Informasi penting
Inggris: Before you leave

Layanan kesehatan mahasiswa internasional di Inggris

1265
Kesehatan sangat penting untuk mejamin kelancaran dalam beraktifitas, apalagi sebagai mahasiswa dengan jadwal yang padat. Oleh karena itu, ada baiknya mengenal lebih lanjut mengenai layanan kesehatan yang bisa diperoleh mahasiswa internasional di Inggris.
 
NHS-National Health Service
 
Jika Anda mengambil program belajar yang melebihi 6 bulan, Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari National Health Service (NHS). Ini berarti Anda bisa berobat ke dokter, melakukan check up secara gratis (kecuali untuk penyakit mata dan gigi). Akan tetapi Anda tetap harus membayar obat-obatan yang diresepkan oleh dokter untuk mengobati penyakit Anda.
 
Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari NHS, Anda harus mendaftarkan diri dengan dokter umum terdekat (atau dikenal dengan sebutan General Practitioner (GP) di Inggris). Anda bisa mengunjungi situs NHS untuk menemukan GP yang terdekat di lokasi Anda. Setelah mendaftarkan diri dengan GP, Anda akan mendapatkan kartu NHS. Anda harus membawa kartu ini setiap kali berobat ke NHS.
 
Kebanyakan universitas Inggris menyediakan pusat kesehatan dalam kampus khusus bagi para mahasiswa. Pusat kesehatan ini memberikan layanan kesehatan gratis bagi para mahasiswa.
 
 
Mengunjungi Dokter Mata dan Dokter Gigi
 
Di Inggris, pelayanan kesehatan mata dan gigi tidka diberikan secara gratis. Walau Anda bisa mendaftarkan diri ke dokter mata dan dokter gigi di NHS, Anda harus menunggu sangat lama untuk mendapatkan giliran (kadang harus menunggu selama 18 bulan!). Jadi, jika Anda memerlukan perawatan di area mata dan gigi secepatnya, sebaiknya Anda mendaftarkan diri di dokter mata dan dokter gigi setempat. Mereka beroperasi secara swasta, jadi Anda harus membayar untuk semua perawatan.
 
Sebagai mahasiswa internasional, Anda bisa memperoleh bantuan finansial. Anda tinggal mengisi formulir HCI dan mengirimkannya ke alamat yang tertera di formulir. Formulir ini bisa Anda dapatkan di rumah sakit, kantor pos, atau kantor sekuriti setempat. Bantuan ini akan meringankan biaya pengobatan mata gan gigi Anda.
 
Asuransi Kesehatan
 
Kebanyakan universitas di Inggris menawarkan asuransi kesehatan bagi mahasiswa mereka. Biaya mingguan untuk asuransi ini sekitar £10.  Atau Anda bisa juga membeli asuransi dari negara Anda, tetapi pastikanlah asuransi tersebut juga berlaku di inggris. 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.