Informasi penting
Korea Selatan: Akomodasi Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi mahasiswa di Korea Selatan

803

Bingung mencari akomodasi sewaktu kuliah di Korea Selatan? Tidak lagi setelah kamu membaca panduan di bawah ini...

Kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkan tentang akomodasi pelajar di Korea Selatan, karena kebanyakan universitas akan membantu. Berikut ini adalah beberapa tipe akomodasi yang umum:

 

Asrama

Asrama adalah pilihan yang populer. Biasanya asrama menyediakan kamar, juga makanan, jadi sangat membantu mahasiswa yang tidak ingin memasak sendiri. Biasanya satu kamar ditinggali oleh tiga orang. Setiap kamar biasanya telah berperabotan lengkap. Kamar mandi terdapat di setiap lantai, atau tersedia di setiap kamar, tergantung pilihan yang ditawarkan universitas.

 

Asrama juga praktis karena sangat dekat dengan kampus. Akan tetapi setiap asrama memberlakukan peraturan yang wajib dipatuhi.

 

Biaya sewa tergantung paket makan, lokasi dan universitas. Biasanya berkisar antara £200 hingga £600 per semester. 

 

Goshiwon

Ini adalah kamar yang murah dan kecil. Goshiwon dapat disewa secara pribadi atau melalui universitas. Goshiwon biasanya berperabotan lengkap. Akan tetapi fasilitas yang tersedia bisa saja berbeda-beda antara tiap penyedia. Kamar mandi digunakan bersama dengan tetangga. Sama halnya dengan asrama, goshiwon juga memiliki beberapa peraturan yang wajib dipatuhi.

 

Biaya bervariasi tergantung kota dan universitas. Akomodasi di Seoul lebih mahal daripada di kota-kota kecil, biasanya adalah sekitar £220 per bulan.

 

Hasukjip

Hasukjip adalah akomodasi yang lebih tradisional, mirip dengan homestay, dan mayoritas dihuni oleh mahasiswa. Biasanya pemiliknya adalah para ajumma (ibu-ibu) yang menyediakan sarapan setiap pagi. Ini adalah pilihan yang menyenangkan bagi kamu yang tidak suka masak, dan ingin mengenal dan merasakan kebudayaan Korea.

 

Biasanya tersedia banyak Hasukjip di sekitar universitas. Harganya juga hampir sama dengan goshiwon, yaitu mulai dari  £220 per bulan.

 

Kamar, apartemen, rumah

Kamu juga dapat menyewa apartemen atau rumah di dekat kampus, hanya saja harga sewa akan lebih mahal daripada pilihan-pilihan di atas. Jika kamu tidak ada masalah dengan dana dan menginginkan lebih banyak kebebasan dan privasi, ini adalah pilihan yang tepat. Biaya sewa per bulan adalah sekitar £780 per bulan, tergantung jenis akomodasi dan lokasi.

 

Biaya lainnya

Saat menghitung anggaran untuk akomodasi, jangan lupa untuk menganggarkan lebih untuk biaya lainnya. Tinggal di apartemen memerlukan biaya ekstra seperti biaya wifi, listrik dan makanan. Biaya transportasi juga perlu diperhitungkan.

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS