Informasi penting
Swedia: Berita Terbaru

Parlemen Swedia mengusulkan hak residen bagi mahasiswa internasional yang mengambil gelar PhD

906
Parlemen Swedia memberikan suara bagi rencana untuk memberikan ijin residen permanen bagi para mahasiswa internasional yang mengambil gelar PhD di Swedia.
 
Karin Granbom Ellison yang berasal dari People’s Party (FP-Liberals), yang mengajukan rencana tersebut kepada parlemen Swedia pada tanggal 30 Mei, mengatakan: ‘Peraturan di Swedia harus lebih fleksibel untuk menarik perhatian para mahasiswa internasional yang berprestasi agar mau melanjutkan pendidikan dan tinggal di Swedia.’
 
Sementara ini, para mahasiswa internasional yang mengambil gelar doktor di Swedia hanya diberikan ijin tinggal sementara dan bukan ijin tinggal permanen setelah lulus kuliah. Keterbatasan ini menjadi masalah bagi para mahasiswa international yang ingin berpergian keluar Swedia semasa kuliah mereka.
 
Hingga saat ini, ada sekitar 20,000 mahasiswa PhD di Swedia, dimana mereka turut mengambil peranan penting dalam meningkatkan ekonomi Swedia.
 
Karin Markides, rektor dari Chalmers University of Technology, menuliskan di koran Dagens Nyheter: ‘Para kandidat kedoktoran internasional bisa saja menjadi para pemimpin di masa depan. Sebagian besar mahasiswa kedoktoran Swedia berasal dari luar negeri.’
 
Oleh karena itu Menteri Pendidikan Tinggi meminta parlemen Swedia untuk memperjuangkan hak yang lebih baik dan tunjangan kerja yang lebih besar bagi para mahasiswa internasional yang mengambil gelar doktor di Swedia. Menteri Pendidikan Tinggi juga mengajukan fasilitas asuransi bagi mahasiswa kedoktoran dan memberikan tunjangan yang lebih baik kepada mereka disaat mereka sakit atau mempunyai anak.

Tahun lalu, komite People’s Party bahkan mengajukan ijin residen yang menyetarakan mahasiswa PhD internasional dengan kandidat-kandidat yang berasal dari Eropa. 

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS