Informasi penting
Selandia Baru: Before you leave

Biaya hidup di Selandia Baru

14143
Ingin kuliah ke Selandia Baru? Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai biaya hidup disana.
 
Untuk mendapatkan visa pelajar, Anda perlu membuktikan kepada Imigrasi  Selandia Baru bahwa Anda mampu secara finansial untuk membiayai kuliah dan hidup Anda disana. Biaya hidup di Selandia Baru tidak berbeda jauh dengan Australia. Biaya hidup tertinggi adalah di Auckland. Universitas Auckland menyarankan mahasiswa untuk menyediakan NZ$20,000-25,000 untuk biaya hidup per tahun, sedangkan Universitas Otago menyarankan sekitar NZ$17,000-20,000 per tahun.
 
Jika mengatur keuangan dengan rapi, Anda bisa hidup dengan nyaman di Selandia Baru. Biaya terbesar adalah biaya kuliah, diikuti oleh biaya akomodasi dan makan. Biaya kuliah termasuk tinggi di Selandia Baru. Tergantung jurusan, kebanyakan biaya kuliah berkisar antara NZ$20,000-30,000 per tahun, dengan biaya kuliah lebih tinggi untuk jurusan medis, optometri dan teknk. Biaya kuliah biasa mencakup:
  • Pajak pemerintah (GST)
  • Registrasi dan pendaftaran
  • Biaya kesehatan dan konseling
  • Biaya dukungan bahasa
  • Fasilitas kampus
 
Jika Anda mengambil program yang berlangsung di bawah 9 bulan, Anda harus memiliki bukti bahwa Anda mampu menanggung biaya NZ$1,250 setiap bulan. Jika program Anda berlangsung di atas 9 bulan, Anda perlu memiliki bukti bahwa Anda mampu menanggung paling sedikit NZ$15,000 untuk setahun. Salah satu biaya yang paling sering diabaikan oleh mahasiswa adalah biaya buku pelajaran. Mayoritas buku pelajaran seharga NZ$100 per buku, dan setiap mata kuliah memerlukan satu hingga dua buku pelajaran. Anda bisa juga membeli buku pelajaran bekas di toko buku bekas, atau dari kakak kelas. Biasanya ada mahasiswa-mahasiswa yang memasang pengumuman untuk menjual buku pelajaran mereka.
 
Jika Anda tinggal di flat tanpa perabotan, Anda mungkin harus menyewa atau membeli perabotan seperti kulkas, mesin cuci, atau heater. Belilah seperlunya saja karena biaya listrik di Selandia Baru cukup tinggi. Tergantung kualitas, biaya perabotan-perabotan utama bisa menghabiskan sekitar NZ$500 hingga NZ$3,000. 

 
Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mencoba Cost of Living Calculator.
 
Makanan
Makanan di Selandia Baru sangat banyak, enak dan segar. Biaya makan juga termasuk salah satu biaya hidup yang besar. Kisaran dafta harga makanan di Selandia Baru adalah:
  • Roti panjang.....NZ$1.50-4.50
  • Susu (2L).....NZ$3.00-4.50
  • Cereal (kotak).....NZ$2.00-6.50
  • Kopi instan (botol).....NZ$2.50-5.00
  • Minuman soda (botol).....NZ$3.00
  • Shampo.....NZ$4.00-6.00
  • Sabun batangan.....NZ$2.00-3.50
  • Apel (kg).....NZ$3.00
  • Daging sapi (500g).....NZ$6.50
Anda bisa mendapatkan harga yang lebih spesifik lagi di situs supermarket seperti Countdown atau New World.
 
Makan di luar
Selandia Baru adalah surga makanan. Mengkombinasikan selera Eropa, Asia dan Pulau Pasifik, Selandia Baru juga diberkati dengan udara yang segar dan tanah yang subur, yang menghasilkan banyak produk segar sepanjang tahun.
 
Jika Anda adalah pemakan daging, Selandia Baru terkenal di dunia akan daging kambing dan daging sapi serta seafood. Disini Anda akan menemukan banyak produk segar dengan kualitas tinggi, begitu juga dengan susu, buah dan sayuran organik lokal.
 
Warga Selandia Baru sangat serius dalam hal makanan. Selandia Baru terkenal akan koki-koki dengan reputasi dunia dan restoran-restoran yang meraih penghargaan.
 
Selandia Baru juga menyediakan banyak kuliner dari berbagai negara. Makan di luar merupakan hal yang biasa bagi warga Selandia Baru. Banyak juga terdapat restoran dan kafe dengan harga terjangkau. Beberapa restoran Thailand, Cina dan restoran masakan Asia lainnya menyediakan makanan dengan harga sekitar $10. Tentu saja juga terdapat banyak restoran kelas atas dan kelas menengah. Di Selandia Baru ada banyak restoran BYO' (Bring Your Own) yang berarti Anda boleh membawa wine atau alkohol sendiri. Tetapi biasanya dikenakan sedikit biaya.
 
Makan di rumah
Warga Selandia Baru biasanya menyantap makan malam di rumah, atau mengundang teman-teman mereka untuk makan malam bersama dan mengadakan barbekyu. Barbekyu sangat terkenal di Selandia Baru karena merupakan cara untuk bersosialisi yang baik. Bahan-bahan untuk berbekyu juga tersedia dengan harga yang murah di supermarket lokal atau pasar. Supermarket di kota besar bahkan buka 24 jam sehari.
 
Hiburan ekonomis
Selandia Baru adalah tempat yang menakjubkan bagi penggemar aktifitas alam terbuka, yang biasanya bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya, misalnya berjalan kaki di taman, jogging, bersepeda atau mengadakan piknik.

Warga Selandia Baru juga menyenangi festival. Di festival biasanya akan dibagikan makanan, wine dan bunga gratis. Disana juga terdapat festival jazz yang berlangsung sepanjang tahun. Curah hujan di Selandia Baru cukup tinggi, pastikan Anda selalu menyediakan payung dan jas hujan. Perubahan cuaca kadang terjadi sangat cepat, dari langit yang cerah bisa saja tiba-tiba turun hujan.

Surat kabar lokal akan memberitakan jadwal festival atau kegiatan apa yang akan diadakan disana.
 
Cara membuka rekening bank 
Membuka rekening bank di Selandia Baru cukup gampang. Banyak bank yang menyediakan paket khusus untuk mahasiswa internasional. Untuk membuka rekening bank, Anda memerlukan paspor, surat tanda pelajar penuh waktu, dan alamat tempat tinggal Anda di Selandia Baru.
 
Transportasi
Transportasi di Selandia Baru cukup praktis.Jika Anda menunjukkan kartu pelajar, Anda bisa mendapatkan diskon. Tiket bis untuk perjalanan singkat berkisar antara NZ$1.00-2.00.
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS