Informasi penting
Korea Selatan: Pendaftaran Universitas

6 HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI SEBELUM MENDAFTAR KULIAH KE KOREA SELATAN

444

Korea Selatan adalah salah satu negara Asia yang menjadi tujuan kuliah yang semakin menarik dan populer. Negara tersebut telah berada di radar banyak mahasiswa internasional karena menawarkan kualitas hidup yang tinggi, universitas dengan reputasi yang bagus, dan banyak program-program yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

 

Walaupun masih memegang teguh tradisi, Korea Selatan juga mengikuti kehidupan moderen. Kota-kota seperti Seoul, menawarkan lingkungan yang aman namun seru. Pemerintah Korea Selatan telah menentukan target 200,000 mahasiswa internasional menjelang tahun 2020 nanti. Dan negara ini juga terlihat memudahkan mahasiswa asing untuk kuliah di sini nantinya.

 

Kamu ingin mendaftar ke universitas di Korea Selatan? Ini ada 6 hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar:

 

1. Pemerintah Korea Selatan memberikan beasiswa bagi pelajar-pelajar Indonesia yang memenuhi syarat. 

 

3 BEASISWA DI KOREA SELATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Jika ingin kuliah S1 di Korea, kamu perlu mahir berbahasa Korea. Sebagian besar universitas mensyaratkan nilai TOPIK (Test of Proficiency in Korean), semacam TOEFL dan IELTS untuk Bahasa Inggris.

 

KLIK GAMBAR UNTK INFO LEBIH LANJUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Jika ingin kuliah S2 di Korea, tetap harus punya nilai TOPIK. Jika jurusan yang dipilih berkaitan dengan bahasa Inggris atau pendidikan bahasa Inggris, dosen akan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Tapi perlu diingat, para dosen adalah orang Korea, yang kebanyakan dari mereka memang bisa berbahasa Inggris, tapi tidak sempurna. Jadi, tetap disarankan kamu menguasai bahasa Korea sebelum memutuskan untuk kuliah di sana. 

 

4. Biaya hidup di Korea lebih murah jika dibandingkan dengan negara-negara barat. Pada umumnya, biaya kuliah setahun adalah sekitar 6,7 juta won (±Rp 76 juta). Untuk biaya sewa asrama adalah sekitar 700 ribu won (±Rp 8 juta). 

 

5. Mahasiswa internasional diperbolehkan bekerja part-time. Selain di kafe atau restoran, di beberapa universitas juga tersedia banyak lowongan kerja untuk mahasiswa. Kamu juga bisa mencoba pekerjaan seperti mengajar bahasa Inggris atau menjadi guru les orang asing jika kamu kebetulan pintar bahasa Inggris. 

 

 

6. Para Sanbae (kakak kelas) di Korea terkenal sangat ramah. Mereka bersedia mendengarkan keluh kesah, memberikan nasihat yang bakal membantumu, hingga traktir makan siang, minum, dan bahkan makan malam. Di Korea ini disebut dengan Neari Sarang atau descending love.

 

 

Jadi tambah pengen kuliah ke Korea Selatan? Berikutnya adalah mencari dan mendaftar ke universitas yang kamu inginkan.

Kamu bisa mencari program kuliah di sini:

 

KLIK GAMBAR UNTUK MENCARI PROGRAM KULIAH DI KOREA SELATAN

 

Kamu cukup memasukkan nama jurusan dan jenjang pendidikan yang diinginkan, kemudian klik icon search.

 

Setelah menemukan program yang kamu minati, kamu bisa memilih untuk kunjungi situs, kemudian mencari informasi pendaftaran di bagian 'admission'. Informasi yang perlu kamu temukan di sana adalah:

 

1. Batas akhir pendaftaran

 

2. Persyaratan mendaftar (misalnya nilai minimal, IPK minimal, skor TOPIK atau TOEFL minimal, dan dokumen-dokumen pendukung yang diminta)

 

3. Biaya kuliah

 

4. Informasi beasiswa jika kamu ingin mendaftar lewat jalur beasiswa

 

Jika ada pertanyaan, kamu juga bisa mengirimkan email ke detil kontak yang tertera di bagian 'contact us'.

 

 

 

 

http://www.bintang.com/success/read/2502243/ketahui-6-hal-ini-sebelum-daftar-kuliah-di-korea-selatan

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS