Informasi penting
Selandia Baru: Prospek Karir

Bekerja di Selandia Baru sebagai mahasiswa internasional

1220

Menurut ketentuan visa pelajar standar Selandia Baru, mahasiswa internasional tidak diperkenankan untuk bekerja. Akan tetapi, pemerintah Selandia Baru telah mengenalkan visa dan kondisi kerja yang diperbaharui, dimana mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja 20 jam per minggu semasa kuliah dan liburan.

Variasi visa pelajar

Jika Anda ingin memohon pengecualian bagi visa pelajar Anda, Anda perlu melengkapi dan mengumpulkan Application for Variation of Conditions form (INZ 1020) PDF. Untuk itu, Anda perlu membayar biaya lebih dan menyerahkan dokumen berupa alamat tempat tinggal Anda dan surat penerimaan dari universitas. Bagi para mahasiswa yang perlu menyelesaikan penempatan kerja (magang) sebagai bagian dari perkuliahan juga perlu memohon visa jenis ini. Anda bisa membaca informasi lebih lanjut di situs Imigrasi Selandia Baru.

Mencari pekerjaan sampingan

Anda bisa mencari daftar lowongan kerja di koran lokal. Student Job Search juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan sampingan di Selandia Baru. Situs ini didanai oleh asosiasi mahasiswa, institusi pendidikan tinggi dan pemerintah. 



Kerja suka rela

Kerja suka rela merupakan salah satu cara untuk bersosialisasi dengan warga setempat. Banyak para mahasiswa internasional yang melibatkan diri dalam pekerjaan sukarela untuk memperoleh pengalaman kerja tambahan, serta menambah wawasan dalam berbaur dengan berbagai budaya yang berbeda. Pengalaman kerja seperti ini akan menambah nilai plus bagi mereka saat mereka mencari kerja setelah lulus kuliah nanti.

Pekerjaan suka rela bisa ditemukan di berbagai organisasi non profit ataupun organisasi komunitas dan sejenisnya. Para mahasiswa juga bisa bekerja suka rela di perusahaan dengan bidang yang relevan dengan studi mereka. Di Selandia Baru, kerja suka rela bisa berupa pekerjaan di proyek konservasi, menanam pohon, membantu di peternakan, membersihkan pantai, hingga membantu di acara olahraga dan musik, atau membantu para kaum manula.

Walaupun pekerjaan suka rela tidak menerima bayaran berupa uang, pekerjaan tersebut bisa memberikan berbagai pengalaman kerja serta melatih keahlian Anda di berbagai bidang. Kelebihan ini bisa membuat Anda lebih menonjol di mata perusahaan yang berpotensi menjadi majikan Anda dibandingkan jika Anda tidak pernah terlibat dalam aktifitas apa pun selama kuliah.

Beberapa universitas malah akan mendorong para mahasiswanya untuk terlibat dalam pekerjaan sukarela. Anda bisa membaca membaca lebih lanjut mengenai kerja suka rela di Selandia Baru.

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS