Informasi penting
Selandia Baru: Keuangan

Mengenai keuangan mahasiswa

2101

Biaya hidup mahasiswa

Untuk mahasiswa internasional Selandia Baru dapat terasa cukup mahal; meskipun perlu disadari bahwa Selandia Baru merupakan tempat yang masih relatif terjangkau, menurut ukuran barat. Dengan mengelola keuangan Anda secara seksama Anda akan dapat hidup dengan nyaman di Selandia Baru dengan anggaran yang tidak terlalu besar. Anda disarankan untuk berhati-hati dengan pengeluaran Anda selama beberapa bulan pertama, sampai Anda dapat mengatur biaya yang diperlukan, karena penting untuk memastikan agar uang Anda bertahan sepanjang masa kuliah Anda. 

Pengeluaran terbesar Anda adalah uang kuliah Anda, disusul biaya akomodasi dan makan. Disarankan bahwa Anda membayar biaya pendidikan Anda langsung dari negara asal Anda. Salah satu pengeluaran yang sering kali diremehkan mahasiswa adalah biaya untuk buku-buku pelajaran mereka:  sebagian besar buku pelajaran masing-masing berharga lebih kurang NZ$100 dan Anda mungkin perlu untuk membeli setidaknya satu atau dua buku untuk setiap mata kuliah. Buku pelajaran sering kali dapat dibeli yang bekas pakai, carilah di toko buku bekas pakai dan perhatikan papan pengumuman di kampus.

Apabila Anda pindah ke flat yang tidak dilengkapi perabotan (kosong) Anda mungkin perlu membeli barang seperti lemari es, mesin cuci, pemanas ruangan (ingat bahwa listrik sangat mahal di Selandia Baru), dan mebel lainnya. Ini semua dapat dibeli atau disewa dan, tergantung pada kualitasnya, perabotan ini dapat membebani Anda dengan biaya seluruhnya sekitar $500 dan $3.000.

Anggaran hiburan
Selandia Baru adalah tempat bermain penuh petualangan bagi mereka yang mencintai Great Outdoors, yang artinya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan sedolar pun! Mahasiswa senang menghabiskan waktu bebas mereka menikmati lingkungan alam, di negara yang diberkati dengan pemandangan yang menakjubkan, iklim yang ramah, dan banyak taman-taman, danau dan pantai di mana Anda dapat berjalan-jalan, berlari, bersepeda atau piknik dengan gratis!

Masyarakat Selandia Baru mencintai festival mereka juga, oleh karena itu lihatlah salah satu dari banyaknya festival makanan dan anggur, kesenian, bunga, atau jazz cuma-cuma yang berlangsung sepanjang tahun.

Nasihat sebelum memulai perjalanan, di Selandia sangat mudah turun hujan oleh karena itu bahkan apabila ada matahari saat Anda pergi pastikan Anda membawa jas hujan jika Anda bepergian seharian, karena cuacanya dapat berubah sangat cepat!

Surat kabar setempat biasanya memberi informasi rinci dari apa yang sedang berlangsung di area Anda.

Cara membuka rekening bank

Membuka rekening bank di Selandia Baru adalah mudah karena hampir semua bank besar menyediakan paket untuk mahasiswa internasional. Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan paspor, bukti bahwa Anda adalah/akan belajar purna waktu di institusi Anda (surat persetujuan belajar atau faktor biaya sudah mencukupi) dan bukti alamat tempat tinggal Anda di Selandia Baru.

Makan di luar

Selandia Baru adalah surga bagi pencinta makanan. Tidak hanya dikelilingi oleh garis pantai panjang di South Pacific yang belum tersentuh, tetapi udara di sini entah bagaimana lebih bersih dan segar dibandingkan yang mungkin Anda pikirkan; ditambah lagi Selandia Baru memiliki iklim sedang dan berlimpah ruahnya lahan yang kaya dan subur. Sungguh tidak heran kualitas hasil pertanian berupa buah-buahan dan sayuran di Selandia Baru tidak ada tandingannya.

Apabila Anda seorang pemakan daging, Anda sangat beruntung karena Selandia Baru adalah produsen daging domba dan sapi yang terkenal di seluruh dunia. Dan karena Anda tidak pernah jauh dari air, ada akan temukan banyak hidangan laut yang paling segar dan manis, yang pernah Anda temukan di mana saja di dunia. Penekanan di sini adalah pada hasil pertanian yang sehat dan berkualitas tinggi dan Anda akan menemukan beraneka ragam produk susu, buah segar dan sayuran serta bahan makanan organik bermutu tinggi yang diproduksi setempat.

Sebagai konsekuensinya masyarakat Selandia Baru menganggap makanan mereka secara serius. Tempat bagi juru masak dan restoran pemenang penghargaan yang diakui dunia, masyarakat kosmopolitannya telah membuat suasana kuliner dengan pengaruh dari segala penjuru dunia.

Makan di luar adalah suatu gaya hidup bagi para Kiwi dan biasanya makan di restoran adalah sebuah hal yang sangat biasa. Ada sejumlah besar restoran terjangkau dan kafe, termasuk Thai, China, dan tempat makan Asia lainnya di mana Anda bisa mendapatkan makanan kurang dari $10. Sudah tentu ada banyak restoran kelas menengah dan atas juga (untuk lebih royal!). 

