Informasi penting
Korea Selatan: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Mendaftar ke Universitas Korea Selatan

2543

Ingin kuliah ke Korea Selatan tetapi belum tahu cara mendaftar? Baca panduan khusus untuk mahasiswa internasional ini...

 

Mendaftar ke universitas di Korea Selatan cukum mudah, dan international office di setiap universitas bersedia membantu! Hampir semua universitas akan meminta mahasiswa internasional untuk mendaftar langsung seperti halnya mahasiswa Korea, daripada mendaftar secara online. Situs universitas adalah sumber informasi yang bagus.

 

Yang menguntungkan mahasiswa internasional adalah, program kuliah dalam Bahasa Inggris banyak tersedia di Korea Selatan, sehingga kamu tidak perlu fasih berbahasa Korea supaya dapat berkuliah di sana. Walau demikian, menguasai bahasa Korea tingkat dasar akan sangat membantu untuk beradaptasi di sana. Terdapat lebih dari 1,000 pilihan program kuliah yang ditawarkan oleh universitas-universitas Korea Selatan seperti Seoul National University dan Ewha Womens University, yang bisa kamu temukan dengan menggunakan alat pencarian di bawah ini. 

 

Dokumen-dokumen yang diperlukan sewaktu pendaftaran

  • Surat Rekomendasi dan Referensi Konselor
  • Fotokopi paspor
  • Certificate of Facts, keterangan Masuk dan Keluar, yang diterbitkan oleh pemerintah Korea
  • Dokumen-dokumen pendaftaran yang diminta universitas, biasanya termasuk personal statement
  • Bukti kelancaran berbahasa Inggris atau Korea, tergantung permintaan program yang dipilih

Mahasiswa internasional memerlukan visa untuk dapat berkuliah di Korea Selatan. Visa pelajar harus diurus sebelum memasuki Korea Selatan, dan biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan. Klik di sini untuk informasi pengajuan visa pelajar Korea! {insert hyperlink}

 

Kapan mendaftar

Universitas Korea sangat ketat dalam hal batas waktu pendaftaran. Jadi, jangan telat mendaftar!

Pendaftaran biasanya dimulai dari bulan Januari hingga Febuari, dan pengumuman penerimaan di bulan April. Beberapa program kuliah mewajibkan ujian kelancaran bahasa yang biasanya diadakan di bulan Agustus. Pastikan telah mengkonfirmasikan informasi tentang hal ini dengan universitas.  

 

Tips untuk mendaftar

  • Mulai persiapkan dokumen sekarang. Jika telah memutuskan untuk kuliah ke luar negeri, kamu perlu menyiapkan dokumen penting seperti paspor. Mulai persiapkan sesegera mungkin supaya punya cukup waktu untuk mempersiapkan pendaftaran dengan baik.
  • Hubungi international office di universitas. Jika kamu punya pertanyaan, mereka bisa membantu!
  • Perhatikan batas akhir pendaftaran. Seperti disebutkan sebelumnya, Korea sangat ketat terhadap batas akhir pendaftaran. Pastikan telah menyediakan dan mengirimkan semua dokumen yang diminta sebelum pendaftaran berakhir.
  • Daftar ke lebih dari satu universitasIni akan memperbesar peluang untuk diterima dan memberikan lebih banyak pilihan. 

Semoga berhasil!

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS