Informasi penting
Inggris: Info Negara Tujuan

KULIAH DI LOS ANGELES VS LONDON

1687

Selain memilih jurusan kuliah, memilih kota dan negara destinasi kuliah juga merupakan salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan. Di artikel ini, saya akan mencoba menceritakan perbedaan antara Los Angeles dan London. Semoga dengan membaca ulasan ini dapat membantu kamu menentukan kota mana yang cocok dengan kepribadian dan tujuan studi kamu.

 

 

Melalui program studi dari University of Southern California di Los Angeles, di mana saya kini menimba ilmu, saya berkesempatan untuk menjalani program internship di London selama dua bulan.

 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, Los Angeles dan London adalah dua kota yang sangat berbeda, namun memilih salah satu dari dua kota ini tidak akan salah karena banyaknya kelebihan dari masing-masing kota.

 

 

 

SEPUTAR LOS ANGELES

 

 

Dapat merasakan suhu tropis di negara bagian California, khususnya di Los Angeles, merupakan sebuah pengalaman yang berarti bagi saya. Los Angeles tentu dikenal sebagai pusat perfilman dunia. Oleh karena itu, tidak jarang kalau melihat jalan-jalan besar di kota ini ditutup demi sebuah proses shooting, dan tidak kecil kemungkinan kamu bertemu dengan selebriti idola kamu di mall, restoran, ataupun di sekolahmu. Namun, kota Los Angeles identik dengan kemacetan (bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tenang saja, mungkin ini bukan merupakan sesuatu yang asing dan tingkat kemacetan di Los Angeles tidak setinggi di Jakarta).

 

 

Transportasi

 

Tinggal di Los Angeles juga identik dengan mengendarai kendaraan pribadi karena kurangnya akses dan infrastruktur angkutan umum yang tersedia. Oleh karena itu, bagi kalian yang menempatkan Los Angeles dalam top list kamu, siap-siap untuk belajar menyetir dan menghabiskan waktu kamu di jalan.

 

 

Komunitas Mahasiswa

 

Namun karena banyaknya jumlah murid Indonesia di Los Angeles, kecil kemungkinan kamu akan merasa homesick karena kuatnya komunitas mahasiswa di Los Angeles.

 

Dari segi demografis, murid-murid yang kuliah di Los Angeles biasanya menempuh studi di universitas dan community college berikut: University of Southern California (USC), University of California Los Angeles (UCLA), Loyola Marymount University (LMU), Pepperdine, Pasadena Community College, dan Santa Monica Community College.

 

 

Atraksi dan Pesona LA

 

Bagi kalian yang cinta dengan alam, Los Angeles juga dapat memenuhi impianmu. Walaupun penuh dengan gedung-gedung tinggi, Los Angeles memiliki banyak lokasi hiking dengan pemandangan yang mengagumkan. Dalam radius 150km, kamu juga bisa menikmati pantai dan gunung salju dalam satu musim.

 

Satu hal lagi yang buat kamu tidak kangen dengan tanah air adalah tersedianya restoran-restoran Indonesia yang memiliki citarasa tidak kalah dengan masakan dari Indonesia.

 

 

 

 

SEPUTAR LONDON

 

Mungkin saya kurang dapat menjabarkan secara detail budaya tinggal di London karena keterbatasan waktu tinggal saya di sini (2 bulan). Namun sudah banyak sekali hal-hal besar yang membuat dua kota ini terlihat sangat berbeda.

 

Cuaca

 

 

Sesuatu yang membuat orang enggan untuk tinggal di London adalah cuaca yang buruk karena letak geografis nya. Tidak sering kalian menemukan pejalan kaki membawa payung dan berjaket tebal karena cuaca dalam satu hari dapat berubah dengan drastis. Berbeda dengan Los Angeles, di mana musim panas hampir berlangsung sepanjang tahun, London dikenal memiliki musim dingin yang dikenal kejam karena angin kencangnya.

 

Transportasi

 

Dari segi transportasi, penduduk di London lebih memilih untuk naik kendaraan umum terutama bus dan London Underground (kereta bawah tanah yang lebih dikenal dengan sebutan Tube). Oleh karena itu, waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain jauh lebih singkat apabila dibandingkan dengan Los Angeles. Kurangnya ketergantungan penduduk lokal dengan kendaraan pribadi juga berarti kamu akan jalan banyak (dan membakar kalori).

 

 

Komunitas Mahasiswa

 

Perkumpulan mahasiswa di London dan Inggris juga dikenal kuat karena banyaknya jumlah mahasiswa Indonesia. Banyaknya universitas bergengsi seperti London School of Economics, Imperial College London, Oxford University, dan University of Cambridge membuat Inggris salah satu destinasi utama bagi mahasiswa di seluruh dunia.

 

 

Atraksi dan Pesona London

 

 

Sama halnya dengan Los Angeles, London memliki banyak sekali acara-acara untuk mengisi akhir pekanmu, seperti konser, pertunjukan musikal, teater, pameran seni, dan  banyak lainnya. Mudahnya transportasi antar kota dan negara-negara di Eropa juga merupakan hal besar yang membuat London sebagai salah satu kota idaman bagi kalian yang hobi traveling. Bagi penggemar sepakbola, London juga tentu menjadi sebuah destinasi impian karena banyaknya klub sepakbola besar yang bertanding dalam Liga Inggris yang bergengsi.

 

 

 

Pesan dan Kesan

 

Kuliah di luar negeri tentu merupakan sesuatu tantangan yang besar bagi siapapun, mungkin karena faktor keluarga atau karena perbedaan budaya. Memiliki sikap mandiri tentu dapat berpengaruh besar dalam membantumu menghadapi tantangan tersebut dengan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

 

Secara pribadi, berdasarkan pengalaman saya menempuh studi di California selama empat tahun, faktor besar yang dapat membuat saya merasa nyaman adalah kemampuan saya untuk beradaptasi dan juga kehadiran teman yang dapat menggantikan peran keluarga.

 

Untuk membantumu menentukan negara mana yang cocok, artikel berikut dapat membantu kamu memiliki pandangan lebih akan perbedaan sistem pendidikan di kedua negeri ini. 

 

 

Apakah kamu tertarik dengan cerita di atas? Mengapa tidak mulai mencari program kuliah keluar negeri di sini, supaya kamu bisa memulai petualanganmu juga!

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.