Informasi penting
Singapura: Prospek Karir - Wajib dibaca

Kerja di Singapura

27107
Di awal tahun 2012, Pemerintah Singapura memperkenalkan persyaratan baru untuk pembuatan visa dalam rangka membatasi jumlah pekerja asing di Singapura. Walaupun begitu tetap tersedia lowongan kerja bagi para mahasiswa yang lulus dari universitas Singapura dan ingin bekerja disana.
 
Dispensasi Ijin Kerja (Work Pass Exemption)
Walau tidak ada visa spesifik bagi para lulusan, para pelajar biasanya bisa memperoleh Work Pass Exemption selama mereka menunggu kelulusan mereka. Dispensasi ini hanya berlaku bagi institusi tertentu – seperti yang dinyatakan oleh situs Departemen Ketenagakerjaan. Begitu jatuh tempo, para lulusan tetap harus mengikuti prosedur normal untuk memohon visa kerja.   
 
Keahlian-keahlian yang banyak diminta (Skills in Demand)
Daftar di bawah ini merupakan area yang ditentukan oleh Pemerintah Singapura sebagai keahlian dengan permintaan tinggi di pasar kerja Singapura. Jika Anda adalah lulusan dari bidang tersebut, maka kemungkinan Anda untuk memperoleh visa akan lebih besar, walaupun Anda belum memiliki tawaran pekerjaan.
  • Manufaktur
  • Konstruksi
  • Layanan Kesehatan
  • Keuangan
  • Komunikasi Informasi & Media Digital
  • Pariwisata dan Retail
Untuk informasi mendetil, silahkan kunjungi situs Pemerintah Singapura.
 
Work Permit
Visa ini mengharuskan warga asing yang ingin bekerja di Singapura untuk memiliki tawaran kerja dari perusahaan Singapura terlebih dahulu sebelum mengajukan permohonan visa. Perusahaan tersebut harus meminta ijin dari pemerintah untuk memperkerjakan Anda. Untuk proses lebih lanjut silahkan baca disini.
 
S Pass
Visa ini diperuntukkan bagi pekerja asing yang memiliki keahlian tingkat menengah, misalnya: teknisi. Setiap pengajuan dinilai berdasarkan:
  • Gaji minimal SGD$2,000 per bulan
  • Kualifikasi pendidikan
  • Jenis pekerjaan
  • Lama pengalaman kerja
 
Para pemohon visa S Pass kemungkinan besar akan diterima jika keahlian mereka termasuk dalam kategori Skills in Demand. Klik disini untuk informasi lebih lanjut tentang S Pass.
 
Employment pass
Bagi warga asing yang memiliki tawaran kerja dari perusahaan Singapura bisa memohon Employment pass
Berbeda dengan visa jenis lainnya, visa ini memungkinkan lulusan baru yang memohon pass tipe Q1 untuk mendapatkan gaji sebesar SGD$3,000 per bulan. Sama dengan visa lainnya, jika Anda adalah lulusan dari bidang Skills in Demand, permohonan visa Anda kemungkinan besar akan diterima. Pemerintah Singapura memiliki situs dimana Anda bisa mengambil ujian yang mengindikasikan jika Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan visa.
 

 

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS