Informasi penting
Belanda: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Apa itu ‘Numerus Fixus’?

3061
Numerus Fixus adalah metode di Belanda untuk membatasi jumlah calon mahasiswa yang ingin kuliah di universitas. Metode ini cukup populer di pendidikan tinggi Eropa, dimana sebutan ini juga dikenal dengan ‘numerus clausus’.
 
Apa arti Numerus Fixus?
Dalam Bahasa Latin, Numerus Fixus artinya ‘fixed number’, sementara Numerus Clausus artinya ‘closed number’, dimana keduanya berarti jumlah tetap.
 
Sejarah Numerus Fixus
Di jaman dahulu, Numerus Fixus diperuntukkan bagi kelompok etnis tertentu agar mereka tidak bisa menikmati pendidikan. Misalnya di tahun 1920, Polandia dan Hungaria membatasi jumlah mahasiswa Yahudi di universitas mereka. Akan tetapi jaman moderen sekarang Numerus Fixus tidak digunakan dengan tujuan seperti ini.
 
Tujuan dari Numerus Fixus
Di Belanda, Numerus Fixus hanya diterapkan di universitas atau di jurusan dengan jumlah pelamar yang melebihi batas. Misalnya untuk jurusan Sains Medis dan Hukum.
 
Cara kerja Numerus Fixus
Di Belanda, lotere menentukan apakah calon mahasiswa diterima di jurusan yang memberlakukan Numerus Fixus. Lotere diberikan oleh Studielink (sistem online resmi untuk mendaftar ke universitas Belanda), atau oleh universitas sendiri. Untuk prosedur selengkapnya Anda bisa mencari informasi dari pihak universitas Anda. 

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS