Informasi penting
Swedia: Pendaftaran Universitas

MENDAFTAR KE PERGURUAN TINGGI DI SWEDIA

1935
 
Meskipun memilki program belajar yang sangat unik, Pelajar yang mendaftar untuk belajar di Swedia meningkat drastis setiap tahunnya. Proses aplikasi pendaftaran di Swedia dapat membingungkan, tetapi bila Anda sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan, Anda akan merasa proses tersebut sangatlah mudah. Disini kami akan menerangkan lebih jelas proses tersebut.
 
Pendaftaran
 
Program Penelitian
 
Program pendidikan di Swedia sangatlah unik dan dibedakan menjadi tiga yaitu Program Sarjana, Master dan Doctorat. Masing-masing program memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon. Pelajar yang telah menyelesaikan sejumlah mata pelajaran diberi gelar diploma ataupun sarjana bergantung pada tingkat penyelesaian masing-masing pelajar.  
 
Pelajar diharapkan untuk memulai penelitian setidaknya satu tahun sebelumnya. Sistem di Swedia tidak kaku dalam menentukan mata kuliah mana yang tergolong dalam jurusan tertentu, sehingga pelajar perlu terlebih dahulu memastikan bahwa mata kuliah yang mereka ambil dapat diterima di jurusan yang mereka pilih.
 
Ingatlah bahwa ribuan pelajar telah diterima di Swedia sebelumnya dan dapat membantu memberikan tips yang berguna bagi Anda, Anda perlu untuk memperhatikan forum-forum pelajar dan menghubungi langsung institusi yang Anda pilih untuk segala pertanyaan yang belum Anda pahami.
 
Pendaftaran Masuk
 
Di Swedia, program akademis tahunan dimulai akhir bulan Agustus dan selesai pada akhir bulan Juni. Katalog program internasional tersedia setiap bulan Januari untuk pendaftaran masuk di bulan Agustus (Semester 1) maupun bulan Januari (Semester 2). Pelajar Non Uni Eropa disarankan untuk masuk di Semester 1 sehingga memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan segala proses imigrasi, finansial dan akomodasi.
 
Swedia menggunakan proses pendaftaran yang tersentralisasi di universityadmissions.se yang memungkinkan semua pelajar internasional untuk mendaftar secara online untuk berbagai macam program dan kursus yang berbeda.
 
Pendaftaran untuk Program Sarjana maupun Pascasarjana ditutup pada tanggal 15 Januari untuk semester satu dan 15 Agustus untuk semester 2. Jadwal kuliah untuk program Pascasarjana ditentukan oleh masing-masing universitas.
 
Pendaftaran tambahan dimulai pada bulan April untuk kuliah di bulan Agustus dan Oktober untuk kuliah di bulan Januari. Pelajar non Uni Eropa tidak disarankan untuk mendaftar pada waktu tambahan ini dikarenakan tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan proses imigrasi yang diperlukan.
 
Anda dapat juga mendaftar melalui website kami, menggunakan i-Apply.
 
 
Dokumen yang diperlukan
 
Untuk mendaftar masuk, Anda memerlukan bukti kualifikasi akademis program sebelumnya. Sebagai contoh apabila Anda mendaftar untuk program Pascasarjana, Anda perlu memiliki sertifikat kelulusan Program Sarjana.
 
Terkadang Anda juga dapat memperoleh kredit untuk mata kuliah yang Anda ambil melalui program ataupun kursus internasional yang diakui oleh Universitas yang Anda pilih. Pelajar Internasional diwajibkan fasih dalam bahasa Inggris dan memiliki keterampilan di bidang matematika atapun fasih dalam bahasa Swedia tergantung pada jurusan yang mereka pilih. 
 
Sistem pendidikan Swedia menerima European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS).
 
Semua dokumen yang dikirimkan melalui Swedish admissions system juga harus diterjemahkan. Pendaftar dari beberapa negara juga terkadang diperlukan untuk melengkapi informasi tambahan tergantung negara pendaftar.
 
Semua pelajar diwajibkan untuk memberikan dokumen identifikasi seperti passport yang terdapat foto Anda serta dokumen identifikasi lainnya seperti SIM. Semua dokumen diwajibkan untuk mendapatkan tanda tangan petugas yang berwewenang.
 
Pelajar Uni Eropa diwajibkan untuk memberikan fotokopi dokumen identifikasi mereka untuk persyaratan pembebasan biaya pendidikan. Untuk melengkapi proses ini diperlukan orang lain untuk memberikan tanda tangan dan no telpon yang dapat dihubungi untuk proses verifikasi data oleh petugas.
 
Pelajar Non Uni Eropa diwajibkan untuk membayar biaya aplikasi sebelum tanggal 3 Februari meskipun mereka telah mendapat beasiswa.
 
Masing-masing universitas dapat mempunyai kriteria pendaftaran yang berbeda tergantung pada jurusan, proposal penelitian, maupun CV. Anda perlu untuk mendapatkan keterangan lebih jelas dari universitas bersangkutan.
 
 
Bagaimana saya dapat mendaftar?
 
Anda dapat mendaftara melalui website kami i-Apply service, ataupun Anda dapat memilih untuk mendaftar langsung ke universitas bersangkutan melalui website Swedish university admissions di universityadmissions.se
 
Tips Pendaftaran
 
Proses pendaftaran untuk belajar di Swedia berjenjang dan membutuhkan beragam dokumen. Pelajar harus yakin telah memenuhi segala persyaratan yang ditentukan oleh badan sentral penerimaan mahasiswa, maupun dari universitas bersangkutan yang terkadang memiliki beberapa persyaratan tambahan tergantung dari jurusan yang dipilih.
 
Pelajar yang mendaftar untuk lebih dari satu program akan dinilai berdasarkan pilihan pertama terlebih dahulu. Jika aplikasi Anda disetujui untuk program pilihan pertama Anda, secara otomatis aplikasi untuk program lainnya akan dihapus dari sistem.
 
Program pendidikan tinggi di Swedia didasari oleh moto ‘kebebasan yang penuh tanggung jawab’. Pelajar perlu untuk mengingat moto ini untuk meyakinkan petugas penerimaan pelajar di Swedia. Tanyakan pada diri Anda sendiri: bagaimana Anda dapat menerapkan sikap ini di masa belajar Anda, dan bagaimana belajar di universitas pilihan Anda dapat membantu Anda mencapai hal ini?
 
Jika Anda telah mengetahui yang Anda butuhkan, cari tahu jurusan yang anda minati di Swedia dan rencanakan program belajar Anda sedari awal.

Mencari jurusan

Swedia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS