Informasi penting
Swedia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Mengapa kuliah di Swedia?

4686

Negara-negara Skandinavia, khususnya Swedia, selama bertahun-tahun menjadi  tempat tujuan belajar yang semakin populer bagi mahasiswa internasional, dan secara aktif menyambut baik kedatangan mahasiswa internasional. Meskipun belum lama ini terjadi perubahan dengan biaya kuliah, Swedia memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada tamu internasional. Swedia adalah negara yang indah, sangat canggih dengan keindahan alam dan cagar alam yang berlimpah ruah, termasuk budaya pemikiran bebasnya.

Standar pendidikan di Swedia cukup tinggi. Lima universitas Swedia tampil dalam 2010 QS World University Rankings Top 200: University of Gothenburg, Lund University, Uppsala University, KTH Royal Institute of Technology dan Stockholm University. Negara ini mendukung berkembangnya inovasi dan hal ini tercermin dalam keberhasilan bisnisnya: Skype, Ericsson, Volvo, Spotify, IKEA dan toko pakaian H&M semuanya adalah kisah keberhasilan Swedia. 

Filosofi pendidikan di Swedia sangat mendorong berkembangnya penelitian dan kuliah perseorangan, dan akan memacu Anda untuk berpikir secara independen serta mengembangkan pengetahuan Anda. Sejumlah besar program Master di Swedia menggabungkan mata kuliah dengan praktik industri, sehingga Anda memperoleh keunggulan yang berharga dalam pasar tenaga kerja pada saat telah menyelesaikan program kuliah Anda.

Apabila Anda ingin kuliah dalam bahasa Inggris, maka Anda akan senang mengetahui bahwa universitas dan sekolah tinggi di Swedia (diketahui secara kolektif sebagai higher education institutions atau HEI - institusi pendidikan tinggi) menawarkan berbagai macam mata kuliah dan program kuliah yang diajarkan dalam Bahasa Inggris, khususnya pada tingkat master. Beberapa juga menawarkan mata kuliah yang diajarkan dalam Bahasa Inggris pada tingkat program sarjana S1.

Bahkan, lebih dari 600 program kuliah master yang ditawarkan di universitas-universitas di Swedia diajarkan dalam Bahasa Inggris. Program master terbuka bagi mahasiswa internasional yang telah memperoleh gelar sarjana S1 atau setara (180 kredit pendidikan tinggi atau lebih).

Prosedur pendaftaran untuk program kuliah di Swedia relatif mudah, dengan sistem  pengelompokan pendaftaran yang sederhana. Ini memungkinkan Anda mendaftar pada berbagai program kuliah di beberapa universitas yang berbeda pada saat yang sama dan mempermudah proses pendaftaran.

Meskipun universitas-universitas di Swedia kini telah menetapkan biaya bagi mahasiswa internasional bukan dari EU (European Union - Uni Eropa), mahasiswa dari negara-negara EU tidak perlu membayar biaya universitas di negara ini dan dapat menikmati kuliah cuma-cuma. Apabila Anda bukan dari negara EU/EEA (European Economic Area - Daerah Ekonomi Eropa atau Swiss), maka biaya berlaku dari tahun akademis 2011/2012, tetapi akan ada beasiswa tambahan tersedia bagi Anda. 

Informasi sekilas tentang Swedia: Swedia memiliki reputasi bagi kesetaraan gender. Jumlah masyarakat yang mendaftar untuk pendidikan tinggi di negara ini telah meningkat sebesar 85.000 dalam kurun waktu lima tahun terakhir.  Kota dengan populasi terbesar adalah Stockholm, dengan hampir 2 juta penduduk.

Link berguna dan bacaan terkait

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

Wajib dibaca