Informasi penting
Singapura: Info Negara Tujuan

BEKERJA PART-TIME DI SINGAPURA

7255

 

Institusi pendidikan tinggi di Singapura semakin menunjukkan prestasinya di dunia pendidikan. Di THE Asia University Rangkings tahun 2015, National University of Singapore (NUS) bahkan menempati peringkat ke-2. Hal ini tentunya menarik banyak minat dari para mahasiswa internasional, khususnya yang di Asia. Bagaimanakah lowongan kerja part time bagi mahasiswa internasional di Singapura? Mari kita bahas lebih lanjut…


Kehidupan di Singapura

Satu hal yang istimewa dari Singapura adalah pemerintahan yang sangat efektif. Warga di sana sangat bangga akan negara mereka, dan sangat mematuhi hukum dan peraturan. Pemerintah juga menjamin warganya mendapatkan pelayanan, fasilitas dan kesejahteraan yang terbaik. Hal ini membuat Singapura sebagai salah satu negara teraman di dunia.


Part time di Singapura

Sesuai dengan peraturan dari Immigration and Checkpoints Authority (ICA), sewaktu semester berjalan, mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja selama 16 jam per minggu. Untuk dapat melebihi batas waktu tersebut, diperlukan work permit (ijin kerja).


Jenis pekerjaan yang popular bagi mahasiswa:

  • Data-entry operator – cocok bagi Anda yang mahir mengetik
  • Pelayan restoran – membutuhkan banyak tenaga
  • Jika Anda ahli memasak, Anda dapat menjadi asisten koki; terutama di restoran-restoran masakan Asia, Muslim, atau Indonesia.
  • Jika Anda menguasai bahasa asing, misalnya bahasa Jepang, Jerman, Perancis dan lainnya, Anda bisa mencari pekerjaan sebagai penerjemah, dan mendapatkan bayaran yang lumayan tinggi. Dalam kampus juga menawarkan banyak pekerjaan, mulai dari pekerjaan administrasi (misalnya meng-input nama mahasiswa baru), atau bekerja di perpustakaan, dan lainnya
  • Careers Team di universitas juga dapat memberikan informasi lowongan kerja yang tersedia.
  • Kafe, restoran, dan supermarket juga merupakan tempat-tempat yang sering memperkerjakan mahasiswa.
  • Freelance – Di Singapura terdapat banyak lowongan freelance untuk desainer grafis dan programmer. Selama Anda memiliki laptop dan koneksi internet yang bagus, pekerjaan freelance ini sangat bagus, karena memberikan waktu yang fleksibel dan pemasukan yang tinggi.

 

Bayaran

Tinggi rendahnya bayaran tergantung jenis pekerjaan. Selain gaji, tergantung pekerjaan, mahasiswa juga bisa mendapatkan keistimewaan lain. Misalnya jika bekerja di restoran, makan malam akan ditanggung majikan. Jika bekerja di supermarket, majikan akan memberikan diskon khusus, atau bahkan gratis. Semua ini tergantung tempat kerja. Pendapatan dari pekerjaan part time mahasiswa berkisar antara $1000 hingga $2500 per bulan.

 

 

Baca juga:

Biaya kuliah di Singapura

Biaya hidup di Singapura

3 bidang kuliah yang patut dipelajari di Singapura

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS