Informasi penting
Selandia Baru: Prospek Karir - Wajib dibaca

Program Selandia Baru untuk membantu mahasiswa internasional untuk mencari kerja

2165
Selandia Baru meluncurkan Employment Support Programme untuk mahasiswa internasional.
 
Program yang diluncurkan oleh The Auckland Regional Migrant Services (ARMS) bertujuan untuk menjembatani pendidikan tinggi dan potensi kerja para alumni yang kuliah di Selandia Baru. Di banyak negara yang merupakan tujuan kuliah populer, begitu lulus dari kuliah, para mahasiswa internasional yang ingin terus menetap di negara tersebut diwajibkan untuk memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu untuk bisa memohon visa baru, yang termasuk ijin kerja.
 
Program ini berfokus pada pengetahuan spesifik mengenai pasar kerja Selandia Baru, serta keahlian yang dipentingkan untuk mencari kerja, yaitu kehlian dalam berkomunikasi.
 
Berikut ini adalah beberapa panduan untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri:
 
Menonjolkan kelebihan Anda sebagai mahasiswa internasional
 
Jika Anda adalah seorang mahasiswa internasional, maka Anda pasti menguasai bahasa lain selain Bahasa Inggris, misalnya bahasa ibu Anda, atau bahasa pengantar utama di negara Anda. Hal ini merupakan salah satu kelebihan Anda. Terlebih lagi jika pekerjaan Anda mengkehendaki keahlian untuk menerjemahkan. Jika Anda tidak tertarik dengan pekerjaan menerjemahkan, pertimbangkanlah kerjaan ini sebagai permulaan karir Anda. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mempelajari dunia kerja yang sesungguhnya dan bahkan membangun koneksi menuju karir yang Anda inginkan. 
 
Meminta masukan dari orang lain
 
Anda bisa mencoba mencari tahu dari mahasiswa internasional lainnya. Mereka tidak harus merupakan mahasiswa yang berasal dari negara yang sama dengan Anda. Bertemanlah dengan mahasiswa internasional lainnya sebanyak mungkin. Mereka biasanya akan memiliki perspektif yang sama dalam hal mencari kerja dibandingkan dengan mahasiswa lokal. Senior Anda mungkin bisa memberikan masukan yang akan membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Atau siapa tahu di perusahaan tempat mereka bekerja sedang ada lowongan kosong yang cocok buat Anda.
 
Menyesuaikan CV
 
CV memiliki banyak format, dan setiap negara bisa saja berbeda-beda. Sebaiknya Anda mencari tahu CV seperti apakah yang umum dipergunakan di negara tempat Anda ingin mencari kerja. Hal-hal detail seperti foto, informasi mengenai diri sendiri bisa saja berdampak besar bagi penampilan CV Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda meminta petunjuk dari layanan karir universitas Anda. Biasanya mereka menyediakan layanan latihan menulis CV dan menyediakan contoh-contoh CV yang umum digunakan di negara mereka.
 
Meminta bantuan dari Perkumpulan Mahasiswa
 
Perkumpulan mahasiswa di universitas Anda (atau departemen layanan karir) bisa membantu Anda dalam mencari lowongan kerja. Mereka bisa saja memberikan nomor penting atau alamat email yang bisa Anda hubungi untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih lagi jika universitas Anda memiliki jaringan yang kuat dengan berbagai industri dan perusahaan.
 

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS