Informasi penting
Belanda: Pendaftaran Universitas

MENDAFTAR KULIAH KE BELANDA

8841
Belanda adalah kota dengan populasi terpadat di Eropa. Kebudayaan Belanda yang cukup fleksibel dan 11 universitasnya yang menempati posisi 200 besar universitas terbaik di dunia membuat Belanda sebagai salah satu negara destinasi kuliah populer di dunia.
 
Berikut ini adalah gambaran mengenai prosedur pendaftaran institusi pendidikan tinggi di Belanda:
 
Banyak sekali mahasiswa internasional yang mendaftar ke universitas Belanda setiap tahunnya. Terutama untuk jurusan-jurusan populer seperti Kedokteran, PsikologiEkonomi dan Fisioterapi. Yang unik dari pendaftaran universitas Belanda adalah untuk jurusan-jurusan populer tersebut diberlakukan sistem Numerus Fixus, yaitu sejenis metode dimana kuota penerimaan untuk setiap jurusan dari institusi di Belanda ditentukan oleh pemerintah Belanda, dan cara ini ditentukan dengan metode penarikan undian. Pendaftar dengan prestasi terbaik tentu saja memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk diterima. Akan tetapi semua pendaftar yang telah memenuhi persyaratan masuk minimum juga berkesempatan untuk diterima.  
 
Program-program selain keempat jurusan yang disebutkan jurusan diatas tidak mengikuti metode Numerus Fixus. Akan tetapi ada baiknya, jika sebelum pendaftaran, Anda mengkonfirmasikan hal ini ke universitas.
 
Perlu Anda ketahui bahwa sistem kredit mata kuliah di Belanda menggunakan sistem ECTS.
 
Gelombang Masuk dan Batas Akhir Pendaftaran
 
Kebanyakan institusi Belanda memiliki dua gelombang masuk untuk program Sarjana dan Master: Semester pertama dimulai pada bulan September, dan semester kedua di bulan Febuari.
 
Pendaftaran untuk semester pertama biasanya dimulai pada bulan Maret hingga Mei. Sedangkan untuk semester kedua, pendaftaran dimulai pada bulan November hingga Desember.
 
Hasil Numerus Fixus akan diumumkan sekitar pertengahan Mei, untuk gelombang masuk tahun yang sama.
 
Program Sarjana (First cycle)
 
Mahasiswa diharuskan untuk mendaftar melalui sistem pendaftaran Belanda - Studielink. Sebelumnya, mahasiswa perlu melakukan registrasi dan membuat profil untuk dapat mencari program kuliah, membaca persyaratan masuk, mengunggah dokumend an data yang diperlukan untuk pendaftaran, serta memonitor status pendaftaran mereka. Studielink merupakan suatu platform baru, sehingga mahasiswa disarankan untuk menghubungi institusi pada saat mereka akan memulai pendaftaran, dan mengecek ulang persyaratan masuk yang ditetapkan institusi.
 
Program Pascasarjana (Second and Third cycle)
 
Pendaftaran untuk program Pascasarjana harus langsung melalui institusi. Persyaratan masuk untuk program pascasarjana cukup ketat. Jika belum memenuhi persyaratan masuk, mahasiswa akan diharuskan untuk mengikuti program persiapan (fondasi) terlebih dahulu. Jika demikian, maka mahasiswa akan diberikan surat penawaran tempat bersyarat yang berlaku selama satu tahun, dan mahasiswa tersebut harus lulus dari program persiapan dengan nilai yang diminta dalam jangka waktu tersebut.  
 
 
Dokumen apasaja yang diperlukan?
 
Untuk pendaftaran program sarjana, diperlukan transkrip nilai sekolah mengengah atas, atau diploma, atau yang setara. Untuk program Pascasarjana, tentu saja dibutuhkan transkrip nilai dan sertifikat Sarjana atau setara. Akan tetapi semua kualifikasi tersebut harus diakui oleh institusi Belanda, jika tidak, Anda mungkin akan diminta untuk mengambil program persiapan terlebih dahulu.
 
Akan lebih bagus lagi jika mahasiswa memiliki Dutch Diploma yang diakui oleh intsitusi pendidikan tinggi Belanda.
 
Untuk persyaratan berbahasa Inggris, pada umumnya universitas di Belanda menentukan persyaratan sebagai berikut untuk pendaftaran program pascasarjana: skor TOEFL minimal 550, atau IELTS minimal band 6.  
 
Pendaftaran untuk program pascasarjana juga membutuhkan CV, paling sedikit satu surat rekomendasi dari dosen atau guru pendidikan sebelumnya, dan sebuah esai personal statement.
 

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS