Informasi penting
Inggris: Info Negara Tujuan

Pengalaman dan Tips Kuliah ke Inggris - Gita Gutawa

3843

Siapa tidak mengenal Gita Gutawa, penyanyi yang sejak remaja telah berhasil memiliki karir yang gemilang sebagai penyanyi dan artis. Keberhasilan sejak muda ini tidak membuat Gita meninggalkan pendidikan. Bahkan di saat popularitasnya sedang naik, Gita memilih untuk kuliah ke luar negeri. Kegigihan Gita Gutawa dalam pendidikan dan karir memang patut diteladani. Bagaimana tidak, di tengah-tengah kesibukan kuliahnya di Inggris, doski tetap memanfaatkan waktu untuk tetap mengasah kemampuannya dalam bermusik. Doski juga berhasil lulus dengan nilai bagus, dan dapat beasiswa LPDP untuk melanjutkan S2 lagi! Yuk ikuti pengalaman kuliah Gita di Inggris...

 

 

Walau bakat Gita di bidang musik, doi memilih jurusan Ilmu Ekonomi di University of Birmingham. Sebagai satu-satunya mahasiswa Indonesia di universitas, Gita sempat khawatir akan susah bergaul, terutama karena perbedaan bahasa, budaya dan kebiasaan. Tapi namanya ada niat pasti ada jalannya. Semua ini mampu diatasi Gita dengan baik, doski mampu bergaul dengan teman sekelasnya dan teman-teman lainnya yang notabene berasal dari Eropa.

 

"Ada momen ketika homesick, aku belajar mandiri cari inspirasi dan pengalaman baru," kata Gita saat ditemui di sela-sela perayaan HUT SCTV.

 

University of Birmingham - Inggris

 

Di Inggris, tidak ada yang menyangka kalau Gita adalah artis tenar di Indonesia, karena doski sangat mandiri. Semua dilakukan sendiri, baik itu memasak, mencuci baju, dan bahkan harus berjalan kaki kemana-mana. 

 

Di tengah kesibukan kuliah, Gita tetap aktif berkarir di Indonesia. Setiap liburan dimanfaatkan untuk pulang ke Indonesia untuk berakting atau berkarya dalam bidang musik. Gita juga membantu proyek musik ayahnya secara online dan bekerja dibalik layar.

 

Di Inggris, Gita sering memanfaatkan waktu luang untuk berkumpul dengan mahasiswa Indonesia untuk membahas soal musik dan bahkan mengarang beberapa lagu.

 

 

Walau sibuk menjalani kuliah dan tetap membagi waktu untuk mengasah kemampuan dalam bidang musik, Gita tetap menjadi salah satu mahasiswa dengan prestasi yang baik di University of Birmingham.

 

Tidak cukup menyandang gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 2011, Gita masih melanjutkan ke gelar S2 di London School of Economics and Political Science (LSE), Inggris. Kali ini doski berhasil mendapat beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) lho!

 

 

Mau tahu lebih jauh tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia dari LPDP? Yuk baca dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu!

 

INFO LENGKAP BEASISWA LPDP

 

Tertarik untuk kuliah di Inggris juga seperti Gita? Apa yang perlu dilakukan sebelum bisa diterima di universitas di Inggris, yuk dengerin tips dari Gita:

 

 “Pertama-tama harus pilih universitas dan jurusan dulu, kemudian cari tahu apa saja persyaratan masukknya, karena persyaratan tiap jurusan itu beda-beda. Setelah info sudah lengkap, kita tinggal memenuhi semua persyaratan yang diminta.”
“Bahasa Inggris juga sangat penting. Kebetulan aku les bahasa Inggris sejak SD dan juga sudah terbiasa berbahasa Inggris di SMA. Kalau yang belum lancar bahasa Inggris, disarankan untuk ambil kelas bahasa tambahan, supaya lancar”. 

 

Sekarang Gita sudah lulus S2, bagaimana perasaannya?

 

 

"Salah satu kenikmatan terbesar dalam hidup adalah mencapai apa yang orang (bahkan diri Anda sendiri) berpikir Anda tidak bisa melakukan. Tapi perjalanan saya belum berakhir. Bahkan, dalam banyak hal, itu baru saja dimulai. Bismillah," tutur Gita Gutawa sambil tersenyum manis. 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.