Informasi penting
Selandia Baru: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

4 alasan untuk kuliah di Selandia Baru

1920
Proses pendaftaran kuliah di Selandia Baru berbeda dengan proses di Inggris dan Australia. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar.
 
Pilihan universitas yang lebih sedikit
Di Inggris dan Amerika terdapat banyak sekali pilihan universitas, hingga kerap kali calon mahasiswa menjadi bingung sebaiknya memilih universitas yang mana. Di Selandia Baru hanya terdapat delapan universitas negeri, jadi Anda tidak memerlukan waktu yang telalu lama untuk meneliti setiap universitas dan menentuukan pilihan Anda.
 
Mendapatkan contoh aktual
Selandia Baru merupakan negara yang kaya dengan elemen-elemen alam yang natural. Keadaan ini sangat berguna bagi para mahasiswa jurusan Geografi atau Ilmu Lingkungan Hidup. Selandia Baru juga merupakan tempat dengan resiko gempa bumi tinggi. Kadang hanya dengan mendengarkan kuliah di ruang seminar, mungkin belum cukup jelas. Kuliah di dekat contoh nyata bisa membuat Anda lebih mendalami maksud dari materi perkuliahan Anda. Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan penelitian di alam terbuka yang sesuai dengan bidang kuliah Anda. Dengan demikian, potensi kerja Anda juga akan meningkat. 
 
Kuliah Selandia Baru sebelah mana?
Selandia Baru terdiri dari kepulauan Utara dan Selatan. Pulau utara memiliki kota terbesar yaitu Auckland, dan ibu kotanya Wellington yang memiliki populasi cukup banyak. Perbandingan populasi antara Utara dan Selatan adalah 75:25. Kedua pulau terhubung oleh sarana transportasi umum. Anda bisa memlih untuk tinggal di Utara yang lebih ramai, atau di Selatan yang lebih tenang. Biaya hidup di Auckland juga lebih mahal jika dibandingkan dengan Dunedin.
 
Sistem pendidikan yang sedang berkembang
Pendidikan di Selandia Baru mungkin tidak semenarik negara lain. Tetapi justru karena itulah Selandia Baru selalu berupaya untuk meningkatkan standar pendidikan mereka. Terlebih lagi mereka kaya akan elemen-elemen alam natural yang menjadi bahan penelitian penting untuk jurusan-jurusan tertentu. Dalam bidang ini Selandia Baru mempunyai potensi untuk mengejar standar negara lainnya.
 
Karena reputasinya yang masih di bawah negara lain, persaingan masuk ke universitas di Selandia Baru tidaklah sekeras di Inggris atau Amerika.
 
Catatan: tahun akademis di Selandia Baru berbeda dengan di Inggris dan Amerika. Anda perlu mengetahui informasi ini sebelum mendaftar. Tahun akademis Selandia Baru dibagi menjadi dua semester. Semester pertama mulai antara bulan Febuari hingga Juni. Anda perlu mendaftar sebelum bulan november untuk mengikuti perkuliahan di bulan Febuari. Semester kedua dimulai di bulan Juli hingga November. Anda perlu mendaftar sebelum bulan Mei untuk mengikuti perkuliahan semester kedua.

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS