Informasi penting
Singapura: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

MELAKUKAN PENDAFTARAN KULIAH DI SINGAPURA

19889
Singapura secara konsisten terus membuktikan peningkatan baik pada grafik global yakni mengenai keunggulan dan inovasi akademis, hal ini menjadikan Singapura sebagai negara tujuan mahasiswa internasional. Di antaranya peringkat 10 terbaik adalah menjadi yang terbaik pada jurusan hukum, ilmu komputer, tehnik mekanik, akuntansi dan keuangan, berkuliah di salah satu universitas Singapura merupakan pengalaman akademis yang tak ternilai. Namun sebelum Anda berencana memesan tiket pesawat, penting bagi Anda untuk mengerti bagaimana proses pendaftaran untuk berkuliah di Singapura. Mari kita mulai detail penjelasannya.
 
Mencari Informasi
 
Tidak ada istilah “terlalu siap”. Anda tidak akan pernah terlalu awal untuk mulai mencari segala informasi mengenai universitas potensial yang akan menjadi tempat Anda menuntut ilmu, dan dibutuhkan waktu dalam mendapatkan izin dari pihak-pihak yang berwenang, mahasiswa disarankan untuk memulai proses pendaftaran perizinan setidaknya satu tahun akademik sebelum tanggal perkuliahan mulai diadakan. Sektor pendidikan Singapura dikenal akan tingkat internasionalnya, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk menemukan segala sumber mengenai mata kuliah yang setara dan pilihan jurusan yang tepat.
 
Singapura memiliki proporsi jumlah mahasiswa internasional yang tinggi, yang tentu saja melewati proses pendaftaran penerimaan serupa dengan yang akan Anda lakukan. Selain mencari informasi pada prospektus universitas, Anda juga disarankan untuk mencari resensi mahasiswa, video testimoni, dan forum-forum yang berisikan tips orang dalam dan saran mengenai apa yang diharapkan. Sebagai contoh, diskusi-diskusi online mengenai pilihan jurusan dan cakupannya yang mungkin dapat membantu Anda.
 
Penerimaan dan Batas Waktu Akhir
 
Proses penerimaan ditangani langsung oleh masing-masing universitas di Singapura, sehingga cenderung berbeda-beda tergantung dari persyaratan universitas yang bersangkutan. Bagaimanapun secara umum terdapat tiga periode penerimaan utama di Singapura: Februari/Maret, Juli/Agustus, dan Oktober/November. Tahun akademik Singapura dimulai pada bulan Agustus dan berjalan hingga sekitar bulan Mei.
 
Periode penerimaan utama bagi universitas yang didanai pemerintah adalah bulan Agustus, dengan penerimaan tengah tahun pada bulan Februari. Biasanya politeknik memiliki periode penerimaan sendiri yakni pada bulan April dan September, sementara universitas swasta memiliki beberapa tanggal penerimaan tergantung dari jurusan. Rata-rata pendaftaran membutuhkan waktu dua sampai empat minggu untuk diproses.
 
Beberapa universitas memiliki batas waktu akhir yang berbeda-beda berdasarkan kriteria tertentu. Contohnya batas waktu akhir pendaftaran program sarjana di Nanyang Technological University berbeda bagi mahasiswa yang memiliki sertifikat International Baccalaureate (IB). Setiap universitas memiliki kantor pendaftaran yang akan menyediakan informasi sepenuhnya mengenai persyaratan lengkap dari pendaftaran Anda.
 
Persyaratan Masuk
 
Memasuki dunia perkuliahan adalah dimana Anda pertama kali ditinjau dari segi akademis, dan bergantung pada kualifikasi akademis yang Anda miliki. Karena perkuliahan dilakukan menggunakan bahasa Inggris, maka mahasiswa diwajibkan untuk fasih berbahasa Inggris, pembuktian dilakukan dengan nilai ujian IELTS, TOEFL atau PTE. Mahasiswa yang memiliki nilai IELTS perlu mengetahui bahwa validitas nilai ujian mereka hanya berlaku selama tiga tahun setelah tanggal ujian dilakukan, dan harus diperiksa kembali apakah nilai tersebut masih berlaku pada saat Anda mengajukan pendaftaran.
 
Mahasiswa seringkali dibutuhkan untuk mengumpulkan surat pengalaman kerja dan surat-surat identifikasi lainnya sebagai bukti, seperti fotokopi paspor atau surat izin mengemudi. Merupakan hal yang umum bagi mahasiswa bila diminta mengumpukan surat rekomendasi dari dosen atau atasan mereka sebelumnya. Pada beberapa universitas, seperti National University of Singapore, calon mahasiswa tidak diperkenankan bila merupakan mahasiswa dari universitas lainnya pada saat mengajukan pendaftaran, sementara universitas lainnya memiliki persyaratan yang berbeda-beda tergantung dari asal negara Anda. Sanksi tertentu dapat diganjar, maka dari itu Anda perlu memeriksa kembali dan mengkonfirmasi dengan kantor pendaftaran di universitas yang bersangkutan.
 
Bagi Anda yang berencana mendaftar pada program pascasarjana, diwajibkan telah menyelesaikan pendidikan S1 pada jurusan yang berhubungan, dan seringkali perlu mengumpulkan proposal penelitian jika Anda mendaftar pada jurusan yang berbasiskan penelitian. Mahasiswa yang akan mendaftar pada jurusan farmasi atau hukum juga wajib mengikuti uji bakat tambahan.
 
Setelah Anda menerima jawaban dari universitas, Anda dapat mengajukan aplikasi untuk surat izin kuliah di Singapura.
 
Pelajari lebih detail mengenai visa pelajar Singapura.
 
Tips Pendaftaran
 
Penerimaan oleh universitas Singapura sangat ketat, mahasiswa disarankan untuk meluangkan banyak waktu untuk pendaftaran. Kebudayaan akademik di Singapura menggunakan pendekatan umum dan holistik dalam pendidikan, dengan perubahan nasional terbaru yakni mengenai pentingnya nilai akhir sebagai indikator perkembangan mahasiswa. Mahasiswa disarankan untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai pendalaman ilmu dari jurusan yang mereka minati: apa keahlian praktek kerja nyata yang Anda harap dapat Anda kuasai melalui perkuliahan? Dan, lebih penting lagi, bagaimana perkuliahan dapat membantu Anda?
 
Departemen penerimaan mahasiswa setiap semesternya memproses ratusan pendaftaran, maka tiap jenis pengalaman kerja ataupun keahlian yang mendukung, sebaiknya Anda tunjukkan dengan menyebutkannya pada saat pendaftaran, agar surat pendaftaran Anda bernilai lebih dari yang lain.
 
Pencapaian akademik merupakan komponen yang paling didahulukan dari pendaftaran yang Anda ajukan, maka mahasiswa sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tambahan sebagai bagian dari proses, Anda seharusnya meluangkan waktu dan usaha semaksimal mungkin demi mendapatkan nilai yang memuaskan. Selain itu, sebuah surat pernyataan pribadi yang ditulis dengan kurang baik ataupun surat rekomendasi yang biasa-biasa saja juga dapat menghalangi jalan Anda: maka dari itu mahasiswa seharusnya memastikan bahwa semua elemen dalam pendaftaran sudah sangat mampu menunjukkan antusiasme Anda untuk berkuliah di universitas tersebut. 

Mencari jurusan

Singapura
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS