Informasi penting
Swedia: Prospek Karir - Wajib dibaca

Kerja di Swedia setelah lulus kuliah

1921
Sejak Desember 2008, Swedia telah menerapkan peraturan imigrasi yang lebih liberal. Hal ini sangat menguntungkan para mahasiswa internasional yang ingin bekerja di Swedia setelah lulus kuliha. Setelah Anda lulus kuliah di Swedia, dan telah menerima tawaran pekerjaan, Anda diijinkan untuk tinggal dan bekerja disana selama Anda menaati prosedur yang berlaku.  
 
Sebagai pusat dari  perkembangan teknologi dan inovasi, pasar kerja di Swedia penuh dengan berbagai inovasi bisnis, tunjangan karyawan yang tinggi, dan jaminan kelanjutan kerja jangka panjang, Swedia juga menerapkan peraturan yang lebih praktis untuk lamaran kerja dan ijin kerja mahasiswa internasional. Sehingga Swedia menjadi negara yang sangat atraktif bagi para mahasiswa internasional yang baru lulus.
 
Untuk mendapatkan ijin kerja di Swedia, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini:
 
Surat pengajuan tertulis dan melampirkan surat tawaran kerja
Jika Anda telah mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan di Swedia, perusahaan tersebut harus memberikan Anda surat penawaran kerja tertulis. Surat tertulis ini merupakan dokumen resmi, yang menerangkan tentang gaji, asuransi dan lama pekerjaan Anda. Perusahaan yang ingin memperkerjakan Anda harus meminta surat penawaran kerja ini dari Swedish Migration Board.
 
Kemudian, perusahaan tersebut mesti meminta persetujuan dari persekutuan dagang (trade union) mengenai surat penawaran kerja yang mereka tulis. Jadi, surat penawaran kerja ini harus memiliki tanda tangan dari pihak perusahaan dan pihak persekutuan dagang.
 
Setelah mendapatkan surat tersebut, Anda bisa mengajukan permohonan ijin kerja (work permit) atau ijin residen (residen permit) di Swedia.
 
Pengajuan untuk ijin kerja
Anda bisa mengirimkan pengajuan ijin kerja di kedutaan Swedia yang terdekat dengan Anda. Anda juga bisa mengajukan permohonan secara online di situs Swedish Migration Board. Untuk pengajuan secara online hingga penyetujuan ijin kerja dibutuhkan waktu sekitar 3 minggu, sedangkan pengajuan secara langsung ke kedutaan bisa memakan waktu 3 bulan.
 
Dokumen-dokumen yang diperlukan:
Anda bisa mengirimkan dokumen digital jika melakukan pengajuan ijin kerja secara online.
  • Surat penawaran kerja yang telah dilengkapi dan ditandatangani oleh perusahaan.
  • Fotokopi paspor, lengkap dengan semua visa yang pernah Anda dapatkan.
  • 2 lembar pasfoto terbaru (ukuran paspor)
  • Tanda terima pelunasan biaya permohonan ijin kerja 

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS