Informasi penting
Inggris: Before you leave

Info Program Kuliah: Sosiologi

663

Apakah Anda pernah penasaran dan mempertanyakan sikap manusia dan sifat dasar dari sebuah identitas? Cara kita berfikir dan berperilaku, bagaimana suatu masyarakat terbentuk dan mengapa budaya dan tradisi sangat penting bagi manusia? Sosiologi dapat menjadi program kuliah yang cocok untuk menemukan jawaban Anda dari pertanyaan-pertanyaan tersebut! Artikel kali ini, Hotcourses memberikan informasi mengenai program kuliah Sosiologi, yang ditulis oleh editor mahasiswa kami, Nooraini Indrana.

Sosiologi fokus kepada berbagai aspek dalam kehidupan suatu masyarakat, dari interaksi antar manusia hingga bagaimana suatu masyarakat terbentuk. Banyak ilmu akademis lainnya yang tergabung, seperti psikologi, sejarah, antropologi dan ilmu perilaku. Mahasiswa dari program Sosiologi akan diperkenalkan dengan dan dilibatkan dalam berbagai diskusi akademis seputar permasalahan sosial kontemporer yang akan melatih mereka menjadi pakar dalam bidang mereka.  

Apa yang akan saya pelajari?

Mahasiswa Sosiologi mempelajari bagaimana peradaban modern terbentuk dan meneliti faktor-faktor yang menyatukan mereka. Mahasiswa bidang ini akan menemukan beragam topik yang dapat mereka pelajari, seperti kriminologi dan gender.

Berikut daftar mata kuliah wajib bagi program kuliah S1 Sosiologi:

  • Berpikir sosiologis
  • Analisis sosiologis masyarakat
  • Identitas dan perilaku
  • Kebijakan sosial

Banyak universitas yang juga menawarkan program ganda, dimana mahasiswa dapat menkombinasikan Sosiologi dengan program akademis lainnya. Program-program yang dapat Anda gabungkan dengan Sosiologi adalah:

Pengajaran dan penilaian

Sebagai mahasiswa sosiologi, Anda akan tergabung dalam kelas ceramah, seminar, tutorial dan lokakarya praktek.  Sangatlah umum bagi mahasiswa program Sosiologi untuk dinilai melalui karya tulis dan tugas praktek, kerja kelompok, presentasi, ujian dan tugas tahun akhir.

Berhubungan dengan banyaknya teori dan ideology dan juga argument yang perlu mahasiswa ingat dan kuasai, ada baiknya untuk aktif dalam membaca buku dan belajar secara independen.

Berapa lama program kuliahnya?

Pada umumnya mahasiswa dapat menyelesaikan sarjana Sosiologi mereka dalam 3 sampai 4 tahun, tergantung pada universitas pilihan mereka di negara tujuan. Contohnya, 3 tahun kuliah Sosiologi di Singapura lebih pendek jika dibandingkan dengan universitas-universitas Amerika Serikat yang mensyaratkan 4 tahun kuliah.

Durasi program kuliah Sosiologi Anda juga dapat berbeda jika Anda memilih untuk mengambil program magang di antara waktu kuliah. Banyak universitas telah memperkenalkan program kuliah semacam ini dengan program magang/internship dimana mahasiswa dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan pengalaman kerja dalam bidang Sosiologi sebagai bagian dari pengambilan kredit S1 mereka.

Peryaratan masuk

Persyaratan masuk akademis dapat berbeda-beda, tergantung dengan universitas masing-masing. Ada baiknya siswa menghubungi langsung universitas pilihan mereka untuk informasi lebih lanjut.

Jika Anda adalah siswa internasional, universitas pada umumnya akan membutuhkan bukti kemahiran berbahasa Inggris Anda dalam bentuk skor IELTS atau TOEFL. Walau total nilai yang dibutuhkan dapat bergantung pada universitas, berikut ini adalah persyataran umum:

  • 6.0 untuk IELTS                  ATAU
  • 550 untuk TOEFL berbasis kertas

Pada umumnya, universitas akan meminta Anda untuk menyertakan personal statement bersama aplikasi pendaftaran, sertifikat kemahiran berbahasa Inggris dan dokumen penting lainnya.

Pilihan karir

Dengan berbagai topik yang telah dipelajari dan keterampilan yang dikuasai, mahasiswa bidang Sosiologi akan menemukan keuntungan dalam mencari pekerjaan. Di bawah ini adalah daftar beberapa sektor yang bisa dicapai dengan program kuliah ini:

  • Administrasi
  • Jurnalisme
  • Layanan sosial
  • Organisasi non-pemerintah
  • PNS
  • Pendidikan
  • Penyiaran
  • PR / HuMas


Kuliah di mana?

Sejumlah universitas unggulan yang menawarkan program kuliah Sosiologi berkualitas:

- St Cloud State University, Amerika
University of Sydney, Australia
- University of Lincoln, Inggris
- Monash University Sunway Campus, Malaysia
- Victoria University of Wellington, Selandia Baru

Link berguna & bacaan terkait

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

Coba lihat...