Informasi penting
Inggris: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

Mengapa Kuliah di Inggris?

6941

Kualitas dan standar pendidikan tinggi di Inggris terkenal di seluruh dunia. Ada dua bidang yang secara khusus membuatnya menonjol: penelitian di Inggris yang telah dikenal luas di dunia serta sejarah panjang institusi pendidikannya. Selain sebagai penaung bagi beberapa universitas tertua dan termapan di dunia, dan secara terbuka telah menerima mahasiswa internasional selama beberapa generasi, Inggris juga memiliki fasilitas pendidikan termodern di dunia. Pada beberapa dekade terakhir ini, Inggris telah berinvestasi besar-besaran dalam dunia pendidikan. Ini berarti Anda dapat mengakses teknologi paling mutakhir, diajar oleh para dosen dan profesor yang ahli di bidangnya masing-masing, serta fasilitas penunjang pendidikan yang terbaik.

Anda tidak akan merasa sendiri. Inggris merupakan tempat tinggal bagi 410.000 lebih mahasiswa internasional. Namun, bukan hanya cerita sukses mahasiswa internasional yang menjadikan Inggris pilihan yang tepat untuk belajar, tetapi juga keberagaman mahasiswa internasional yang membuat Inggris menjadi lokasi yang unik untuk belajar. Anda akan menjadi bagian sebuah komunitas mahasiswa yang diwakili oleh nyaris setiap negara di dunia, belajar berdampingan dengan beragam mahasiswa yang membawa pengalaman mereka ke dalam ruang kuliah, ruang ceramah atau di laboratorium akan menambah segala yang telah Anda peroleh dari para pembimbing.

Inggris juga menawarkan pendidikan hemat biaya. Pendidikan jenjang sarjana dan pascasarjana di Inggris cenderung lebih intensif dibanding dengan kebanyakan negara-negara lain, artinya Anda akan mendapat kualifikasi yang diakui secara internasional dan siap memasuki pilihan karir Anda relatif lebih cepat. Sepanjang proses ini, sistem pendidikan di Inggris juga akan mendukung Anda. Jumlah mahasiswa yang putus belajar di Inggris relatif lebih sedikit dibanding hampir di setiap negara lain. Di banyak universitas-universitas di Inggris, lebih dari 95% mahasiswa dapat menyelesaikan studi mereka - ini merupakan bukti tentang dukungan yang mereka terima sepanjang masa kuliah.
 

Kuliah di England 

Mengapa Kuliah di England?
England merupakan tempat yang sangat kosmopolitan untuk ditinggali karena ribuan keluarga dari berbagai belahan dunia, telah memutuskan menjadikan England sebagai rumah mereka sehingga membentuk komunitas yang sangat beraneka ragam. Selain itu, terdapat lebih dari seperempat juta lebih mahasiswa internasional yang tinggal di England pada suatu saat yang sama, dan jumlah mahasiswa ini telah menjadi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu.

 

Lalu, mengapa terdapat jumlah mahasiswa internasional yang semakin berduyun-duyun datang ke England ? 'England' merupakan negara terbesar di kerajaan Inggris Raya, dan memiliki keberagaman sejarah dan budaya yang membuat seluruh Inggris Raya menjadi terkenal. London, sebagai ibu kota negara, merupakan kota metropolitan yang selalu sibuk, serta sarat dengan sejarah dan budaya. London merupakan pusat terkemuka untuk perbankan, asuransi, perdagangan dan juga sebagai magnet bagi para cendekiawan yang kreatif serta inovatif.

Namun, London bukanlah satu-satunya pilihan. Kota-kota seperti Manchester, Liverpool, serta Leeds, mulai menonjolkan dirinya dengan pusat perbelanjaan, restoran, kehidupan malam dan budaya yang berkelas dunia. Setiap kota di Inggris memiliki karakteristik, aksen, dan sejarah masing-masing, dengan berlimpah teater, konser musik, dan galeri seni yang mudah ditemukan di kota-kota besar. Orang Inggris terkenal dengan keeksentrikannya yang dicerminkan dalam beberapa acara yang unik dan meriah dan berlangsung sepanjang tahun.

Keuntungan lain dengan memilih Inggris sebagai tempat kuliah adalah keberadaan sederet bandara internasional. Selain itu, England juga memiliki Channel Tunnel, terowongan di bawah Selat Channel yang menghubungkan Inggris dengan daratan Eropa, jaringan rel kereta api luas, pilihan penerbangan dan penyeberangan feri dengan harga murah, yang membuat Anda tidak akan pernah merasa jauh dari Eropa atau dari negara-negara lain.

