Informasi penting
Singapura: Prospek Karir - Wajib dibaca

BEKERJA SETELAH LULUS KULIAH DI SINGAPURA

5713

BACA PEDOMAN KAMI UNTUK KEHIDUPAN SETELAH KELULUSAN BAGI MAHASISWA INTERNASiONAL DI SINGAPURA

Banyak yang bisa Anda lakukan selama Anda tinggal di Singapura setelah Anda lulus kuliah. Selain sebagai salah satu pusat perdagangan terbesar di dunia, Singapura juga memiliki ikatan kuat internasional dan menawarkan lulusan baru banyak kesempatan untuk pekerjaan professional. Dengan lingkungan yang mendukung bisnis dan politik yang stabil, dimana lagi Anda bisa mendapatkan tempat yang lebih baik untuk memulai karir Anda?

 

Seperti apa kesempatan kerja bagi para lulusan?

Dengan lokasi yang unik, Singapura sangat bergantung pada ekspor untuk mempertahankan ekonominya. Berada pada jalur perdagangan terpenting di kawasan Asia Tenggara dan dikelilingi pelabuhan laut dalam, Singapura adalah pusat perdangangan dan logistik. Walaupun pertumbuhan ekonomi melambat pada catur wulan pertama tahun 2014, Singapura diprediksi tetap stabil dan akan berkembang di periode berikutnya. Singapura tetap memiliki tingkat pengangguran yang rendah dan prospek karir yang baik.

Elektronik adalah industri terpenting di Singapura, menjadi kontributor utama bagi pertumbuhan ekonomi negara dan mempekerjakan 80,000 tenaga kerja: 19% dari keseluruhan tenaga kerja di bidang industri. Mahasiswa jurusan Teknik ElektroICTTeknik Mesin, Sains dan Teknologi diberikan pilihan karir yang banyak, juga kesempatan untuk berhubungan dengan salah satu sektor industri paling inovatif di dunia.

Merupakan salah satu dari empat ‘Macan Asia’, Singapura juga merupakan pusat perbankan dan keuangan di Asia Tenggara. Pertumbuhan ekonomi di sektor ini menambah permintaan tenaga kerja professional, mendorong perusahaan mencari tenaga kerja asing untuk memenuhi kebutuhannya. Mahasiswa KeuanganAkuntansi dan Manajemen Bisnis akan mendapatkan tantangan mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian mereka.

Singapura juga menjadi yang terdepan dalam sektor telekomunikasi, wisata, perdagangan, petro kimia dan konstruksi, masing masing menawarkan prospek yang baik bagi mahasiswa Media dan Komunikasi, PerhotelanWisataLogistikHubungan InternasionalTeknik SipilTeknik Bio KimiaTeknologi dan Sains.

Banyak perusahaan multinasional memiliki kantor di Singapura, seperti BO, Boston Consulting Group, Shell, Phillips dan Sinochem International Oil.

 

Dapatkah saya tinggal di Singapura?

Jika Anda kuliah di salah satu Institut atau Pendidikan Tinggi di Singapura, makan Anda berhak untuk mendapatkan satu tahun visa sosial. Ini berarti Anda memiliki waktu sampai dengan satu tahun setelah kelulusan untuk mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan ijin kerja jika Anda ingin tinggal di Singapura.

Tipe ijin kerja yang Anda butuhkan bergantung pada pendapatan yang Anda peroleh, dan sebagai lulusan maka Anda sepertinya membutuhkan ‘S Pass’. Sayangnya, hanya perusahaan yang mempekerjakan Anda dapat membantu Anda mendapatkan ‘S Pass’ yang berarti Anda harus memperoleh pekerjaan terlebih dahulu untuk dapat tinggal di Singapura setelah masa berlaku visa pelajar Anda habis. Setelah Anda mendapatkan pekerjaan, perusahaan akan membantu Anda dalam proses aplikasi Anda.

Jika Anda mendapatkan pekerjaan (dengan penghasilan per bulan lebih dari SGD @ 3,300) makan Anda berhak untuk mendapatkan Employment Pass (EP). Seperti halnya dengan S Pass, perusahaan Anda yang akan membantun Anda mengurus ijin tersebut.

Apapun ijin Anda, perusahaan Anda perlu mendaftarkan aplikasi tersebut untuk Anda, dan membutuhkan data pribadi seperti passport dan kewarganegaraan. Jika ini adalah aplikasi pertama Anda untuk ijin kerja maka perusahaan memerlukan pula Declaration of Business Activity ke MOM. Bergantung pada sektor Anda bekerja, perusahaan mungkin memiliki kuota tenaga kerja asing yang diperbolehkan, dan ini memastikan Anda terhitung didalam kuota tersebut. Anda dapat menemui informasi lebih tentang aplikasi ijin kerja di Website MOM.

 

Cara mencari kerja?

Paling bagus untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Anda perlu mencari di surat kabar, mengunjungi, pekan karir, website dan papan lowongan kerja, seperti halnya melihat di Singapore Business Directorythe Business Times atau Singapore Yellow Pages untuk mendapatkan ide tentang perusahaan dan organisasi berbeda yang mungkin menjadi dambaan Anda. 

Bahkan jika Anda bukan mahasiswa di Singapore National University,Nanyang Technological University atau Singapore Management University, Anda tetap dapat menghadiri pekan karir yang mereka adakan. Anda juga perlu melihat Career and Education website untuk informasi tentang pekan karir nasional. 

Cara termudah untuk memulai adalah mebaca bagian nasional di Singapura: apa yang sedang terjadi di industri Anda, dan tenaga kerja professional bidang apa yang sedang dibutuhkan? The Online Citizen,Bloomberg Singapore dan Singapore Economic Development Board adalah permulaan terbaik, sementara Contact Singapore adalah tempat dimana anda bisa mendapatkan informasi spesifik tentang industri yang Anda inginkan.

Anda juga dapat langsung mencari pekerjaan menggunakan search engine seperti JobStreetJobsDB Singapore dan JobsCentral Singapore

 

Dapatkah Universitas saya membantu?

Universitas Anda akan selalu membantu Anda dalam beberapa cara, memberikan Anda nomor perusahaan atau organisasi yang bisa Anda hubungi, atau memberikan nasihat bagaimana Anda memulai mencari pekerjaan. Sebagai contoh, National University of Singapore memiliki pusat karir yang membantu mahasiswa mendapatkan pekerjaan ataupun magang secara online, dan juga menyediakan nasihat, ataupun informasi tentang pekan karir. Adalah ide yang baik untuk menghubungi layanan mahasiswa di universitas Anda sebelum kelulusan untuk membantu Anda mendapatkan rencana awal setelah Anda lulus nantinya.

Sekarang jika Anda telah mengetahui kehidupan setelah kelulusan tidaklah menakutkan, cobalah untuk melihat kursus di Singapura dan memulai perencanaan awal perjalanan kuliah Anda.

 

Tautan berguna

3 Bidang Kuliah Yang Patut Dipelajari Di Singapura

Semua Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Kuliah Di Singapura

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca