Informasi penting
Selandia Baru: Info Negara Tujuan

Panduan kota Selandia Baru

2689

Senang berkegiatan di luar untuk menikmati alam? Ingin tahu tempat terbaik untuk berpesta di malam hari? Kota-kota New Zealand memiliki segalanya! Berikut adalah panduan kami tentang kota-kota terpopuler ujuan kuliah bagi para siswa internasional.

Auckland
Sejak Piala Amerika diselenggarakan di sini pada tahun 1999 dan kembali lagi pada tahun 2002, mata uang dolar telah masuk membanjiri Auckland dan menjadikannya kota yang super gaya, kosmopolitan dengan desa yang sengaja dibangun sendiri, dengan lengkungan jembatan di atas jalan yang diramaikan oleh deretan hotel, kafe, bar, restoran dan kapal pesiar super mewah! 

Cara paling mudah untuk dapat merasakan kota yang menarik ini adalah dengan mengendarai Auckland Explorer Bus. Museum Auckland juga tidak boleh terlewat; museum itu berdiri di Auckland Domain pada tepi gunung berapi kuno dan merupakan tempat bagi koleksi artefak terbesar di dunia dari suku Maori dan Polinesia. Auckland’s Sky Tower dengan ketinggian 110 meter, adalah gedung tertinggi di Belahan Bumi Selatan dan memberikan pemandangan yang menakjubkan tentang kota ini.  Masyarakat setempat gemar berkegiatan di luar, apakah itu naik sepeda, berlari kecil, berselancar, berlayar atau hanya berkeliling di banyak taman di Auckland Domain dan Cornwall Park. Bagusnya sebagian besar kesenangan di Auckland bebas biaya! 

Anda akan jarang merasakan kelaparan di Auckland. Dari restoran dan kafe yang terjangkau sampai restoran kelas dunia, tempat makan yang baik sangat berlimpah di Auckland. Masakan Italia, Prancis dan Mediterania populer di sini; dan ada pilihan sangat bagus dari restoran Jepang, Thailand dan Pinggiran Pasifik, khusus dengan bahan dasar makanan berkualitas tinggi yang diproduksi setempat. Kunjungi Viaduct Basin dan telusuri sepanjang Ponsonby untuk menjelajahi suasana makan di jantung Auckland.

Kehidupan malam di Auckland adalah di antara yang terbaik di Selandia Baru, dengan klub, bar, teater dan musik hidup, setiap orang akan menemukan sesuatu yang cocok bagi mereka. Mahasiswa dan orang-orang funky Auckland bersantai di High Street di Inner City, para pemilik kapal pesiar dan orang kaya Auckland menyukai Viaduct Basin, sementara Ponsonby adalah tempat bagi sebagian besar klub dan bar yang buka sepanjang malam. 

Mengarah ke luar pusat kota Auckland, gunakanlah Fullers Ferry menuju ke Devonport, sebuah desa sangat menarik yang menawarkan udara segar dengan segala daya tarik suatu tempat tujuan berlibur, termasuk pantai berpasir putih dan kafe mungil serta restoran. Auckland Barat membawa Anda ke daerah tempat budidaya anggur untuk mencicipi beberapa Cabernet Sauvignon yang dikembangkan setempat dan merupakan satu dari 110 kilang anggur di Greater Auckland. Sementara itu Pulau Waiheke adalah ibaratnya surga kecil,dengan kawasan lahan bersemak yang subur, deretan perbukitan dan pantai berpasir putih yang sangat indah. Pulau ini dapat dicapai dalam waktu 35 menit dengan menumpang feri dari Auckland.

Wellington
Wellington yang indah adalah ibu kota budaya dan artistik New Zealand, dan tempat bagi  industri perfilman yang menarik dan terus berkembang, yang telah menyebabkan Wellington memperoleh julukan Wellywood. Seperti Auckland, meskipun jumlah penduduknya relatif kecil, kota ini penuh dengan tempat makan yang menakjubkan, bar yang trendi, kafe bermutu tinggi, tempat belanja yang istimewa, dan klub yang buka sepanjang malam. Wellingtno merupakan kota yang indah, perbukitan di sekelilingnya dipenuhi perumahan bergaya Victoria, menghadap ke lengkungan pelabuhan yang indah. Bagian pusat kotanya padat, dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan penuh dengan kilauan kaca bangunan tinggi yang mengingatkan kita pada pemandangan di Singapura atau Hong Kong. Titik fokus dari pusat kota adalah museum nasional Te Papa senilai NZ$317 juta, yang telah membuka bagian depan pelabuhan kepada para pengunjung dan mempersembahkan museum yang menceritakan kisah sangat menarik dari sejarah, seni dan budaya Selandia Baru, dan boleh dikatakan adalah yang terdepan dari yang sejenis di dunia!

Sebagian besar atraksi di dalam kota dengan mudah dapat dicapai berjalan kaki sehingga Anda bisa menghabiskan hari berjalan-jalan melalui kebun raya yang rindang, naik Kereta Gantung di sekitar kota dan berhenti di toko-toko di Willis Street atau Cuba Street. 