Pendidikan Bermutu
Kualifikasi dari lembaga pendidikan England telah diakui di seluruh dunia. Kualifikasi Anda akan menjadi landasan kokoh untuk membangun karir Anda di masa depan. Kolese, universitas, dan sekolah di England memberikan stimulus dan lingkungan belajar yang menantang untuk mengembangkan potensi diri Anda. Di England terdapat lebih dari 90 universitas dan masih banyak lembaga pendidikan tinggi lainnya. Para alumni internasional lembaga pendidikan di Inggris termasuk para tokoh politik dan pengusaha berpengaruh kuat di dunia.

Untuk memperoleh gelar sarjana di England dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu tiga tahun dan untuk gelar master (pascasarjana) hanya satu tahun, sementara di kebanyakan negara-negara lain membutuhkan waktu selama empat dan dua tahun. Dengan demikian, Anda dapat bekerja dan menghasilkan uang lebih awal.

Lingkungan Belajar yang Kondusif
Proses pembelajaran di Inggris memberikan Anda kecakapan yang akan dibutuhkan dalam hidup bermasyarakat, karena lingkungan mengajar yang merangsang mahasiswa untuk berpikir secara efektif, kreatif dan mandiri. Para ilmuwan dan institusi pendidikan di Inggris telah meraih hampir 100 Hadiah Nobel untuk prestasi ilmiah mereka. England  juga terkenal dalam membina bakat kreatif dan merupakan tempat penuh inspirasi untuk belajar. Kemampuan berbahasa Inggris adalah sangat penting bagi kemajuan karir Anda. Para mahasiswa dianjurkan untuk membaca secara luas, bertanya dan menganalisis apa yang telah dibaca, mendiskusikan secara terbuka gagasan-gagasannya dalam seminar dan tutorial, dan membenamkan diri dalam bahasa Inggris. Anda akan menyelesaikan pendidikan dengan kemampuan menyeluruh tentang bahasa dan budaya Inggris.

 

Kuliah di Irlandia Utara

Mengapa Kuliah di Irlandia Utara?
Terbagi secara apik menjadi enam daerah yang disebut 'county', Irlandia Utara mencakup area yang relatif kecil mengingat demikian banyaknya daya tarik yang tersedia. Tempat terbaik untuk memulai menjelajah adalah di ibukota budaya dan sejarah, Belfast, yang kini menjadi salah satu kota tujuan utama di Eropa. Sarat dengan museum, arsitektur zaman Ratu Victoria, bar yang trendy dan tempat-tempat belanja termodis. Paling baik untuk menelusuri sebagian sejarah negara ini adalah melalui Falls Road dan Shankill Road di Belfast Barat, wilayah-wilayah yang paling banyak mengalami penderitaan ketika masa pergolakan. Kini, di masa damai, tembok-tembok berisikan lukisan dinding menakjubkan yang diciptakan oleh mereka yang tinggal di sana.

Menilik ke luar kota-kota, Anda akan menemukan demikian banyak daya tarik lainnya di Irlandia Utara. Begitu meninggalkan Belfast Anda dikelilingi oleh pedesaan subur yang memukau. Jalan tepi pantai di County Antrim yang menjulur ke utara dari Larne ke Ballycastle adalah salah satu contoh. Melalui kesembilan lembah kecil pegunungan dari Antrim, dan pemandangan yang Anda lewati sungguh sangat mempesona. Para mahasiswa akan meraih keuntungan dari tinggal di negeri yang indah ini, dan mendapat manfaat dari sejarah dan budaya, selain dari lembaga pendidikan tinggi seperti Queens University dan University of Ulster.

Kehidupan sosial yang kembali semarak di Belfast dan Derry, serta rangkaian kegiatan dan pemandangan indah di seantero Irlandia Utara akan membuat kunjungan Anda sebagai sebuah pengalaman yang luar biasa. Namun, hal yang membuat tempat ini unik adalah kehangatan dan keceriaan yang terkenal dari para penduduknya. Apakah Anda berencana untuk bermukim selama tiga tahun untuk belajar, atau hanya tiga minggu untuk berkunjung, kehangatan dan daya tarik tak terhingga dari Irlandia Utara akan memastikan Anda menyukai segala sesuatu yang Anda temukan.

