Informasi penting
Swedia: Kehidupan Pelajar - Wajib dibaca

Akomodasi mahasiswa di Swedia

1022
Ada beberapa jenis pilihan akomodasi di Swedia. Akan tetapi mencari akomodasi di Swedia tidak segampang di negara lain, karena akomodasi mahasiswa di Swedia cukup terbatas.
 
Ketersedian akomodasi berbeda-beda tergantung dimana Anda kuliah di Swedia. Di kota-kota besar Swedia, terutama Stockholm dan Gothenburg, serta di kota pelajar Lund dan Uppsala, akomodasi bagi mahasiswa sangat terbatas.
 
Biasanya pelajar peserta program Erasmus akan ditanggung akomodasinya, akan tetapi bagi mahasiswa pascasarjana tidak demikian. Jadi pastikan Anda mengatur dan memesan akomodasi Anda sesegera mungkin.
 
Tergantung ketersediaan, Anda bisa memilih untuk tinggal sendiri atau tinggal di flat dengan teman-teman. Di Flat Anda akan memiliki kamar sendiri, tetapi harus berbagi kamar mandi dengan penghuni flat yang lain. Flat juga bisa saja dengan atau tanpa perabotan.
 
Banyak mahasiswa yang lebih senang tinggal di asrama. Selain lebih murah, dengan tinggal di asrama Anda berkesempatan untuk bersosialisasi dengan teman-teman asrama. Akan tetapi, Anda harus berbagi kamar mandi dan dapur dengan lebih dari 15 orang.
 
Estimasi harga akomodasi
Karena persediaan yang terbatas, harga akomodasi di Swedia cukup tinggi:
  • Akomodasi di kota kecil SEK 2,000 hingga SEK 3,500 per kamar
  • Akomodasi di kota sedang SEK 2,300 hingga SEK 4,300 per kamar
  • Akomodasi di kota besar SEK 2,500 hingga SEK 4,500 per kamar
 
Perkumpulan Mahasiswa
Perkumpulan mahasiswa menyediakan berbagai layanan bagi para mahasiswa asing, termasuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus dan kota sekitar. Jika Anda ingin mencari akomodasi, Anda bisa mencoba meminta bantuan dari perkumpulan mahasiswa.
 
Begitu terdaftar sebagai mahasiswa di universitas, Anda secara otomatis terdaftar sebagai anggota perkumpulan mahasiswa. Anda akan dikenakan biaya keanggotaan setiap tahun. Para mahasiswa di universitas Swedia yang lebih tua akan dikelompokkan menjadi ‘nations’. Nations adalah organisasi pelajar dengan sejarah ratusan abad. Kadang mereka berfokus ke minat tertentu seperti politik atau musik.
 
Setiap mahasiswa yang kuliah di universitas seperti ini harus menjadi anggota salah satu nation dan membayar biaya keanggotaan yang relatif kecil setiap tahun. Nation-nation akan bergabung menjadi perkumpulan mahasiswa di universitas. Setiap nation memiliki bar atau restoran dan bahkan asrama bagi anggota-anggota mereka.
 
Syarat untuk tinggal di asrama nation adalah harus menjadi anggota yang aktif, misalnya bekerja di bar nation, atau menjadi sukarelawan di acara yang diadakan oleh nation. Universitas Lund dan Universitas Uppsala masing-masing memiliki lebih dari 10 nation.
 
Disaat Anda menjadi anggota perkumpulan mahasiswa, Anda akan mendapatkan kartu pelajar yang bisa memberikan potongan harga untuk perjalanan domestik, serta memberikan Anda kesempatan untuk berpartisipasi dalam aktifitas-aktifitas sosial yang menarik.
 
Informasi tambahan
Anda bisa mencari informasi tambahan di situs-situs seperti Sokstudentbostad.se dan Blocket.se. The Housing pool adalah inisiatif dari Perkumpulan Mahasiswa dari Universitas Lund yang membantu para mahasiwa untuk mencari akomodasi. 

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS