Informasi penting
Inggris: Before you leave

Pengalaman Kursus Pendek di London

6530

Nama saya Raissa Smarasista, saya sedang menjalani kuliah jurusan media dan komunikasi di Goldsmiths University of London. Selama studi saya di Inggris, saya belajar tentang teori media, namun saya sangat berminat untuk belajar ilmu marketing. Sayangnya, bidang studi bisnis tidak dapat saya pelajari di universitas saya. Oleh sebab itu, bulan Januari-Maret lalu saya mengambil kursus pendek Digital Marketing di City University. Melalui pengalaman menyenangkan ini, saya belajar banyak hal yang tidak ditawarkan di universitas saya.

Banyak universitas menawarkan kursus pendek yang biasanya berlangsung selama 10 minggu. Pada umumnya, kelas akan diadakan sekali seminggu. Jenis kursus pendek yang bisa kita pilih sangat banyak, dari bidang studi seperti fashion, kursus bahasa Inggris, sampai dengan bidang akutansi. Setelah menyelesaikan kursus kita akan diberi sertifikat. Walaupun sertifikat ini memang tidak sebanding dengan sebuah diploma (yang biasanya memerlukan setidaknya 1 tahun belajar), tentunya kualifikasi ini akan berguna untuk membangun CV.

Kursus pendek biasanya diadakan pada malam hari, sebab sebagian besar dari pesertanya adalah orang-orang yang bekerja. Saat pertama kali masuk kelas, saya merasa sangat bingung karena usia saya paling muda di antara 25 peserta kelas. Tetapi setelah berbincang dengan mereka, saya belajar banyak tentang rasanya bekerja dari cerita mereka. Kursus pendek adalah kesempatan networking yang baik karena kita dapat bertemu orang-orang professional dari berbagai lapangan pekerjaan. Saya belajar banyak hal menarik dari guru saya, seorang professional marketing yang berpengalaman.

Bagi kamu yang berencana belajar di luar negeri atau sudah dalam studi kuliah, saya sangat menganjurkan untuk mengambil kelas seperti ini. Banyak universitas (khususnya di Inggris) yang tidak memberi jadwal penuh. Ada baiknya untuk menggunakan waktu luang kita di luar negeri untuk belajar sebanyak mungkin dan meraih hasil yang produktif.

Tips untuk mengambil kursus pendek:

  • Pilihan program kursus pendek tidak harus berhubungan dengan jurusan kuliah kamu. Justru bila kamu belajar sesuatu yang tidak diajar di universitas kamu, pengalaman belajar kamu akan lebih menarik.
  • Bacalah deskripsi kelas di situs institusi, atau hubungi wakil dari institusi tersebut. Coba lihat apakah kursus ini benar-benar cocok dengan ketertarikan kamu.
  • Pilihlah sekolah yang baik untuk bidang studi yang kamu minati. Saya memilih City University untuk kursus Digital Marketing karena Cass Business School mereka cukup terkenal.
  • Carilah waktu yang tepat untuk mengambil kursus pendek. Saya menunggu sampai tahun kedua untuk yakin bahwa saya mampu membagi waktu saya. Prioritaskan studi universitas kamu dahulu.
  • Pilihlah bidang studi yang menyenangkan agar pengalaman kamu lebih berharga.

 

Tertarik untuk mengikuti kursus pendek? Kamu bisa mencari kelas yang paling tepat untuk kamu di daftar ini.

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.