Pendidikan Bermutu
Irlandia Utara memiliki sekolah, kolese, dan universitas bergengsi yang menawarkan pilihan mata kuliah berkelas dunia, sumber daya lengkap, serta staf, pengajaran, dan riset berkualitas tinggi. Anda dapat meraih kualifikasi Inggris yang berharga, dan mengambil keuntungan dari hubungan yang semakin berkembang antara pendidikan dan dunia usaha.

Irlandia Utara memiliki dua universitas, yakni Queen's University Belfast yang berlokasi di ibu kota negara dan University of Ulster yang beroperasi di beberapa kampus di Londonderry, Antrim, dan Belfast. Ada pula dua kolese universitas (university colleges), enam kolese untuk pendidikan lanjutan, pusat-pusat bahasa Inggris terkemuka, dan banyak sekolah-sekolah bermutu yang dilengkapi dengan asrama bagi mahasiswa internasional, yang seluruhnya mudah dicapai.

Jika Anda belum yakin apakah universitas cocok untuk Anda, mungkin dapat mempertimbangkan program pendidikan di kolese yang berspesialisasi dalam penyediaan pendidikan tinggi dan pendidikan lanjutan. Irlandia Utara memiliki enam kolese multi-kampus 'super' yang didirikan pada tahun 2007 setelah 16 kolese untuk pendidikan lanjutan dilebur menjadi satu. Program studi yang ditawarkan di kolese mungkin lebih beragam dibandingkan dengan di universitas, dan ke enam kolese di Irlandia Utara menyediakan gelar A-Level, NVQ, BTECS, dasar, sarjana, dan pascasarjana.

 

Kuliah di Skotlandia

Mengapa Kuliah di Skotlandia?
Skotlandia adalah sebuah negara dengan sejarah kaya dan memikat, yang selalu dihubungkan dengan clan keluarga, kain tartan, puri, dan puisi dari Robert Burns. Selain memiliki sejarah dan identitas yang kuat, Skotlandia memiliki perekonomian yang kian bertumbuh pesat, sebuah tempat yang menakjubkan saat ini. Skotlandia baru-baru ini memenangkan penghargaan UK and European Region of the Future dan industri-industri terkemuka meliputi keuangan, ilmu pengetahuan hayati, pariwisata, kimia dan kreatif.

Sebagai bagian dari Kerajaan Inggris Raya dan negara yang berdaulat, Skotlandia memiliki budaya yang berbeda dan parlemen Skotlandia dengan kekuasaan yang diberikan pada rakyatnya, yang telah mendorong berkembangnya kreatifitas dan percaya diri dalam negara itu.

Belajar di Skotlandia memberi banyak manfaat bagi mereka yang memilih negara ini. Selain memiliki pemandangan alam yang paling memukau di seluruh Inggris Raya, Skotlandia juga memiliki enam kota besar yang semuanya dapat saling dijangkau dengan mudah. Setiap musim panas, kota Edinburgh menjadi tuan rumah bagi pertunjukan festival seni, dan juga terkenal dengan suasana kosmopolitan yang dinamis. Karena merupakan sebuah negara kecil, adalah lebih mudah untuk berkeliling di Skotlandia; terlebih lagi, terdapat beberapa penerbangan internasional yang terbang langsung menuju empat bandara internasional di Skotlandia.

 

Pendidikan Bermutu
Kehidupan mahasiswa di Skotlandia adalah ramah dan saling menolong, serta lembaga pendidikan di Skotlandia juga memiliki reputasi yang sangat baik. Setiap tahun terdapat 30.000 lebih mahasiswa internasional yang memilih untuk belajar di Skotlandia dan menikmati keramahtamahan yang hangat dari masyarakat Skotlandia.

Pendidikan di Skotlandia dinilai secara mandiri dan diberi jaminan mutu, untuk memastikan standar yang tinggi. Para mahasiswa internasional yang telah lulus dapat mengajukan permohonan izin tinggal untuk bekerja selama dua tahun tanpa harus memiliki izin kerja.
Pendidikan tinggi

Skotlandia memiliki 22 lembaga pendidikan tinggi yang termasuk di dalamnya, University of St. Andrews, di mana Pangeran William pernah belajar; serta University of Edinburg, yang didirikan pada 1582, dan merupakan salah satu universitas tertua di Kerajaan Inggris.
Sistem pendidikan tinggi di Skotlandia sedikit berbeda dengan tempat lain yang ada di Inggris, selain itu program pendidikan di universitas Skotlandia pada umumnya lebih lama satu tahun (lazimnya 4 tahun) dibanding para mitra pendamping. Sebuah aspek unik lainnya adalah para universitas tua di Skotlandia, menganugerahkan gelar Master of Arts sebagai gelar pertama di bidang ilmu budaya.
Pada kebanyakan program sarjana di Skotlandia, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengambil berbagai macam mata kuliah pada dua tahun pertama -- bahkan lintas fakultas. Hal ini akan memperluas pengetahuan umum mereka dan membantu untuk membuat keputusan yang matang berkenaan dengan spesialisasi yang diminati pada tahun-tahun terakhir pendidikan mereka.

