Informasi penting
Swedia: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Program Kuliah di Swedia

3124

Persyaratan masuk

Kredit ECTS
Swedia menggunakan kredit högskolepoäng (higher education credits - kredit pendidikan tinggi), yang sesuai dengan European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS – Sistem Transfer dan Akumulasi Kredit Eropa). Satu tahun kuliah purna waktu senilai dengan 60 ECTS.  

Apabila Anda ingin belajar di Swedia pada tingkat pertama, yaitu program sarjana S1, Anda akan menemukan bahwa jumlah program kuliah yang dapat Anda pelajari dalam bahasa Inggris sangatlah terbatas. Apabila Anda dapat berbahasa Swedia, maka Anda akan lebih mudah menemukan program bergelar.

Pada tingkat pertama Anda dapat memilih antara dua pilihan gelar: the högskoleexamen (ujian sekolah tinggi), yang mempersyaratkan dua tahun kuliah dan bernilai 120 ECTS; dan kandidatexamen (ujian sarjana) untuk memperoleh gelar bachelor degree, yang memerlukan tiga tahun kuliah dengan jumlah kredit 180 ECTS.

Persyaratan masuk program sarjana S1: Telah berhasil menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas. Universitas dan sekolah tinggi biasanya membutuhkan bukti kemahiran bahasa yang diakui sebelum Anda diterima pada suatu program kuliah.

Pada tingkat ke dua (master), Anda dapat mengikuti masterexamen, yang merupakan dua tahun program kuliah master bernilai 120 kredit ECTS; atau magisterexamen, program gelar master satu tahun bernilai 60 kredit ECTS.

Persyaratan masuk program Master: Tiga tahun pada institusi pendidikan tinggi Swedia atau pendidikan tinggi internasional dengan gelar S1 (180 kredit).

Pada tingkat ke tiga (doktoral), Anda perlu mendanai seluruh program kuliah Anda, atau Anda akan membutuhkan beasiswa pascasarjana atau tunjangan kuliah (grant) untuk mendanai program kuliah Anda. Anda dapat memperoleh licentiatexamen, atau gelar licentiate, sesudah penelitian selama dua tahun. Ini bernilai 120 ECTS kredit. Anda juga dapat memilih doktorsexamen, atau ujian S3 (PhD), setelah kuliah selama empat tahun. Ini bernilai 240 kredit ECTS. Anda perlu untuk menulis suatu thesis, atau disertasi gelar akhir.

Persyaratan masuk program S3 (PhD): Apabila Anda berpikir untuk kuliah menuju gelar S3 (PhD) di Swedia, mungkin akan bermanfaat untuk menyelesaikan gelar master di Swedia terlebih dahulu. Persaingan untuk masuk program PhD dan penelitian cukup ketat, dan Anda memerlukan dedikasi penuh pada mata kuliah pilihan Anda. Anda diharapkan untuk menghasilkan penelitian dan pekerjaan asli atas prakarsa Anda sendiri.

Persyaratan Bahasa

Untuk program kuliah berbahasa Inggris di Swedia, Anda akan membutuhkan bukti resmi kemahiran dalam Bahasa Inggris. Nilai TOEFL atau IELTS yang baik sudah cukup, tetapi periksalah kembali dengan institusi pilihan Anda. Apabila Anda bermaksud untuk kuliah dalam bahasa Swedia, maka Anda perlu memiliki kemahiran setingkat sekolah menengah atas sebelum memulai kuliah Anda, dan mungkin perlu untuk membuktikannya dengan nilai tes TISUS. 

Struktur program kuliah di Swedia

Tahun akademis di Swedia terbagi dalam dua semester: semester musim gugur dari bulan Agustus sampai Januari tahun berikutnya, dan semester musim semi dari Januari sampai Juni. Jumlah jam di ruang kelas atau jam pelajaran di suatu institusi bervariasi tergantung  pada pilihan program kuliah. Untuk gelar di bidang Seni, misalnya, mungkin hanya memerlukan sampai dengan 15 jam kuliah per minggu sementara untuk mata kuliah teknik atau sains memerlukan total 40 jam per minggu. Jurusan sains mungkin menuntut banyak waktu dalam laboratorium.

Program kuliah mencakup gabungan kuliah dan seminar, dan ujian terdiri dari tes tertulis dan lisan. Beberapa mata kuliah mensyaratkan tugas proyek, kerja laboratorium dan laporan tertulis.

Biaya kuliah

Apabila Anda bukan berasal dari negara EU, EEA atau Swiss maka Anda harus membayar biaya kuliah untuk memperoleh gelar bachelor atau master di Swedia. Program S3 (PhD) adalah program yang bebas biaya kuliah.

Pendaftaran akan dikenakan biaya SEK 900 yang dibayar melalui situs Studera.nu. Biaya kuliah ditetapkan oleh masing-masing institusi pendidikan, tetapi dapat berbeda antara 80,000-130,000 SEK untuk setiap tahun akademis. Yang terbaik adalah memeriksa jumlah biaya dengan institusi pilihan Anda. Institusi-institusi di Swedia juga akan meningkatkan jumlah beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa internasional yang bukan berasal dari negara-negara EU-EEA.

Periksalah pendaftaran terkini dan biaya kuliah untuk program S1 dan S2.

Apabila Anda mengajukan permohonan untuk izin tinggal, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk biaya hidup tahunan Anda selain biaya kuliah lainnya. 

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.