Di Selandia Baru banyak restoran berupa 'BYO' (Bawa Sendiri) yang berarti Anda dapat menghemat cukup banyak uang pada tagihan Anda. Apabila suatu restoran bertanda BYO, Anda diizinkan membawa minuman beralkohol Anda sendiri.  Biaya kecil pembuka sumbatan sering kali ditambahkan pada tagihan Anda – pastikan Anda memeriksa berapa biaya pembuka sumbatannya karena hal itu dapat berbeda sangat banyak.

Makan di rumah

Masyarakat Selandia Baru sering kali menikmati makan malam mereka di rumah atau mengundang teman datang untuk makan malam dan hidangan yang dibakar (barbecue) karena ini adalah cara yang sangat populer untuk bergaul dengan teman-teman. Makanan dapat dibeli relatif murah di supermarket setempat, pasar petani, atau pasar makanan.

Sebagian besar masyarakat mengunjungi supermarket setidaknya sekali dalam seminggu untuk membeli keperluan sehari-hari mereka. Supermarket menyediakan hampir setiap makanan yang dapat Anda bayangkan termasuk bahan makanan, buah-buahan dan sayuran, daging dan ikan, bumbu-bumbu, rempah-rempah, dan bahan pokok sangat penting lainnya, seperti peralatan kebersihan, bola lampu, sabun, pasta gigi dan sebagainya, surat kabar dan majalah. Sebagian besar supermarket akan menyediakan rempah-rempah dan produk-produk yang biasa digunakan dan banyak kota-kota juga memiliki toko-toko khusus, seperti supermarket yang menjual kebutuhan bagi orang Asia.

Jam buka bervariasi, tetapi di kota-kota utama mereka biasanya buka antara jam 8 pagi – 8malam atau lebih malam lagi, tujuh hari seminggu. Ada beberapa supermarket juga yang buka 24 jam sehari.

Lihat tautan di bawah ini untuk informasi yang lebih rinci:

woolworths.co.nz
newworld.co.nz/

Pekerjaan bagi mahasiswa

Pekerjaan paruh waktu
Dalam  kondisi tertentu mahasiswa internasional purna waktu (full-time) diizinkan untuk bekerja paruh waktu (part-time) di Selandia Baru:

  • Untuk memenuhi persyaratan program kuliah pengalaman kerja praktik, atau
  • Selama masa liburan Natal dan Tahun Baru apabila Anda berada dalam program kuliah purna waktu selama 12 bulan atau lebih lama, dan/atau
  • Waktu kerja tidak lebih dari 20 jam dalam setiap minggu yang diberikan selama tahun akademis (untuk mahasiswa purna waktu). Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi: immigration.govt.nz/

Kebanyakan mahasiswa bekerja untuk mendapatkan sedikit penghasilan tambahan agar mereka dapat bepergian atau menghemat, lainnya bekerja untuk memperoleh pengalaman, bertemu masyarakat setempat dan berteman. Mahasiswa dapat memilih untuk bekerja di bar, restoran dan kafe, atau untuk melakukan pekerjaan paruh waktu di industri yang terkait dengan kuliah mereka. Informasi peluang kerja paruh waktu dapat ditemukan di surat kabar setempat dan dalam jaringan.

Student Job Search membantu mahasiswa menemukan pekerjaan saat liburan musim panas untuk sementara atau paruh waktu. Situs ini didanai oleh asosiasi mahasiswa, institusi pendidikan tinggi, dan pemerintah, dan dikelola oleh asosiasi mahasiswa.

Di bawah kebijakan imigrasi Selandia Baru “Belajar untuk Bekerja”, mahasiswa internasional  yang telah berhasil menyelesaikan setidaknya tiga tahun belajar di Selandia Baru mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan visa bekerja hingga tiga tahun, setelah tamat kuliah mereka.

Apabila Anda ditawarkan pekerjaan yang relevan dengan kualifikasi Selandia Baru terbaru Anda dapat mengajukan visa kerja untuk dua tahun.  Kelayakan mendapatkan visa tergantung pada apakah pekerjaan Anda memenuhi syarat untuk memperoleh poin di bawah Skilled Migrant Category - kategori imigran terampil dari New Zealand Immigration Residence Policy.

Pekerjaan sukarela
Pekerjaan sukarela adalah cara sangat baik untuk mengenal orang lain di komunitas Selandia Baru dan untuk berteman. Selain itu, banyak mahasiswa bekerja secara sukarela agar dapat memperoleh keterampilan ekstra-kurikuler atau memperluas cakrawala budaya mereka. 

Peluang bekerja sukarela mungkin melibatkan bekerja dengan organisasi nirlaba atau suatu komunitas; atau membantu bisnis yang terkait pada studi mereka. Di Selandia Baru para sukarelawan dapat melakukan pekerjaan apa saja mulai dari proyek konservasi, menanam pohon, membantu petani, membersihkan pantai, bekerja di acara olahraga utama atau acara musik, atau membantu komunitas jompo.

Mungkin hanya sejam dalam seminggu, atau berkomitmen lebih sedikit, namun hal itu adalah kesempatan yang baik sekali agar mudah dikenali.  Mahasiswa dengan keterampilan dan pengalaman tambahan sering kali berkesan baik pada pemberi kerja potensial.

Institusi pendidikan Anda dapat juga mengiklankan peluang bekerja sukarela.

Baca lebih banyak tentang bekerja sukarela di sini.

 

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.