Informasi penting
Belanda: Visa - Wajib dibaca

Mengajukan permohonan visa pelajar Belanda

5760

Sebelum mendaftar untuk program pendidikan tinggi Belanda, mahasiswa internasional harus selalu menghubungi institusi pendidikan tersebut secara langsung terlebih dahulu. Mereka akan menentukan tepatnya persyaratan pendaftaran apa saja yang berlaku untuk program kuliah pilihan Anda.

Sebagaimana dengan kebanyakan negara lainnya, untuk memenuhi syarat pada tahap ni Anda akan membutuhkan diploma/ijazah sekolah menengah atau kualifikasi yang setara.

Terkadang institusi pendidikan juga akan menentukan persyaratan tambahan mereka sendiri, khususnya jika jumlah tempat terbatas atau apabila persaingan sangat ketat. Anda harus memiliki gelar bachelor (S1) atau kualifikasi setara sebelum Anda dapat mengikuti program kuliah master.

Visa masuk

Untuk masuk ke Belanda dengan tujuan belajar, calon siswa dari sebagian besar negara akan membutuhkan visa. Persyaratan bervariasi menurut kewarganegaraan Anda dan berapa lama Anda ingin menetap di Belanda. Anda harus selalu mengajukan permohonan visa masuk Anda jauh hari sebelumnya. Setelah mapan di negara ini, Anda mungkin juga membutuhkan izin tinggal menetap dan izin kerja tambahan.

Untuk menetap selama tiga bulan atau kurang, Anda membutuhkan visa kunjungan pendek (disebut visa Schengen). Apabila Anda berniat untuk menetap di Belanda lebih lama dari 90 hari, maka Anda harus memohon izin menetap penduduk sementara (Machtiging tot Voorlopig Verblijf). Warga negara EU/EEA dan Swiss, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, Jepang, Vatican City, Monako atau Korea Selatan mendapat pengecualian dari peraturan tersebut.

Untuk mendapat informasi lebih rinci silakan mengisi wizard visa pelajar yang berguna dari Nuffic.

Persyaratan Bahasa Inggris

Jika Anda berniat untuk kuliah di Belanda, maka Anda harus fasih berbahasa Belanda atau memiliki pemahaman bahasa Inggris yang cukup. Anda diharapkan untuk mampu menulis, membaca dan berkomunikasi pada tingkat akademis.

Apabila bahasa Inggris bukan bahasa pertama Anda, maka Anda harus lulus tes bahasa Inggris seperti IELTS (nilai minimum 6) atau TOEFL (nilai minimum 550 untuk tes berbasis-kertas (tertulis), dan 213 untuk tes berbasis-komputer).

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.