Informasi penting
Inggris: Prospek Karir

Melamar Pekerjaan: Tes Psikometri

8272

Tes psikometri pada umumnya digunakan oleh para pemberi kerja dalam proses seleksi karyawan baru. Pada artikel ini, editor siswa Hotcourses, Alejandra Diaz Camacho menjelaskan apakah itu tes psikometri dan bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri sebelum mengambilnya.

Salah satu aspek yang tersembunyi dari proses aplikasi pekerjaan adalah tes psikometri. Istilah ini diterapkan untuk tes bakat/kemampuan dan tes kepribadian seseorang. Banyak perusahaan yang menggunakan tes ini sebagai alat penilaian pertama untuk menseleksi karyawan baru pada proses pengrektutan.

Tes kemampuan biasanya berbentuk lisan dan/atau numerik (mengandung diagram atau penalaran logis) dan dapat dilakukan secara online atau menggunakan kertas dalam ruang ujian. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk menguji kemampuan seorang kandidat saat bertindak dalam menganalisis dan logistik suatu keadaan.

Sedangkan tes kepribadian meliputi informasi tentang karakter Anda dan kemampuan Anda dalam mengambil keputusan. Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk mencari tahu cocok atau tidak kah kandidat dengan cara kerja dan suasa perusahaan, serta apakah mereka memiliki atribut dasar yang dibutuhkan untuk dapat sukses.

Jenis tes yang pertama adalah tes bakat / kemampuan. Ini adalah tes formal dengan pertanyaan pilihan ganda, yang bisa diambil secara online atau dengan mengisi lembar jawaban yang dicetak. Tes yang paling umum digunakan dalam rekrutmen lulusan adalah:

• tes lisan - seperti penalaran verbal, analisis dan pemilihan kata
• tes numerik - seperti penalaran, analisis dan tes sekuensial
• diagram dan penalaran spasial - menguji logika dan kemampuan untuk berurusan dengan bermacam bentuk;
• tes khusus - misalnya sintaksis dalam pemrograman komputer, kemampuan memeriksa data atau mekanik.

Saat mengambil tes ini, Anda akan diberikan petunjuk lengkap sebelum memulainya dan akan ada beberapa contoh pertanyaan yang dapat Anda coba tanpa batas ada batas waktu. Sangat disarankan untuk memperhatikan instruksi dengan seksama dan meminta klarifikasi jika Anda tidak jelas dengan pertanyaan atau metode tes.

Selain itu, jika Anda memiliki jenis kecacatan (misalnya disleksia) sangatlah penting untuk memberi tahu pihak perusahaan agar mereka dapat memberikan bantuan yang Anda perlukan. Tidak ada salahnya untuk mengakui semua kecacatan Anda dalam aplikasi perkejaan. Ada baiknya Anda menerima tes penilaian yang sesuai dengan kondisi Anda untuk menjamin tidak adanya kerugian dari awal.

Saat ini, Anda dapat menemukan banyak persiapan tes secara online yang dapat Anda coba. Untuk informasi lebih lanjut dan beberapa tes gratis silahkan kunjungi link-link ini:

Psychometric Success

Assessment Day

SHL Direct - salah satu penerbit tes terbesar di Inggris.

Jenis tes yang kedua adalah tes kepribadian dan berisi pertanyaan mengenai perilaku dan pilihan pribadi. Meskipun modus tes ini dianggap tidak akurat dan kontroversial oleh beberapa pihak, banyak ahli mendukung penggunaan  tes ini sebagai alat yang dapat mengetahui perilaku dan respon seseorang dalam situasi tertentu di tempat kerja.

Sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai percobaan psikologis, manusia adalah produk dari lingkungan mereka dan memiliki kemampuan bawaan untuk menyesuaikan perilaku sesuai dengan keadaan dan pengalaman. Para pemberi kerja, dengan bantuan teknologi komputer yang inovatif, dapat memiliki gambaran reaksi seorang calon karyawan dalam berbagai situasi dalam perusahaan.

Jika hasil tes kemampuan ditandai dengan gagal atau lulus berdasarkan respon rata-rata dari sejumlah kandidat dalam ujian yang sama, tes kepribadian tidak memiliki jawaban yang ‘benar’ atau ‘salah’. Namun, banyak pemberi kerja yang merekrut individu menurut budaya dan cara kerja perusahaan serta apakah individu itu dapat menyesuaikan diri dengan harapan perusahaan.

Kunjungi situs berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut:

Jobsearch

Psychometric Success

Persaingan tinggi untuk pekerjaan dan meningkatnya jumlah lulusan yang bergabung dengan tenaga kerja setiap tahunnya telah membuat tes psikometri sering digunakan dalam proses pemilihan kandidat. Namun, jangan merasa ditakuti oleh tes ini. Pada umumnya tes ini hanyalah satu bagian dari keseluruhan proses penilaian. Pihak perusahaan akan membertimbangkan hasil tes psikometri Anda bersama dengan hasil wawancra, formulir aplikasi, referensi, nilai akademis dan cara penyeleksian lainnya, maka bukan tes psikometri saja yang akan dilihat. Bila Anda dikabarkan perlu untuk mengambil tes ini, ada baiknya untuk mencoba cari tahu jenis tes mana yang akan digunakan. Cara terbaik untuk mengatasi perasaan takut Anda adalah dengan sering berlatih.

Dengan ini, nasihat yang diberikan: Cobalah untuk selalu menjadi diri Anda sendiri selama proses aplikasi, seringlah berlatih dan cari tahu juga informasi dan etos kerja perusahaan, agar Anda mengerti karyawan seperti apa yang mereka cari. Ingatlah ada dua sisi dalam proses mencari pekerjaan: keinginan pihak pemberi kerja untuk mendapatkan kandidat yang cocok, dan keinginan Anda yang pastinya ingin memenuhi harapan karir Anda. Good luck dengan aplikasi Anda!

 

Link berguna

Cari tahu informasi mengenai universitas, program kuliah dan kehidupan di Inggris melalui halaman Inggris Hotcourses

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Aspiring journalist and Cambridge University graduate, Londoner 'by adoption'. Tweeting for @hotcourses_Abrd

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.