Informasi penting
Singapura: Info Negara Tujuan

Tips perjalanan dan kesehatan di Singapura

1151

Singapura adalah salah satu pusat transportasi terbesar di Asia, yang berarti para mahasiwa dapat ke mana pun dengan mudah, dengan penerbangan yang relatif murah menghabiskan akhir pekan dengan menghabiskan waktu di pantai pulau tropis dengan pemandangan sempurna bagaikan lukisan di Kamboja, Thailand, atau Indonesia; atau menjelajahi berbagai budaya di sekitar China, India, dan Malaysia.

Singapura adalah negara yang sangat aman, bahkan dapat dikatakan yang paling aman di Asia Tenggara. Para wanita sangat dihormati dan kejahatan berat pada praktiknya tidak dikenal di sini dikarenakan hukuman berat yang diberlakukan. Hukuman mati masih berlaku untuk para penyelundup narkoba, bahkan jika membuang sampah di jalan, Anda akan didenda S$1,000. Meskipun begitu, masih ada laporan mengenai kasus kejahatan ringan seperti pencopetan, jadi selalu pastikan bahwa Anda menjaga barang berharga Anda.

Berkeliling di Singapura
Sistem transportasi publik Singapura yang luar biasa, yang dikenal dengan nama MRT (atau SMRT), membawa masyarakat berkeliling negara kota ini. Terdapat 79 stasiun kereta dan jaringan Light Rail Transit (LRT), layanan bus dan taksi, yang berarti seluruh negara dilayani oleh satu sistem angkutan terpadu yang efisien. Silakan melihat tautan-tautan (link) di bawah untuk mendapatkan jadwal perjalanan, tiket, dan pemesanan.

Kartu perjalanan dan cara menghemat biaya perjalanan
Ketika melakukan perjalanan di Singapura, kartu bea perjalanan dapat dibeli dari TransitLink Ticket Office atau Kantor Tiket TransitLink di tempat-tempat perhentian MRT. Ini adalah smartcard (kartu pintar) tanpa kontak yang dapat digunakan di bus, MRT dan LRT untuk menghemat biaya transportasi. 

Mahasiwa purnawaktu (full time) yang berusia di bawah 21 tahun memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu ITE Student Concession yang memberikan potongan harga untuk perjalanan naik MRT. Ada beberapa batasan, jadi bukalah situs web TransitLink untuk mendapatkan informasi detil mengenai pemesanan tiket dan tarif.

Ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, para mahasiswa asing dapat menghemat biaya perjalanan; pastikan Anda bertanya kepada agen perjalanan ketika melakukan pemesanan. STA travel berspesialisasi dalam penyediaan penerbangan murah dan untuk liburan bagi mahasiswa.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memperoleh kartu ISIC yang memberi Anda hak mendapatkan penghematan dengan beberapa biro perjalanan dan toko-toko lain di Singapura.

Menjaga kesehatan
Setelah Anda tiba di Singapura Anda harus mendaftar ke dokter setempat. Mahasiswa tidak diharuskan untuk memiliki asuransi kesehatan, namun biaya perawatan medis bisa jadi sangat mahal sehingga sangat disarankan untuk memiliki semacam asuransi kesehatan saat belajar di Singapura.

Situs web Kementerian Kesehatan, Dinas Layanan Kesehatan memberikan informasi khususnya bagi para pasien internasional; klik di sini untuk membaca lebih lanjut.

Jika terjadi keadaan darurat, panggillan nomor 999 untuk layanan polisi, dan 995 untuk layanan medis dan kebakaran.

Tautan (link) situs perjalanan
Berikut ini adalah beberapa tautan yang bermanfaat untuk mengatur akomodasi dan perjalanan Anda di Singapura:

Situs SMRT – informasi semua transportasi di negara Singapura

ISTCInternational Student Travel Confederation (Konfederasi Perjalanan Mahasiswa Internasional)

Kartu ISIC

STA travel

Tautan-tautan ini akan membantu Anda saat melakukan pemesanan tiket penerbangan di Asia Tenggara;

Air Asia

Tiger airways

Singapore airlines

 

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.