Informasi penting
Inggris: Prospek Karir

KERJA & KULIAH – MAHASISWA INTERNASIONAL DI INGGRIS

4076

PANDUAN KAMI BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL YANG INGIN KULIAH SAMBIL BEKERJA DI INGGRIS.

 

Di Inggris, jumlah mahasiswa yang bekerja sambil kuliah telah meningkat lebih dari setengah sejak 1996-2006. Sebagai mahasiswa internasional, Anda dapat bekerja paruh waktu selama Anda belajar di Inggris. Banyak mahasiswa yang menggunakan kesempatan ini untuk mengurangi beban biaya hidup disana, atau mendapatkan pengalaman kerja yang relevan dengan bidang studi mereka.

 

Walau demikian, pendapatan dari kerja paruh waktu tetap tidak dapat menutupi semua biaya Anda selama kuliah disana, jadi Anda membutuhkan dana tambahan untuk kuliah Anda. Sangatlah penting untuk memahami kondisi dimana Anda dapat bekerja sehingga Anda bisa mempertahankan status visa Anda. Mari kita lihat pilihan bekerja di Inggris sebagai mahasiswa internasional.

 

Dapatkah saya bekerja?

Apakah Anda dapat bekerja atau tidak bergantung pada negara asal Anda dan visa pelajar yang Anda miliki. Tidak ada batasan bekerja bagi mahasiswa dari Uni Eropa yang belajar di Inggris.

 

Jika Anda mahasiswa non Uni Eropa dan program kuliah Anda lebih dari enam bulan, Anda perlu memiliki Tier 4 (General) Student Visa. Di beberapa kasus visa ini memungkinkan Anda mengambil kerja paruh waktu sampai 20 jam selama kuliah dimulai dan kerja penuh waktu ketika liburan kuliah.

 

Jika Anda mengambil program level sarjana, seperti Sarjana atau Master, tidak termasuk Program Fondasi maka Anda dapat mengambil kerja paruh waktu sampai 10 jam sewaktu kuliah dan kerja penuh waktu ketika liburan.

 

Jenis pekerjaan yang dapat saya lakukan?

Anda diperkenankan untuk bekerja apa saja selain menjalankan bisnis, wirausaha atau mengambil karir permanen. Anda juga tidak dapat bekerja sebagai professional olahragawan atau entertainer dengan menggunakan visa pelajar.

 

Biasanya, mahasiswa bekerja di sektor perdagangan atau jasa. Anda juga perlu mengetahui upah minimum kerja disana sebesar £6.50 (US$ 10.80) per jam atau lebih.

 

Mahasiwa yang ingin kerja magang sukarela perlu mencari tahu dari organisasi apakah pekerjaan tersebut termasuk pekerjaan yang dibayar atau tidak. Jika iya, maka ini akan mengurangi waktu maksimum kerja Anda per minggunya.

 

Setelah Anda mendapatkan pekerjaan, Anda perlu mendapatkan National Insurance Number dan perlu membayar pajak penghasilan ke pemerintahan Inggris.

 

Cari tahu lebih banyak tentang pekerjaan yang tidak dibayar, magang dan sukarela

Cari tahu lebih banyak tentang NIN dan pajak penghasilan

 

Sebagai apa biasanya mahasiswa bekerja?

Sebagaimana bekerja di sektor servis seperti perdagangan atau jasa, terdapat banyak pilihan pekerjaan untuk mahasiswa di Inggris. Upah rata rata untuk pekerjaan di sektor ini sebesar £7 (US$ 11.60) per jam.

 

University-Based

Terkadang, perusahaan besar memilih beberapa mahasiswa untuk mewakili brand mereka di universitas. Biasanya Anda perlu untuk meletakkan poster iklan perusahaan, menjalankan even untuk mempromosikan universitas dan beberapa cara lain untuk mengenalkan mereka ke mahasiswa lain. Anda dapat menerima upah per jam atau per proyek, tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan.

 

Beberapa universitas, seperti King’s College London, University of London memiliki layanan karir mahasiswa yang memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan untuk mahasiswa selama kuliah, juga tawaran untuk bekerja di universitas melalui Student’s Union, tim pencari dana atau sebagai duta pelajar.

 

Guru Privat

Mahasiswa dapat menawarkan layanan guru privat ke mahasiswa lain, atau pelajar di sekolah lokal ataupun komunitas. Ini biasanya menjadi pilihan populer bagi mahasiswa yang fasih bahasa asing, yang dapat memberikan pelajaran dalam bahasa Inggris. Terdapat beberapa agen seperti Bright Young Things yang mempekerjakan mahasiswa, atau anda dapat melihat iklan yang terdapat di papan pengumuman universitas. Anda juga dapat mempromosikan layanan privat Anda sendiri.

 

Pekerjaan Tangan

Anda juga dapat menggunakan keahlian Anda dan bekerja selama Anda kuliah. Pekerjaan ini bervariasi seperti mengecat, tukang kebun, pembersih, atau pengangkat barang berat dan biasanya dibayar lebih murah sebesar £7.50- £12 (US$ 12.45 – US$ 20) per jam, dibanding pekerjaan di sektor servis. Akan tetapi, pekerjaan ini sangat dibutuhkan dan biasanya terletak jauh dari pusat kota dan kampus.

 

Keahlian Khusus

Bergantung pada keahlian yang Anda miliki, Anda mungkin ingin untuk mengambil proyek sambilan untuk mendapatkan pengalaman di bidang Anda. Posisi ini umumnya tidak ditawarkan secara umum, atau Anda dapat melihat di bursa kerja online seperti studentgems.com. Posisi ini juga biasa ditawarkan melalui papan kerja di universitas dimana pemberi kerja mencari kandidat dengan keahlian dan pengetahuan spesifik. Upah dan jam kerja bergantung pada tipe proyek tersebut.

 

Pengalaman Kerja

Mahasiswa juga terkadang menyelesaikan program pengalaman kerja yang tidak dibayar, magang atau sukarela yang tidak digolongkan sebagai pekerjaan tidak dibayar. Banyak mahasiswa yang menyelesaikan magang dan penempatan kerja selama liburan musim panas. Anda perlu mencari tahu dengan organisasi yang menawarkan Anda pekerjaan tersebut apakah ini termasuk didalam jam kerja yang diperbolehkan atau tidak. Di banyak kasus ini tidak diperhitungkan sehingga Anda dapat mengambil pekerjaan tambahan di tempat lain. Jika program ini ditawarkan sebagai bagian dari program Sarjana atau Fondasi maka ini tidak diperhitungkan sebagai pekerjaan, dan tidak mengurangi waktu kerja yang diperbolehkan bagi Anda.

 

Bagaimana saya mencari kerja?

Anda dapat mencari kerja online dengan menggunakan beberapa website, atau mencari informasi dari pusat karir universitas Anda yang dapat menunjukkan pekerjaan tepat untuk Anda. Terdapat banyak bursa kerja seperti StudentJob dan jobsite.co.uk, juga agensi pencari kerja lokal, koran dan iklan terbatas. Di Inggris juga dapat menanyakan langsung ke perusahaan apakah terdapat lowongan pekerjaan, pastikan Anda membawa CV Anda.

 

Jika Anda sudah memiliki pilihan kerja selama kuliah di Inggris, mengapa tidak mencari kursus di Inggris sekarang dan mulai merencanakan pengalaman internasional Anda?

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.