Informasi penting
Selandia Baru: Pendaftaran Universitas

SISTEM PENDIDIKAN TINGGI SELANDIA BARU

985

Hijau, hangat dan latar belakang yang mengesankan dari Lord of the Rings, Selandia Baru adalah salah satu negara OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) paling kuat dalam literatur, matematika dan sains. Memiliki sejumlah institusi yang menawarkan program-program mulai dari sertifikat vokasional hingga tingkat doktoral, kualifikasi Selandia Baru diakui oleh berbagai institusi tingkat tinggi di dunia.

 

 

JENIS INSTITUSI

 

Institutes of Technology and Polytechnics (ITPs)

ITPs menawarkan kualifikasi mulai dari sertifikat hingga tingkat pascasarjana yang berfokus pada bidang vokasi, pelatihan dan pendidikan terapan. Program-program juga mencakup penelitian terapan dan teknologikal.

 

 

Institusi Swasta

Terdapat lebih dari 600 institusi swasta di Selandia Baru yang menyelenggarakan berbagai program khusus dalam disiplin ilmu seperti bisnis, pariwisata dan desain. Serangkaian kualifikasi dan program pendidikan tinggi terakreditasi juga ditawarkan bagi mahasiswa.

 

 

Institusi Wānanga

Institusi ini menawarkan program-program yang diajarkan dalam semangat kebudayaan Māori. Pendidikan memiliki fokus praktikal, dengan ‘Māori kaupapa’ (dasar) dan ‘tikanga’ (kebudayaan yang kuat).  Mahasiswa didorong untuk mendekati studi mereka dengan pemikiran kritikal yang terdapat dalam nilai-nilai tradisional kebudayaan Māori.

 

 

Universitas

Terdapat delapan universitas yang didanai pemerintah di Selandia Baru, semuanya menawarkan program sarjana, master dan PhD untuk berbagai bidang studi.

 

 

SARJANA

 

Program gelar Bachelors di Selandia Baru biasanya berdurasi tiga tahun purna waktu, dan dapat diperpanjang jika perlu. Kredit nilai, program kuliah dan persyaratan masuk berbeda antara tiap universitas. Informasi ini dapat diperoleh dari situs universitas.

 

Para mahasiswa sarjana di Selandia Baru tidak perlu mengikuti pendidikan umum dalam perkuliahan sarjana. Sejak semester pertama, mahasiswa dapat langsung mengambil mata kuliah yang relevan dengan jurusan mereka. Misalnya mahasiswa mengambil program kuliah gelar Bachelor of Science (BSc) jurusan Anatomi. Maka dari semester pertama mahasiswa langsung mengambil mata kuliah yang berhubungan dengan anatomi, dan tidak perlu mengambil mata kuliah umum seperti Bisnis, Akuntansi, Marketing, Manajemen dan sejenisnya.

 

Double Degrees

Mahasiswa juga dapat mengejar gelar ganda pada saat yang bersamaan, tergantung institusi dan bidang studi yang ingin diambil. Biasanya program gelar ganda membutuhkan waktu empat hingga lima tahun purna waktu.

 

Honours

Gelar Honour di Selandia Baru ditawarkan untuk tingkat sarjana dan pascasarjana. Akan tetapi, bagi mahasiswa sarjana yang ingin melanjutkan ke S2 dapat memperpanjang kuliah S1 (gelar Honours) selama satu tahun lagi, dan kemudian memasuki perkuliahan S2 tahun kedua.  

 

Untuk tingkat sarjana, gelar Honours adalah kualifikasi tambahan dari gelar S1. Mahasiswa dapat mendaftar untuk Honours sebelum perkuliahan S1 selesai, jadi begitu lulus, mahasiswa akan mendapatkan tambahan gelar ‘Hons’ di belakang gelar S1. Contohnya: Bachelor of Commerce (BCom) (Hons).

 

 

PASCASARJANA

 

Institusi-institusi Selandia Baru menawarkan kualifikasi pascasarjana baik untuk program Master dan PhD. Setelah menyelesaikan tahun honours di tingkat pascasarjana, mahasiswa dapat menyelesaikan satu tahun lagi di tingkat Master untuk mendapatkan gelar Master. Program-program Master ditawarkan untuk berbagai bidang studi, dan memiliki fokus yang lebih spesifik daripada tingkat sarjana.

 

Semua mahasiswa Master diminta untuk menyelesaikan tugas penelitian yang mendalam, antara 10,000-40,000 kata. Tergantung panjang penulisan, tugas ini akan disebut disertasi atau tesis, dan berfokus secara spesifik pada bidang studi yang diikuti.

 

Mahasiswa juga dapat menyelesaikan Diploma Pascasarjana atau Sertifikat tingkat Pascasarjana. Program-program tersebut adalah program berdurasi satu tahun bagi mahasiswa yang ingin mempelajari bidang yang berbeda dari jurusan Sarjana, dan dalam beberapa kasus dapat dihitung untuk kredit mengambil gelar Master.

 

Sejumlah program PhD juga tersedia bagi para mahasiswa doktoral.

 

 

KEBUDAYAAN AKADEMIS

 

Terispirasi oleh kebudayaan akademis di Australia dan Inggris, institusi-institusi di Selandia Baru mengharapkan mahasiswa untuk mengambil inisiatif  dalam studi dan mengatur beban kuliah secara independen. Mahasiswa didorong untuk untuk melihat suatu hal secara lateral dan menemukan solusi dengan menggunakan apa yang telah dipelajari dalam kelas.

 

Tergantung bidang studi yang dipilih, kelas-kelas dapat berupa kelas kuliah, laboratorium, workshop, seminar atau kelompok tutorial. Para dosen akan memberikan tugas membaca atau pemahaman setiap minggu supaya mahasiswa dapat membaca terlebih dahulu materi yang akan disampaikan minggu berikutnya. Tugas ini tidak dinilai, tujuannya adalah supaya mahasiswa mempunyai gambaran mengenai materi yang akan disampaikan minggu berikutnya. Biasanya dosen akan menanyakan pendapat atau pemikiran mahasiswa mengenai topik yang dibahas.

 

Mahasiswa diminta untuk memonitor dan menjaga tingkat kredit mereka, serta beban tugas dan memenuhi tuntutan akademis.

Mencari jurusan

Selandia Baru
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS