Informasi penting
Inggris: Info Negara Tujuan

Motif tradisional Skotlandia: Tartan

5698

Teman-teman pasti akrab dengan corak kotak-kotak besar yang sering digunakan desainer-desainer seperti Vivienne Westwood dan Burberry. Nama corak tersebut adalah Tartan, dan berasal dari Skotlandia. Kalau sekarang pakaian bermotif ini lebih sering digunakan kaum perempuan, ternyata dulu pria-pria Skotlandia lah yang memakainya untuk acara-acara tertentu.

Salah satu pengalaman pertama saya melihat motif ini saat menonton film Braveheart yang dibintangi Mel Gibson. Pasti sudah pernah lihat kan? Di film itu ia memakai kostum bermotif Tartan karena berperan sebagai legendaris Skotlandia, William Wallace.

Akhir tahun lalu saya menyempatkan diri ke Skotlandia bersama keluarga, tepatnya ke kota Edinburgh. Karena niat kami memang untuk jalan-jalan sambil menikmati budaya ‘Scottish’ salah satu tujuan utama kami di Edinburgh adalah mengunjungi museum Tartan.

Tempat yang saya kunjungi itu berlantai dua, di mana lantai 2 berisikan pakaian-pakaian / bahan-bahan tartan yang dijualkan dan lantai 1 merupakan tempat penyimpanan koleksi tartan kuno, mesin penenun dan juga manekin-manekin yang dikenakan kostum tradisional.    

Salah satu mesin penenun tartan yang saya temukan, terlihat cukup kuno tetapi masih digunakan.   

Rupanya setiap motif Tartan memiliki arti masing-masing. Pemakaian Tartan biasanya dilengkapi dengan aksesoris, dan jenis kedua-duanya menunjukkan asal marga orang Skotlandia. Marga mereka tercatat banyak sekali, jadi bayangkan saja betapa beragamnya tipe Tartan ini!  

Nah, kain Tartan yang dipakai untuk melilit tubuh bagian bawah disebut Kilt, dan mirip sekali dengan rok. Kain yang melingkar pinggang ini di ikat dengan sabuk, lalu dilengkapi dengan Sporran, tas kecil yang menggantung pada bagian depan. Cara pemakaian rok pada pria ini mengingatkan saya kepada sarung para penari kecak di Bali! 

Ternyata selain Kilt, corak Tartan juga digunakan untuk stoking lho! Ini yang menjadi favorit saya, tidak terbayangkan laki-laki jaman dulu bisa, atau pantasnya, *mau* memakai kaos kaki panjang seperti ini :p ... Sudah pasti gaya yang berasal dari Inggris inilah yang menjadi inspirasi banyak desainer-desainer dunia.    

Selain rok dan stoking, sepatu yang biasa dikenakan orang Skotlandia jaman dulu unik dan imut!

Cukup terbukti kan kalau Inggris memang salah satu pusat dunia fashion! Bagaimana tidak, corak seperti Tartan ini nyatanya telah berkontribusi besar bagi perancang-perancang busana internasional modern... Ini baru di Edinburgh saja lho, belum lagi kostum era Victorian dan Edwardian yang bisa ditemukan di berbagai wilayah Inggris lainnya. Tentu teman-teman, khususnya yang mengambil jurusan mode, akan selalu menemukan inspirasi di negara ini :)

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

Coba lihat...