Informasi penting
Swedia: Info Negara Tujuan

Tentang Swedia

10990

Swedia memiliki populasi hanya sedikit di atas 9 juta orang, dengan sebagian besar penduduk bertempat tinggal di bagian selatan negara ini. Hal ini disebabkan oleh letak geografisnya yang berada di lintang utara dengan suhu tahunan yang lebih dingin di bagian ujung utara Swedia.  

Negara ini membanggakan kualitas hidup yang sangat baik dan sering kali mendapatkan skor tinggi dalam penelitian di seluruh dunia yang mengevaluasi kualitas kehidupan dan kebahagiaan secara keseluruhan. Negara ini pada umumnya dipandang sebagai suatu tempat yang aman dan ramah sebagai tempat tinggal dan Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk berbaur dengan masyarakat lokal.

Swedia telah menolak mata uang Euro dan mempertahankan mata uangnya sendiri, yaitu Krona Swedia (SEK). Anda akan menemukan bahwa sejumlah besar warga Swedia berbicara dalam bahasa Inggris, meskipun demikian tetap penting untuk mempelajari bahasa Swedia apabila Anda berencana untuk belajar di sana.

Akomodasi di Swedia

Setelah mendaftar program kuliah, ada baiknya untuk segera bertanya pada institusi Swedia yang Anda pilih tentang pilihan akomodasi yang dapat mereka tawarkan. Sebagai mahasiswa internasional, Anda akan lebih mudah berteman apabila menyewa kamar di asrama atau perumahan mahasiswa. Departemen mahasiswa internasional dari institusi Anda akan membantu Anda menemukan akomodasi yang sesuai dan mereka akan mengutus seorang petugas perumahan untuk membantu Anda.

Di beberapa tempat, seperti Stockholm dan Gothenburg, agak sulit untuk menemukan akomodasi bagi mahasiswa karena di kota tersebut memang kekurangan kamar-kamar bagi mahasiswa.  Ada baiknya Anda mencari tahu hal ini dari awal, karena harga tempat tinggal sektor swasta cukup tinggi. Hubungi perkumpulan mahasiswa di institusi Anda untuk mendapatkan saran mereka.  Ada beberapa situs, seperti yang dikelola oleh Swedish Student Accommodation Association - Asosiasi Akomodasi Mahasiswa Swedia, yang dapat membantu Anda untuk menemukan tempat tinggal di kota-kota besar Swedia. 

Anda dapat memilih untuk menyewa akomodasi dari perseorangan, baik itu sebuah flat atau rumah dari sumber informasi Anda sendiri, atau yang disarankan oleh perhimpunan mahasiswa institusi Anda. Ini cenderung lebih mahal, tetapi tingkat kebebasannya mungkin lebih sesuai untuk mahasiswa dewasa yang terbiasa mendapatkan ruang pribadi mereka sendiri.

Apabila Anda lebih menginginkan untuk menyewa kamar mahasiswa atau akomodasi mahasiswa tertentu, maka Anda mungkin harus membuktikan bahwa Anda telah diterima pada program kuliah di suatu institusi Swedia sebelum dapat menandatangani kontrak sewa. Jenis akomodasi seperti ini terdapat dalam berbagai bentuk - Anda dapat menyewa kamar dalam suatu rumah yang disewa bersama dengan dapur dan kamar mandi yang berbagi pakai, atau apartemen yang lebih kecil khusus untuk satu orang.

Asrama mahasiswa dapat menjadi pilihan untuk perseorangan yang mencari pilihan lebih murah dan mudah untuk bergaul. Anda akan menemukan bahwa lebih mudah berteman di dalam asrama meskipun kadang kala dapurnya berbagi pakai antara lebih dari 10 orang, sehingga dapat menjadi sibuk dan Anda harus membiasakan diri dan memahami kebiasaan orang lain.

Iklim Swedia

Swedia menikmati iklim relatif sedang disebabkan oleh Gulf Stream, tetapi apabila Anda datang dari negara yang beriklim lebih hangat Anda akan perlu menyiapkan diri untuk cuaca dingin, musim dingin bersalju dan hari-hari panjang yang gelap (dinamakan Malam Polar) pada saat pertengahan musim dingin. Saat pertengahan musim panas, selama bulan Juni dan Juli, waktu terangnya hari dapat lebih lama disebabkan oleh tingginya lintang utara Swedia dari Arctic Circle. Di utara, matahari kadang kala dapat dilihat 24 jam sehari.

Iklim Swedia sungguh menawarkan Anda yang terbaik. Di Selatan, temperatur paling dingin adalah di bulan November sampai Maret, dengan salju yang kadang kala turun lebat. Musim panas dapat menjadi sangat hangat dan sungguh nyaman, dan dapat berlangsung selama lebih dari empat bulan dalam setahun.

Kota-kota di Swedia

Kota-kota di Swedia seluruhnya menawarkan hiburan perpaduan Nordik yang unik, bangunan yang indah dan hal-hal menarik untuk dilihat dan dilakukan. Anda tidak akan pernah jauh dari air, bahkan di kota-kota besar Swedia, dan hal ini mungkin dapat menjelaskan keasyikan masyarakat Swedia terhadap Great Outdoors - kegiatan di luar ruangan dan segala sesuatu yang berhubungan seperti berlayar, memancing dan berenang.

Stockholm adalah pusat bisnis negara ini, dan merupakan tujuan yang kosmopolitan dan keren yang merupakan tempat bagi berbagai bangsa. Stockholm menawarkan suatu gabungan restoran, bar dan butik yang memusingkan dan kadang kala sangat mahal. Wilayah ini dibangun di atas banyak pulau dan dikelilingi air, sehingga ada banyak peluang untuk memanjakan diri dalam perburuan yang populer di Swedia yaitu memancing dan berlayar.

Gothenburg terletak di pesisir barat, memiliki lebih dari 500.000 penduduk. Gothenburg adalah kota kedua terbesar di Swedia dan merupakan pelabuhan laut Nordik terbesar. Apabila Anda memilih Gothenburg sebagai tempat tujuan kuliah, banyak pilihan pantai dan cagar alam tersedia bagi Anda yang terletak hanya dalam jarak beberapa kilometer dari pusat kota. Anda juga akan menemukan beberapa tempat makan yang baik sekali di dalam kota, menawarkan pilihan hidangan ikan dan kerang yang lezat menggiurkan.

Malmö sangat terkenal karena pemandangan gedung-gedung pencakar langitnya yang luar biasa, banyaknya restoran kelas atas dan daya tarik multikulturalnya. Bahkan, 30% dari penduduk Malmö datang dari  luar Swedia. Kota yang dinamis ini sudah pasti dipengaruhi oleh kedekatannya dengan ibukota Denmark, Kopenhagen. Kedua kota tersebut, terhubung oleh jembatan terpanjang di Eropa, Oresund Bridge, oleh karena itu Anda akan dapat mengunjungi Denmark saat akhir pekan jika Anda inginkan.

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.