar antara €530-€670 (US$ 735-US$ 929). Mahasiswa dapat mulai mendaftar untuk akomodasi di SSH Short Stay accommodation begitu telah menerima surat penawaran tempat dari universitas.
 
Student Hotels
 
Mahasiswa yang tinggal di Amsterdam, Rotterdam, Liège atau The Hague dapat menyewa kamar berperabotan lengkap di student hotel. Setiap hotel memiliki perpustakaan, ruang duduk bersama dan dapur, begitu juga menu katering. Kamar atau suite dapat dipesan per malam, atau untuk satu semester maupun satu tahun. Biaya sewa per malam mulai dari €50 (US$69), sedangkan biaya per semester mulai dari €595 (US$825).
 
Student Hotel juga berusaha memiliki komunitas mahasiswa yang aktif, jadi mereka juga mengadakan berbagai acara untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bergaul satu sama lainnya. Pemesanan kamar bisa dilakukan via online di situs  Student Hotel website.
 
Menyewa Akomodasi Sendiri
 
Di Belanda juga terdapat apartemen yang dapat disewakan bagi mahasiswa internasional. Akan tetapi, mereka tetap memprioritaskan warga lokal, dan harga sewa untuk mahasiswa internasional juga lebih tinggi.
 
Tergantung ukuran dan lokasi apartemen, biaya sewa apartemen di Amsterdam berkisar antara €300-€600 (US$416-US$832) per bulan, termasuk koneksi internet, biaya air, listrik dan lain-lain. Biaya kamar di Utrecht adalah sekitar €339 (US$470) per bulan, sedangkan di Eindhoven sekitar €309 (US$ 428). Biaya sewa di Rotterdam mulai dari €373 (US$517) per bulan.
 
Mencari properti di Belanda cukup sulit bagi mahasiswa internasional. Sebaiknya Anda menggunakan layanan agen properti. Klik disini untuk daftar agen properti di Belanda.
 
Tips
 
Banyak pemilik properti yang tidak mengiklankan kamar atau apartemen mereka. Mereka lebih suka menerima mahasiswa yang direkomendasikan oleh seseorang yang telah mereka kenal. Jadi, jika Anda ingin mencari akomodasi, sebaiknya Anda melihat di forum-forum, blog universitas, atau meminta bantuan dari universitas Anda.
 
Setelah menemukan akomodasi yang cocok dan menandatangani kontrak, mintalah kontrak sewa versi Bahasa Inggris untuk Anda simpan.
 
Jika Anda ingin menghemat komisi agen properti, carilah situs yang memuat iklan properti swasta seperti Marktplaats. Akan tetapi, jika tidak melalui agen, maka hak-hak Anda sebagai penyewa tidak dilindungi.
 
 
Beberapa properti tidak menyediakan perabotan. Anda dapat membeli perabotan atau barang bekas di Marketstuff.

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS