Informasi penting
Inggris: Info Negara Tujuan

'Little India' di utara London

2640

London adalah ibukota paling multikultural di dunia dengan 300 jenis bahasa yang digunakan di antara 7,3 juta penduduknya. Keragaman budaya di kota kosmopolitan ini tidak pernah mengecewakan saya sebagai mahasiswa internasional. Di London saya bisa bertemu dengan teman-teman dari bagian dunia lain, mencicipi makanan khas Peru, belajar membuat cemilan khas Slovakia, sampai berpatisipasi membantu acara festival film Iran dan lainnya. Menurut saya banyaknya pengalaman menakjubkan seperti ini membenarkan pendapat bahwa kita bisa menemukan 'Dunia di dalam London' (the world in London).

Belum lama ini saya ke daerah Southall di utara kota London. Kami berangkat ber-4. Sebelumnya sudah banyak teman-teman lain yang merekomendasikan untuk pergi ke tempat ini. Mereka bilang kita bisa menemukan suasana yang sangat berbeda dan bukan tipikal London di sana.

Terbukti benar. Sepanjang jalan, Southall ramai dengan pertokoan yang menjual barang-barang khas India dan negara-negara sekitarnya. Dari pakaian, perhiasan, sepatu, makanan, CD/DVD dan banyak lainnya! Tidak heran juga, ternyata ini disebut "Little India". 

Melihat banyaknya jumlah toko dan beragam barang yang ditampilkan melalui kaca-kaca mereka, awalnya kami sempat kebingungan toko mana untuk dikunjungi terlebih dulu. Semuanya bernuansa 'mengundang', belum lagi bau harum dupa India yang sepertinya menghipnotis kami untuk menengok pernak-pernik toko mereka.

'Barang borongan' pertama saya perhiasan rambut dan anting-anting. Kecantikan desainnya bukan satu-satunya hal yang membuat saya takjub. Tapi harganya yang cukup murah dibandingkan dengan barang-barang pertokoan tipikal London lainnya! Misalnya, saya membeli 3 pasang anting etnik warna-warni dengan harga £10. Biasanya harga segitu hanya bisa membelikan 1 pasang saja di toko highstreet London!

 

Cara para penjual 'memamerkan' barang jualan mereka mengingatkan saya dengan toko-toko ITC di Jakarta dan pasar seni di Kuta! Ruangan sebisa mungkin mereka gunakan dan barang jualan banyak digantungkan sehingga menutupi dinding toko. Disamping itu, berbeda dengan toko lainnya di London, kita bisa tawar-menawar harga barang di Little India. Teman saya berhasil mendapatkan satu setel pakaian (atasan, celana, dan selendang) dengan harga £25 setelah ia tawar dari harga £40!

 

Salah satu toko sepatu yang kami kunjungi menjual sepatu dan sandal wanita dalam semua warna dan juga sepatu pria ala 'Ali Baba' yang lancip itu. Sepatu dan sandal santai dijahit tangan dan harga hanya berkisaran £10 - £30 saja!

 

Link berguna dan bacaan terkait:

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.