Cuba Street adalah salah satu tempat yang paling keren untuk makan, khususnya apabila Anda memiliki anggaran terbatas, atau mencari masakan etnik fantastis. Pilihlah salah satu dari banyak restoran Turki, India, Thailand, Mongolia, China, Korea, Melayu dan Yunani yang bermutu tinggi...dan seterusnya. Setelah matahari terbenam Courtenay Place menjadi hidup dengan sejumlah besar bar dan klub dansa yang buka sampai larut malam. Untuk merasakan budaya lebih lanjut Downstage Theatre di Courtney Place adalah yang utama. Wellington merupakan harapan bagi acara budaya terbesar di Selandia Baru yang diadakan dua tahun sekali dan mempersembahkan seniman Kiwi yang paling berbakat.

Tidak berjauhan dari Wellington, Wairarapa menjadikan liburan akhir pekan menjadi istimewa. Ini merupakan tempat yang spektakuler bagi beberapa butik kebun anggur terbaik di  dunia dan hanya berjarak satu jam dari Wellington. Wellington juga merupakan tempat di mana Anda dapat melintas dari North Island ke South Island dengan feri.  Hanya memerlukan waktu tiga jam ke Picton dan wilayah Marlborough yang megah.

Christchurch
Jalan raya megah yang rindang, dihiasi bangunan Victoria yang cantik tersebar dari dekat pusat Christchurch Cathedral dan punters drift sepanjang Sungai Avon  mengagumi kebun pribadi Christchurch yang indah. Ya, inilah kota ketiga terbesar Selandia Baru, juga dikenal sebagai Garden City atau kota taman, memiliki reputasi sebagai tempat yang lebih berkelas dan bernuansa Inggris. Tentu saja kota ini lebih konservatif dibandingkan Wellington dan Auckland tetapi ini adalah kota yang hijau dan ramah, dengan sungai dan taman-taman besar dan kecil yang berlimpah ruah. Tetapi di Christchurch ada lebih dari sekadar apa yang dapat terlihat oleh mata. Ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh para petualang 'out-door', dengan sejumlah besar peluang untuk berkelana alam, misalnya bersepeda gunung, memanjat, berkuda dan skydiving.  Berkat iklimnya yang sedang dengan curah hujan terendah di Selandia Baru dan lahan yang relatif datar menjadikan kota ini sempurna untuk dijelajahi dengan sepeda atau berjalan kaki.

Pada malam hari, ‘The Strip’, seperti yang telah diketahui, adalah pusat dari suasana kafe dan bar yang semakin malam menjadi semakin hidup.  Kota ini juga memiliki beberapa tempat makan yang istimewa dan bagi pecinta hidangan laut serta domba mereka tidak akan kelaparan karena banyaknya kafe dan restoran yang menyajikan produk segar dan bagus. Wilayah Canterbury dikenal karena minuman anggur dan Christchurch berada dalam jarak yang mudah dicapai dengan lebih dari 40 kilang anggur setempat.

Dua jam dari kota dan Anda dapat mengunjungi lapangan bermain ski Arthur’s Pass atau menikmati pemandangan menyerupai pegunungan Alpen yang dramatis di salah satu dari sejumlah besar perjalanan singkat. Kaikoura juga berjarak dua jam perjalanan, ke utara dan lanskap mengagumkan dari kota pelabuhan Prancis Akaroa hanya berjarak satu jam perjalanan.

Dunedin
Dunedin adalah kota paling keren di South Island. Terletak dalam provinsi Otago di selatan South Island ini merupakan kota kecil yang alami dengan pemandangan yang dramatis (dan cuacanya!), rumah-rumah megah yang sangat menarik, suasana bernuansa indie musik yang kuat, dan populasi mahasiswa yang gemar berpesta! Di antara bangunan bergaya Edwardian dan Victorian yang terawat dengan baik Anda akan dapat menemukan populasi pemusik dan seniman yang berkembang; beberapa pub mahasiswa terbaik di Selandia Baru, dan jalan tercuram di dunia– Baldwin Street!

Hal yang penting mencakup museum Otago yang menonjolkan beberapa koleksi istimewa Southern Maori, dan sebuah galeri yang bercerita tentang kisah wilayah Selatan. Stasiun Kereta Api yang megah patut dicari dengan menara jam perseginya yang besar serta lantai mosaik yang mengagumkan. Stasiun ini juga merupakan pintu gerbang menuju Central Otago Rail Trail, sebuah petualangan bersepeda selama 6 hari yang tak terlupakan di jalan setapak yang membawa Anda melalui pemandangan mengagumkan dan pedesaan kuno Otago!

Ini merupakan tempat yang aneh dengan sejarah Skotlandia yang kuat; Dunedin adalah nama kuno dalam bahasa Gaelic untuk Edinburgh. Bukti yang tersisa atas kedatangan pendatang Skotlandia di sini pada tahun 1800-an, seperti yang dibanggakan oleh kota ini adalah penyulingan wiski, toko kilt (penjual rok tradisional yang dikenakan oleh para pria Skotlandia) dan juga pembuat haggis (makanan khas Skotlandia)! 

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.