Informasi penting
Singapura: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Semua yang Perlu Kamu Ketahui untuk Kuliah di Singapura

53715

Mau tahu tentang jenis program kuliah, institusi, proses pendaftaran, biaya hidup mahasiswa dan hiburan di Singapura? Halaman ini memuat informasi ringkas seputar hal-hal tersebut.

Berbagai program kuliah yang bisa dipilih
Pendidikan lanjutan (post-secondary) memberikan sertifikat dan diploma untuk pendidikan yang terutama diperoleh di Politeknik dan Institusi Pendidikan Swasta hingga pendidikan tinggi setingkat Sarjana (S1), Pascasarjana / Master (S2), dan Doktor (S3).

Anda bisa melihat daftar program pendidikan yang tersedia di institusi pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi di sini di situs Hotcourses.

Apa sajakah jenis institusi pendidikan yang ada di Singapura?
Sektor Pendidikan Tinggi di Singapura terdiri dari 4 universitas lokal, 5 politeknik dan sejumlah Private Education Organisations (PEIs) atau Institusi Pendidikan Swasta. Selain itu, Singapura memiliki banyak institusi pendidikan kelas dunia seperti French university - INSEAD, Massachusetts Institute of Technology, dan US business schools seperti University of Chicago Graduate School of Business.

Untuk memastikan bahwa PEIs di Singapura menjaga standar kualitas yang tinggi dan praktik bisnis yang baik, telah dibentuk Dewan Pendidikan Swasta atau Council for Private Education (CPE). Semua PEI di Singapura harus memperhatikan kerangka pendaftaran yang ditingkatkan atau Enhanced Registration Framework (ERF) untuk bisa mendaftar ke CPE. Ini menjamin bahwa PEI di Singapura memenuhi standar pendaftaran tertentu dan kewajiban legislatifnya untuk melindungi kebutuhan mahasiswa yang mendaftar ke pusat pendidikan mereka. Mereka juga diwajibkan untuk mendapatkan sertifikasi dari EduTrust jika mereka menerima mahasiswa internasional. Klik di sini untuk mengetahui institusi-institusi yang diakreditasi oleh CPE.

Proses Pendaftaran
Begitu Anda telah menetapkan pilihan program kuliah dan institusi, Anda harus mengajukan aplikasi secara langsung ke universitas atau perguruan tinggi tersebut. Anda bisa mendapatkan formulir pendaftaran di situs institusi dengan mengklik tautan (link) situs institusi pendidikan yang Anda minati dari situs kami. Anda juga bisa mengirimkan berbagai pertanyaan khusus melalui email dari situs web Hotcourses.

Proses mendapatkan visa
Mahasiswa internasional wajib mengajukan permohonan untuk mendapatkan visa yang disebut Student Pass (kartu izin tinggal mahasiswa) untuk belajar di Singapura. Kecuali mereka yang memegang Dependent Pass (DP) atau Immigration Exemption Order (IEO).

Permohonan untuk mendapatkan Student Pass dapat diajukan ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Persyaratan dan prosedur untuk mengajukan Student Pass berbeda-beda, tergantung pada jenis  institusinya.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Biaya hidup mahasiswa
Standar hidup di Singapura termasuk di antara yang tertinggi di Asia. Namun, dibandingkan dengan negara-negara barat, biaya hidup di sini relatif rendah, dan harga kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian sangat wajar.

Jika Anda pindah ke apartemen tanpa perabot (kosong), Anda harus membeli barang-barang seperti kulkas, mesin cuci, dan mebel lainnya. 


Pengeluaran terbesar Anda adalah uang kuliah Anda, diikuti oleh biaya akomodasi dan makan. Seorang mahasiswa internasional di Singapura, rata-rata, cenderung mengeluarkan  sekitar S$750 sampai S$2,000 per bulan untuk biaya hidupnya. Tentu saja jumlah ini bervariasi, bergantung pada gaya hidup dan program kuliah Anda.

