Informasi penting
Belanda: Keuangan - Wajib dibaca

Biaya hidup di Belanda

13019
Terletak di tengah-tengah Eropa dengan berbagai pilihan dalam makanan dan hiburan,  Belanda adalah tempat tujuan kuliah yang menarik bagi para mahasiswa internasional. Akan tetapi, hidup di Belanda bisa saja mahal. Pada umumnya, para mahasiswa internasional yang tinggal di Belanda akan menghabiskan sekitar €800 hingga €1,100 per bulan.
 
Akomodasi, biaya makan dan biaya hidup sehari-hari adalah biaya yang tidak bisa dihindari disaat hidup di luar nergeri, dan biaya-biaya tersebut tidak kecil.
 
Akomodasi
Universitas- universitas Belanda tidak memiliki asrama kampus, jadi para mahasiswa internasional biasanya tinggal di kota atau daerah sekitar kampus.
 
Biaya akomodasi tentu saja berbeda dai kota ke kota. Di Amsterdam, biaya akomodasi bisa lebih mahal dari kota lain.
 
Di Belanda, biaya sewa kamar biasanya akan menghabiskan sekitar €300 hingga €600 per bulan. Sebelum menandatangani kontrak sewa, sebaiknya Anda tahu jelas biaya apa saja yang termasuk dalam biaya sewa Anda. Beberapa biaya sewa akomodasi termasuk biaya gas, listrik, tv dan internet. Ada juga biaya akomodasi yang tidak menanggung semua biaya tersebut.
 
Selain itu, Anda juga perlu bertanya apakah akomodasi tersebut dilengkapi dengan perabotan atau tidak.
 
Makanan
Makanan di Belanda cukup mahal (sekitar €200 per bulan). Sebagian universitas memiliki kantin dengan harga terjangkau. Beberapa kota memiliki pub (eetcafés) yang menyediakan makanan dengan harga terjangkau juga. Akan tetapi pilihan termurah tetap saja memasak di rumah dengan teman-teman. Berikut ini adalah daftar harga beberapa makanan di Belanda:
  • Segelas bir di pub €3
  • Segelas kopi/teh €2.
  • Big Mac  €3,15
  • Set makanan di restoran khusus mahasiswa €12,50
 
Banyak bar dan restoran yang akan memberikan diskon bagi para mahasiswa jika Anda menunjukkan kartu mahasiswa Anda. Anda juga bisa mendapatkan kartu International Student Identity Card (ISIC) yang bisa menawarkan banyak diskon di berbagai tempat seperti pertokoan, museum, bioskop, restoran-restoran dan bar.
 
Biaya lain-lain
Biaya lain-lain termasuk biaya hiburan, buku, berpergian dan lain-lain. Tiket bioskop di Belanda berharga €10.
 
Anda juga perlu mempertimbangkan asuransi kesehatan, harganya bervariasi tergantung jenis yang Anda pilih. Pihak universitas biasanya akan menyediakan informasi mengenai asuransi kesehatan.
 
Anda bisa menghemat biaya transportasi dengan membeli kartu diskon untuk kereta jika Anda berpergian lebih dari dua kali dalam satu bulan. Kartu diskon ini akan memberikan Anda diskon 40% jika Anda tidak berpergian di masa sibuk. Anda bisa mengunjungi situs Dutch railways untuk informasi lebih lanjut.
 
Anda juga bisa membeli sepeda seharga €50 untuk berpergian di dalam kota. Belanda adalah kota yang sangat aman untuk bersepeda.
 
Informasi lainnya
 
Anda diijinkan untuk bekerja sambil kuliah di Belanda, Anda bisa membaca informasi lebih lanjut disini.

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS