Informasi penting
Inggris: Info Negara Tujuan

Kuliah di London

10867

London, ibukota Inggris, menjadi kota tujuan yang diminati banyak mahasiswa internasional. Dengan universitas dan institusi yang berkelas dan beragam, keragaman budaya yang menarik dan banyaknya atraksi hiburan, mungkin kamu ingin mempertimbangkan kota ini untuk pilihan universitas kamu.

Universitas
Pada saat ini London adalah rumah bagi lebih dari 45 jumlah universitas dan institusi. Diantaranya, London School of Economics, Imperial College London dan University College London meraih peringkat 10 universitas terbaik di Inggris tahun 2013. LSE berada di peringkat 3 setelah Oxford dan Cambridge, Imperial College di peringkat 4 dan UCL ke-7.

Sistem Pengajaran
Universitas di Inggris membutuhkan waktu 3 tahun, sedangkan khusus universitas Skotlandia membutuhkan 4 tahun dengan lulusan Honours. Sistem pengajaran yang biasa diterapkan di universitas Inggris adalah lecture dengan dosen berpengalaman, diikuti dengan kelas seminar yang membahas topik yang dipelajari. Pada umumnya, universitas Inggris memakai sistem penilaian yang berbeda dari negara lainnya. Nilai berdasarkan 100% dibagi menjadi berberapa tingkat, dimulai dari First degree (nilai tertinggi), Upper second class, dan Third degree. Nilai dari semua mata pelajaran selama kuliah tiga tahun akan digabungkan menjadi nilai akhir yang akan menentukan kelulusan dengan jenis degree yang diraih.

Biaya
Walaupun biaya kuliah setiap universitas berbeda-beda, biasanya biaya kuliah di London adalah sekitar £10,000-14,000. Banyak universitas yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswa internasional.

Visa
Untuk belajar di London, kamu harus memiliki visa Inggris tipe Tier 4 Student Visa. Baca info selanjutnya tentang proses aplikasi visa pelajar.

Transportasi
London memiliki sistem transportasi yang sangat baik—dengan kartu student oyster mahasiswa dapat menggunakan fasilitas kereta bawah tanah atau tube, bus dan kereta. Sistem transportasi yang mencakup semua daerah di London dengan cepat merupakan salah satu keunggulan kota ini. Baca info selanjutnya tentang transportasi London.

Atraksi
London merupakan kota yang penuh dengan atraksi dan hiburan menyenangkan. Bagi yang berjiwa turis, tempat-tempat seperti Big Ben, Tower Bridge, Westminster Abbey, London Eye, Trafalgar Square dan Piccadilly Circus selalu ramai. Ada juga pasar seperti Portobello Market yang menjual barang vintage, Camden Town yang menjual barang-barang unik dan Borough Market, pasar makanan yang menawarkan hidangan spesial. Belanja di London juga sangat menyenangkan, dengan pusat-pusat shopping yang berkelas seperti Oxford Street dan Westfields.

Ragam Budaya
Sebagai kota dengan populasi lebih dari 8 juta jiwa, London menampung orang dari berbagai macam latar belakang. Keragaman budaya yang terdapat di kota ini sangatlah menabjubkan, dan belajar di kota multikultural seperti London mampu menambah wawasan kamu tentang budaya-budaya seluruh dunia.

Komunitas Indonesia
London memiliki komunitas Indonesia yang sangat kuat, khususnya bagi mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana. Perhimpunan Pelajar Indonesia London adalah organisasi yang sering mengadakan acara-acara untuk bersilahturahmi dan saling berkenalan antara mahasiswa Indonesia di London.

Makanan
Walaupun makanan khas Inggris kurang terkenal, hidangan dari negara lain seperti China, Thailand, Korea, Mexico dan Italia sangat mudah untuk ditemukan di London. Pusat makanan seperti China Town dan Tottenham Court Road untuk makanan Korea menawarkan menu makanan lezat. Ada juga beberapa restoran Indonesia bagi mahasiswa yang kangen makanan pedas khas Indonesia.

Traveling
Bagi kamu yang hobi berwisata, London hanya berjarak 2 jam dari kota-kota seperti Paris dan Brussels! Kereta dari Kings Cross St. Pancras Station mampu membawamu ke negara-negara tetangga dengan hitungan jam. Akses ke kota-kota Inggris lainnya seperti Manchester dan Edinburgh juga sangat mudah.

Cerita Mahasiswa
Berikut adalah opini mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di London.

“Belajar di London adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Selalu ada hal baru untuk dikunjungi, dan saya tidak pernah bosan disini,” –Astri Arifin, Goldsmiths University of London.

 “Saya memilih untuk kuliah di London karena sebagai salah satu ibukota mode di dunia, kota ini penuh dengan inspirasi seni. London memiliki suasana yang sibuk namun kreatif,” – Nitya Kishore, London College of Fashion.

“London adalah kota yang ideal untuk belajar. Selain menawarkan kualitas pendidikan yang sangat baik, saya bertemu dengan teman-teman dari seluruh dunia dan belajar banyak tentang budaya negara lain,” –Perdana Putra, University of Gloucestershire London Campus.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.