Anggaran untuk hiburan
Berbelanja dapat dikatakan merupakan hiburan pengisi waktu nasional di Singapura, namun pusat-pusat perbelanjaan yang luar biasa besarnya dan butik di sepanjang Orchard Road menawarkan banyak barang dengan harga yang mungkin tidak sesuai dengan anggaran seorang mahasiswa. Sebagai gantinya, kunjungilah pasar-pasar barang bekas (flea markets). Lime Flea market diselenggarakan Sabtu kedua dan keempat setiap bulan, menjual pakaian antik dan aksesoris buatan tangan desainer, Clark Quay juga mengadakan pasar rapih menjual berbagai perhiasan kecil pada hari Minggu dan Thieves Market yang terkenal pada hari Minggu juga layak dikunjungi karena orang cenderung menjajakan semuanya dan apa saja yang ada di sini, dan Anda bisa beruntung mendapatkan barang bagus dengan harga murah!

Pergi ke bioskop juga merupakan kegiatan yang gemar dilakukan masyarakat di Singapura, dan harga tiketnya biasanya sangat terjangkau, sekitar S$10. Ada semua film Hollywood yang biasa beredar, tetapi ada juga film China, Jepang, dan Korea pilihan dengan terjemahannya dalam bahasa Inggris.

Kegiatan pengisi waktu nasional lainnya bagi penduduk setempat adalah makan-makan. Kunjungilah Chinatown dan Little India untuk menyicipi berbagai makanan Asia paling asli dan terjangkau harganya yang dapat Anda temukan di Singapura. Selain itu, jangan lewatkan Singapore Food Festival atau Festival Makanan Singapura. Acara ini diadakan setiap tahun pada bulan Juli dan menampilkan masakan Singapura terbaik; pastikan Anda berkeliling mendapatkan kupon gratis untuk mencoba kepiting pedas Singapura yang sangat terkenal!

Bagi para pecinta pesta, kehidupan malam Singapura tidak akan mengecewakan. Beberapa klub buka sepanjang malam karena memiliki izin buka 24 jam sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan tempat untuk berdansa hingga dini hari. Di Singapura juga terdapat Zouk, klub malam kelas dunia yang selalu ramai pengunjung (artis-artis selebriti yang sedang melakukan tur sering kali terlihat di sini). Pemandangan kehidupan malam kebanyakan terpusat di tiga Dermaga - Boat, Clarke dan Robertson; terdapat pula berbagai klub dan bar di Chinatown, Sentosa, dan di dekat Pembangkit Tenaga Listrik St James. Yang tidak boleh dilewatkan untuk merasakan gaya kehidupan malam Singapura adalah karaoke! Terdapat banyak sekali bar karaoke di sekitar kota dan pada umumnya, Anda hanya akan mengeluarkan sekitar S$30 per jam untuk sebuah kamar karaoke pribadi.

Cara membuka rekening bank
Membuka sebuah rekening bank di Singapura sangatlah mudah. Untuk melakukannya Anda harus membawa setoran awal (biasanya S$100) jika Anda berusia di bawah 21 tahun, dan Student Pass (kartu izin tinggal mahasiswa) atau surat penerimaan dari institusi pendidikan Anda. Anda akan mendapatkan sebuah kartu ATM sehingga Anda dapat mengambil uang dari mesin-mesin ATM di sekitar kota, fasilitas ini juga mengizinkan Anda membayar melalui NETS (sistem pembayaran non tunai Singapura).

Pekerjaan paruh waktu
Mahasiswa internasional pada umumnya tidak diizinkan bekerja di Singapura. Ini mencakup pekerjaan berbayar atau tidak berbayar (sukarela) selama mereka memegang Student’s Pass (Kartu Izin Tinggal Mahasiswa) yang masih berlaku. Jika Anda melanggar ketentuan ini, Anda berisiko untuk dituntut. Ada beberapa pengecualian untuk peraturan ini. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak silakan klik di sini.

Untuk informasi lebih rinci Anda juga bisa menghubungi Kementerian Tenaga Kerja atau Ministry of Manpower (MOM).

Pekerjaan sukarela
Pekerjaan sukarela dianggap sebagai pekerjaan tidak berbayar dan, dengan demikian tidak diizinkan di Singapura untuk para mahasiswa internasional saat mereka masih memegang Student’s Pass.

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.