Informasi penting
Swedia: Before you leave

Ayo Kuliah ke Swedia!

1832

Ayo belajar ke Swedia!

Menurut Global Innovation Index (2014), Swedia menempati urutan ketiga setelah Swiss dan Inggris untuk negara paling inovatif. Bahkan dalam penggunaan teknologi informasi, Swedia menempati urutan pertama. 

Belajar ke luar negeri memang sudah menjadi impian sejak lama. Seiring dengan beberapa kegagalan dan runtuhnya harapan, membuatku untuk tidak berhenti menyerah. Justru membawaku terpacu membuka kesempatan setelah beberapa kali ditolak. Tentunya rasa syukur selalu terucapkan apapun kondisinya, apalagi saat kesempatan yang telah dinanti itu datang. Kaget, senang bercampur haru saat mendengar pengumuman diterimanya beasiswa ke luar negeri. Swedia merupakan tempat yang dipilihkan untukku menimba ilmu dan mengembangkan diri. Dan Tuhan memang memberikan tempat terbaik sesuai dengan kebutuhan masing-masing manusia. Berikut ulasan kenapa Swedia pantas untuk dijadikan tujuan belajar bagi mahasiswa Indonesia.

 

Kenapa Swedia?

Awalnya Swedia terasa asing di telingaku, aku sama sekali tidak tau keunggulan Swedia, karena memang pendidikan yang terkenal memang dari negara Eropa lain seperti Inggris, Belanda, Perancis atau Jerman. Aku menemukan Swedia karena universitasku yang sekarang ini memiliki program lintas-disiplin yang memang mengakomodasi kendalaku mendaftar beberapa universitas di negara Eropa lainnya. Selain itu menurut Global Innovation Index (2014) Swedia menempati urutan ketiga setelah Swiss dan Inggris dalam negara paling inovatif. Bahkan dalam penggunaan teknologi informasi, Swedia menempati urutan pertama. Bagi yang sudah tidak asing lagi dengan Skype dan Spotify, Swedia adalah negara penemunya. Selain teknologi, Swedia juga terkenal dalam bidang fashion, perabotan dan musik, seperti: IKEA, H&M, ABBA, Roxette, Avicii dan masih banyak lagi.

 

Bahasa

Dalam urusan bahasa, hampir 87% penduduk Swedia dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris, sehingga tidak menjadi kendala bagi mahasiswa asing. Sebagian besar program master di Swedia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Inilah yang menjadi keunggulan Swedia dibanding negara Eropa yang lain. Bagi yang ingin belajar bahasa Swedia, pihak kampus biasanya memberikan fasilitas belajar bahasa Swedia.

 

Mahasiswa Swedia

Berinteraksi dengan mahasiswa lokal memberikan tantangan tersendiri bagiku, karena mereka cenderung lebih tertutup dengan orang baru. Perlu waktu lebih lama untuk berinteraksi dengan mahasiswa lokalnya. Dengan terbatasnya interaksi sosial dengan mahasiswa lokal bukanlah suatu halangan, karena banyak mahasiswa asing lainnya yang belajar di Swedia, seperti mahasiswa Perancis, Jerman, Spanyol, Portugal dan negara EU lain.

 

Pendidikan di Swedia

Dari segi pendidikan, Swedia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Universitas satu dengan lainnya memiliki keunikan tersendiri, sehingga kualitasnya sama baik. Seperti Universitas Lund dan Universitas Uppsala yang merupakan universitas tertua di Skandinavia. Sedangkan untuk universitas yang berbasis teknologi seperti KTH Royal Institute of Technology dan Chalmers University of Technology. Ada Karolinska Institute menempati ranking ketiga di dunia untuk bidang kesehatan. Stockholm University terkenal dalam bidang humaniora dan ilmu sosial. Universitas Gothenburg mengakomodasi pembelajaran dan penelitian sesuai dengan perkembangan terbaru sesuai dengan yang mahasiswa tekuni. Sedangkan untuk universitas baru seperti Universitas Umeå dan Universitas Linköping juga tidak kalah bagusnya. Dan untuk bidang bisnis dan entrepreneur Universitas Jönköping sangat kompetitif di kalangan sekolah bisnis di dunia internasional. Tentunya masih banyak lagi universitas yang kompetitif, berkualitas dan memiliki keunggulan di programnya masing-masing. Jadi penting untuk tahu apa bidang studi yang diminati dan kemudian dapat mencari informasinya di studyinsweden.se.

 

 

Bagi kamu yang masih melirik USA dan UK sebagai destinasi pendidikan, sudah saatnya untuk mencoba mencari alternatif lain yaitu Swedia. Karena Swedia memberikan berbagai pilihan dan keunggulan dalam pendidikannya, sehingga mahasiswa mampu memperkaya pengetahuan dan pengalaman baik dalam hal akademis ataupun secara individu. Maka Swedia layak mendapat perhatian bagi mahasiswa Indonesia yang ingin belajar ke luar negeri. Namun dimanapun tempat belajarnya, tentunya semua bergantung dengan individu masing-masing, karena ilmu dapat diperoleh dimanapun kita berpijak. So tunggu apa lagi, persiapkan diri untuk melanjutkan studi ke Swedia!

 

Terima kasih Swedish Institute yang memberikan kesempatan untuk belajar di Swedia dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

 

download brosur resmi universitas

 

Profil penulis:

Nama: Hestu Rahmayani

Status: mahasiswa yang masih menempuh pendidikan master di bidang studi anak di Linköping University, Swedia.

Blog: https://littleescape.wordpress.com/

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.