Informasi penting
Selandia Baru: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

10 tempat utama untuk dikunjungi

2582

Berikut adalah daftar 10 tempat yang wajib Anda kunjungi di Selandia Baru. Bukanlah hal yang mudah untuk mempersempit menjadi hanya 10!

1. Abel Tasman
Terletak di wilayah Selandia Baru yang paling cerah di bagian atas South Island, Abel Tasman National Park adalah taman nasional yang sempurna untuk menggabungkan kegiatan dan bersantai. Turut serta dalam aksi berjalan kaki sepanjang jalur pesisir yang mengagumkan adalah salah satu kegiatan resmi Selandia Baru yang dijuluki ‘Great Walks’. Kegiatan tersebut memerlukan kurang lebih 4 atau 5 hari dan Anda akan tidur di bawah langit berbintang atau tinggal di salah satu penginapan. Cara populer untuk melihat taman nasional ini adalah dengan menaiki perahu kayak laut bersama salah satu pemandu tur. Berharaplah untuk menghabiskan hari menjelajahi teluk berpasir yang sangat indah dengan hangatnya kilauan laut Pasifik Selatan; dan berhadapan dengan anjing laut berbulu, ikan pari, ikan lumba-lumba dan ratusan burung asli di hutan rindang.

2. Auckland
Auckland yang menakjubkan adalah Sydney nya Selandia Baru. Dikenal sebagai City of Sails - kota kain kapal layar ini adalah kota kosmopolitan dan bergaya yang dikelilingi oleh air. Dalam 10 tahun terakhir miliaran dollar diinvestasikan di Auckland dan Anda dapat melihat sendiri, bahwa kota mempesona yang rindang ini penuh dengan semangat hidup! Bersama dengan 22 taman-taman regional, 50 kepulauan dan 500km jalur jalan kaki dan kelana; belum lagi pusat perbelanjaan, restoran, bar, klub, musik hidup dan pemandangan kesenian yang berdengung, Auckland adalah kota terbesar di Selandia Baru dan dapat dikatakan kota yang paling menarik.

3. Kaikoura
Desa Kaikoura yang spektakuler terselip di antara Seaward Kaikoura Range dan Samudra Pacific, selain itu untuk menambahkan kecantikan dramatisnya, selama musim dingin gunung-gunungnya tertutup salju. Kaikoura juga terkenal sebagai tempat kita dapat menjumpai mamalia laut seperti ikan paus, anjing laut berbulu dan ikan lumba-lumba yang berenang di perairan pesisir pantai. Anda dapat sungguh-sungguh berhadapan dengan hewan setempat yang ramah ini dengan mengikuti salah satu jenis paket tur wiata pesiar yang berangkat dari kota beberapa kali dalam sehari dengan berperahu kayak. Kaikoura juga merupakan tempat untuk mencicipi hidangan udang karang (crayfish); sebaiknya dinikmati di salah satu pondok kecil yang berderet sepanjang jalan raya pesisir; dan jika Anda beruntung Anda akan dihibur oleh segerombol anjing laut berbulu yang sedang bermain di atas bebatuan.

4. Queenstown
Queenstown mungkin dikenal sebagai Adventure Capital of the World - Ibu Kota Petualangan Dunia, tetapi sebenarnya masih banyak lagi dari kota bergaya di South Island ini disamping petualangan yang menegangkan. Apakah Anda seorang pecandu adrenalin atau hanya mencari selingan yang santai, kota yang dinamis ini berdiri dengan agung menghadap Danau Wakatipu yang hijau kebiruan serta membanggakan restoran yang fantastis, pusat perbelanjaan yang istimewa dan kehidupan malam yang meriah. Saat musim dingin kota ini merupakan basis bagi mereka yang menjelajahi medan ski terdekat; dalam musim panas pengendara sepeda gunung, pejalan kaki dan pemain golf membawa dirinya menuju kehijauan dan rimbunnya perbukitan.

5. Franz Joseph dan Fox Glaciers
Tidak ada tempat di dunia yang terdapat gletser yang begitu mudah dicapai dibandingkan di bagian West Coast Selandia Baru. Desa Franz Joseph dan Fox Glacier adalah basis yang sempurna untuk menjelajahi sisa-sisa jaman es yang spektakuler. Ada sejumlah wisata pesiar gletser yang dipandu, dan perusahaan helikopter di kota menawarkan penerbangan sambil melihat-lihat pemandangan indah di atas gletser dan pegunungan di sekelilingnya.

6. Wellington
Wellington adalah ibu kota kesenian dan kebudayaan Selandia Baru. Dengan adanya banyak bangunan warisan budaya yang menarik, museum, galeri seni, toko butik, dan kafe Anda pasti akan sibuk sepanjang hari. Sementara tempat makan yang mempesona, bar yang hidup dan suasana permainan musik hidup yang bersemangat akan memastikan Anda terjaga sepanjang malam. Wellington adalah tempat bagi acara kebudayaan terbesar di negeri ini, yakni the New Zealand International Arts Festival, yang menampilkan komedi terbaik, musik dan bakat seni di Selandia Baru. Kota ini juga sangat cantik. Terletak di antara pelabuhan yang indah dan hutan perbukitan yang subur serta berlimpah ruahnya suaka margasatwa, kepulauan, desa di pinggir pantai, pantai samudra dan taman-taman yang menjadikannya surga bagi kegembiraan di luar ruangan (outdoor).

7. Rotorua
Rotorua adalah salah satu tempat pariwisata di North Island yang paling banyak dikunjungi wisatawan, dan memang sepatutnya demikian. Para pengunjung datang untuk merasakan kolam lumpur eksplosif, bernafas dalam udara yang kaya akan belerang serta mengagumi semburan mata air geyser dan mata air panas bersuhu tinggi sehingga berasap. Rotorua juga merupakan tempat yang baik sekali untuk menyaksikan kebudayaan suku Maori. Suku Maori memuja tempat ini dan saat ini sepertiga populasinya adalah suku Maori. Te Puia adalah bintang atraksi Rotorua dengan pergelaran budaya suku Maori dan tradisi hangi (makanan yang dimasak dengan menggunakan panas bumi) yang berlangsung di sepanjang kegiatan geotermal.

8. Marlborough
Wilayah anggur paling terkenal di Selandia Baru adalah tempat bagi beberapa jenis minuman anggur Sauvignon Blancs terbaik dunia. Bersepedalah di antara tanaman anggur dan jelajahi beberapa kebun anggur yang paling dikenal di dunia. Di dekat Picton dapat menjadi basis yang baik sekali untuk menjelajahi kebun anggur atau menuju ke Marlborough Sounds yang indah dengan menggunakan perahu kayak laut atau menyusuri salah satu dari jalur jalan kaki di sepanjang pesisir yang mengagumkan.

9. The Bay of Islands
Pantai tak berujung, air hangat yang jernihnya bagaikan kristal, dan lebih dari 144 kepulauan dengan tepat membentuk apa yang dinamakan Bay of Islands di North Island. Di sini semuanya adalah tentang bersantai, berenang, mandi dan mungkin saja tempat pemancingan ikan atau menyelam scuba apabila Anda inginkan. Pedesaan Waitangi sangat penting dari segi sejarah, karena di sini ditandatangani perjanjian yang memberikan suku Maori hak sebagai warga negara Inggris.

10. Otago Peninsula
Apabila Anda adalah pecinta hewan, Otago Peninsula adalah suatu keharusan untuk dikunjungi. Tempat ini membanggakan beraneka ragam akses paling mudah untuk mengunjungi cagar alam di South Island: mulai dari elang laut sampai anjing laut berbulu, singa laut, penguin dan lebih banyak lagi… Pedesaan dengan medan berat membentuk latar belakang yang menggemparkan untuk bertemu dengan satwa liar; pengunjung dapat menjelajahi perairan dan bergabung dengan salah satu wisata terorganisir, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai berpasir putih yang masih murni, dan melihat gudang kapal yang mungil di pesisir serta pemukiman bersejarah yang menarik.

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.