Pendidikan tingkat lanjut dan ELT
Skotlandia memiliki 43 kolese, dan 12 diantaranya menyelenggarakan program studi bahasa Inggris. Umumnya, pendaftaran mahasiswa pada tingkat FE adalah untuk program kejuruan sehingga cocok bagi Anda yang ingin mengambil jalur yang tidak terlalu akademik. Kualifikasi berkisar dari program akses dasar hingga program studi pengembangan profesional lanjutan, yang disebut Higher National Certificate dan Higher National Diploma, atau HNC dan HND. Banyak kolese juga bekerja sama dengan universitas setempat untuk memberikan kualifikasi tingkat gelar.

Kuliah di Wales

Mengapa Kuliah di Wales?
Wales, memiliki banyak pesona yang ditawarkan kepada mahasiswa internasional, juga merupakan negara cantik dan bersejarah yang dipenuhi dengan ribuan puri dan garis pantai panjang, yang pasti akan membuat Anda menjadi tetap sibuk. Tinggal dan belajar di Wales merupakan cara terbaik untuk mengenal negara yang hijau dan cantik ini, di mana lautan tak pernah terletak jauh.

Wales juga membanggakan dirinya dengan adanya tiga taman nasional yang paling terkenal di negara Britania ini, yaitu: Brecon Beacons National Park di daerah Wales Selatan, Snowdonia National Park di Wales Utara dan Pembrokeshire Coast National Park di Wales Barat. Garis pantai yang mengelilinginya penuh dengan pantai pemenang penghargaan termasuk Gower Peninsula, yang menawarkan kepada penduduk setempat dan wisatawan untuk melakukan aktivitas di alam terbuka seperti berselancar dan berpetualang.

Wales merupakan negara yang kaya akan legenda dan musik, dan juga terkenal dengan eksistensinya dalam dunia sastra dan seni. Warisan budaya Celtic, suasana yang santai dan sambutan hangat merupakan perpaduan yang sempurna. Wales juga menawarkan banyak teater dan galeri, serta juga merupakan tempat lahirnya kelompok musik seperti Stereophonics, dan penulis seperti Dylan Thomas.

Orang-orang Wales memiliki gairah yang tinggi pada banyak hal dan kegemaran mereka pada olahraga nyaris menduduki peringkat urutan teratas dalam kehidupan mereka. Stadion Millenium Cardiff dianggap sebagai salah satu stadion terbaik di dunia dan merupakan lapangan bagi final Piala FA.

 

Pendidikan Bermutu 

Wales merupakan pilihan yang tepat -- sebuah negara yang aman dengan tingkat kriminalitas terendah di Inggris Raya. Kehidupan di Wales adalah ramah dan saling menolong, serta lembaga pendidikan di Wales juga memiliki reputasi bertaraf dunia.

Wales memiliki 12 Universitas, yakni: Aberystwyth University, Bangor University, Cardiff University, Glyndwr University, Royal Welsh College of Music & Drama, Swansea Metropolitan University, Swansea University, Trinity University College, University of Glamorgan, University of Wales Institute Cardiff, University of Wales Lampeter, dan University of Wales Newport.

Tahun lalu, Wales menarik minat mahasiswa internasional yang berasal dari 106 negara lebih. Dalam dua tahun terakhir, institusi pendidikan Tinggi di Wales, telah memperkenalkan lebih dari 100 program studi baru, dan mendapatkan lebih dari 900 juta dana penelitian. Pada saat kini di Wales, sebanyak 10% populasi mahasiswa terdiri atas para mahasiswa dari negara-negara di luar Uni Eropa. Institusi pendidikan di Wales memberikan kualitas pendidikan bermutu tinggi yang akan memberikan manfaat bagi mahasiswa internasional mana pun.

 

Link berguna

Cari tahu informasi mengenai universitas, program kuliah dan kehidupan di Inggris melalui halaman Inggris Hotcourses

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.