Informasi penting
Inggris: Prospek Karir

Mitos dan realita mendapatkan pekerjaan di Inggris

1161
Mitos #1: semua orang mempunyai gelar S1
 
Semua orang memiliki gelar S1, jadi sangat tidak mudah mendapatkan kerja. Benarkah demikian? Ternyata tidak. Menurut data statistik hasil survei tahunan pemerintah, hanya 1 dari 3 orang di Inggris yang memiliki gelar S1. Lebih dari setengah pelajar yang berumur 14-18 tahun ternyata tidak berencana untuk melanjutkan pendidikan mereka ke universitas.

Mitos #2: lulusan S1 susah mendapatkan kerja
 
Menurut data survei di tahun 2012, sebanyak 178,450 orang lulusan S1 mendapatkan pekerjaan 6 bulan setelah wisuda dan terdapat 116,750 orang  yang menempati posisi profesional. Tingkat pengangguran di Inggris bagi lulusan S1 hanya 8.5%.
 
Mitos #3: jika Anda bukan lulusan Russell Group uni, maka akan susah mendapatkan pekerjaan yang bagus
 
Memang benar banyak perusahaan yang lebih suka menerima lulusan dari grup-grup universitas tertentu, tetapi grup tersebut tidak selalu adalah Russell Group Institutions.

Menurut data statistik, tingkat pengangguran bagi lulusan non-Russell Group institutions 6 bulan setelah wisuda adalah 9%, sedikit lebih tinggi dari tingkat pengangguran rata-rata (8.5%), dan 63% dari lulusan non-Russell ternyata berhasil mendapatkan pekerjaan dengan posisi profesional. Jadi tidak mutlak harus kuliah di universitas yang menjadi anggota Russell Group untuk bisa mendapatkan pekerjaan di Inggris.

Mitos #4: mempunyai gelar dengan nilai bagus pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus pula
 
Nilai akademis yang sangat baik tidak menjamin pasti akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari lulusan dengan nilai akademis yang lebih rendah. Selama nilai akademis Anda masih tidak dibawah rata-rata, Anda tidak perlu khawatir. Perusahaan-perusahaan jaman sekarang mementingkan keseimbangan antara pengetahuan dan keahlian praktikal. Jadi lulusan yang memiliki nilai biasa-biasa saja tetapi memiliki banyak pengalaman kerja yang relevan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik daripada lulusan yang mempunyai nilai tinggi tetapi kurang pengalaman kerja.
 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.